Macam-Macam Investasi Jangka Panjang ini Paling Populer, Mana Favorit Anda?

Rizkyanto10 Oct 2023

Macam-macam investasi jangka panjang kini semakin banyak sakali pilihan, hal ini tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam memilih investasi jangka panjang yang tepat.

Lalu apasih yang dimaksud dengan investasi jangka panjang? investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan oleh seseorang untuk menanamkan aset mereka untuk skala jangka panjang.

Sekarang ini berinvestasi menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat karena mereka bisa menjaga aset yang mereka miliki untuk waktu yang lama.

Kenapa harus membuat investasi jangka panjang?

Investasi jangka panjang sangatlah penting karena kita bisa mempersiapkan kebutuhan di masa yang akan datang tentunya dengan memanfaatkan dana yang kita miliki, saat ini banyak sekali masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya berinvestasi karena investasi sendiri memiliki sifat yang fluktuatif dalam artian harganya bisa stabil atau naik turun maka dari itu investasi sangat penting apalagi jika Anda sudah melakukan investasi sejak dini.

Kelebihan investasi jangka panjang

Tentu saja investasi jangka panjang banyak sekali kelebihannya tentunya aset yang Anda miliki akan terus bertumbuh dalam jangka yang panjang seperti keuntungan bunga, perusahaan yang terus bertumbuh, serta harga properti sewa yang naik yang akan semakin menguntungkan Anda.

Selain itu investasi jangka panjang mempunyai potensi keuntungan dengan jangka panjang yang tentunya akan jadi lebih tinggi. Investasi jangka panjang juga akan memberikan keuntungan yang berkelanjutan, selain itu investasi jangka panjang mempunyai nilai yang sangat stabil sehingga dapat meningkatkan nilai investasi secara konsisten.

Macam-macam investasi jangka panjang

1. Reksa Dana

macam-macam investasi jangka panjang

Sumber : tokopedia.com

Macam-macam investasi jangka panjang yang pertama adalah reksa dana. Reksa dana bisa menjadi jenis investasi jangka panjang yang baik terutama bagi investor pemula, karena dalam reksa dana biasanya proses yang sangat mudah Anda hanya perlu menempatkan uang Anda di reksa dana dan semua urusan pengelolaan dana akan ditangani oleh pihak manager investasi.

2. Saham

macam-macam investasi jangka panjang

Sumber: sahamtop.com

Selain reksa dana, saham juga salah satu macam macam investasi jangka panjang yang digemari oleh masyarakat, pasalnya nilai saham bisa naik secara signifikan dalam kurun waktu yang panjang, namun Anda perlu ingat jika kalau saham ini mempunyai nilai fluktuatif yang tinggi kalau nilainya bisa naik maka harganya bisa turun secara signifikan juga.

3. Emas

macam-macam investasi jangka panjang

Sumber: pikiranrakyat.com

Investasi jangka panjang selajutnya adalah emas, menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang adalah keputusan yang tepat karena nilai emas sangat stabil bahkan akan terus naik, selain itu harga emas juga tergolong stabil dan kalau nilainya turun tidak akan terlalu signifikan, emas bisa menjadi simpanan utama ketika sedang terjadi krisis keuangan.

4. Properti

macam-macam investasi jangka panjang

Sumber: pexel.com

Properti mungkin menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling terkenal pasalnya saat ini sudah semakin berkurangnya lahan yang tersedia terutama di kota-kota besar, properti sendiri mempunyai beberapa jenis salah satunya adalah apartemen.

Selain emas, memilih apartemen sebagai investasi jangka panjang juga sangat tepat karena sekarang apartemen sedang banyak dicari terutama bagi generasi milenial karena generasi milenial lebih senang untuk tinggal di apartemen yang sudah memiliki fasilitas lengkap serta lokasi dan akses yang mudah, maka dari itu mereka biasanya akan menyewa lebih lama bahkan tidak jarang ada yang langsung membeli unit apartemen tersebut.

Harga beli apartemen yang murah juga membuat jenis properti ini sedang diminati karena semakin banyak aset/unit yang Anda beli bisa Anda gunakan untuk dihuni atau bahkan disewakan dan dengan banyaknya unit yang disewakan tentunya keuntungan yang Anda dapat juga akan besar.

Nah itu dia tadi macam-macam investasi jangka panjang beserta keuntungan serta kelebihannya, gimana nih apakah Anda sudah mulai tertarik untuk berinvestasi atau bahkan Anda sudah melakukan investasi jangka panjang? namun apapun bentuk investasinya pilihlah investasi yang Anda mengerti jangan sampai nanti menimbulkan kerugian yang besar dan terus update mengenai perkembangan dunia investasi dan bisnis di situs berita bisnis dan ekonomi kesayangan Anda

Jika Anda berniat berinvestasi dibidang properti, Anda bisa cari properti terbaik dengan kualitas the best maka cariproperti adalah jawabannya. Yuk temukan properti impian Anda bersama cariproperti.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...