Inspirasi Desain Mezzanine Baja Ringan yang Bikin Rumah Lebih Lega

Nadia18 Dec 2023

CariProperti - Istilah mezzanine mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta rumah modern.

Rumah dengan konsep mezzanine ini semakin banyak peminatnya karena dapat membuat rumah terlihat lebih lega, unik, elegan, dan pastinya kekinian.

Selain itu, adanya mezzanine pada rumah juga dapat membuat rumah menjadi lebih fungsional dan hemat tempat sehingga cocok sekali diterapkan pada rumah-rumah minimalis.

Namun, sebenarnya apa sih mezzanine itu?

Apa itu Mezzanine?

Secara sederhana, mezzanine dapat diartikan sebagai ruang tambahan yang berbentuk mirip seperti balkon di dalam ruangan.

Mezzanine biasanya memanfaatkan jarak yang cukup jauh antara lantai dengan plafon rumah sehingga cocok sekali bagi Anda yang memiliki rumah dengan ceiling yang tinggi.

Dengan membuat sebuah mezzanine, Anda bisa memiliki ruangan atau level tambahan harus membangun sebuah lantai baru.

Dalam membangun sebuah mezzanine haruslah menggunakan material yang berkualitas, kuat, dan tahan lama.

Biasanya, kebanyakan orang memilih beton ataupun baja ringan sebagai material utama pembuat mezzanine.

Saat ini, CariProperti akan membahas seputar mezzanine baja ringan, mulai dari ide desain hingga kelebihannya.

Inspirasi Desain Mezzanine Baja Ringan

1. Desain Mezzanine Baja Ringan Gaya Industrial

Sumber: m.brilio.net

Kita semua pasti sudah sering melihat penggunaan material baja ringan pada rumah dengan gaya industrial.

Memang, baja ringan ini sangatlah identik dengan tema industrial karena memberikan kesan modern dan industri yang estetik.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membuat mezzanine baja ringan, gaya industrial tentunya sangat cocok untuk diterapkan.

Agar lebih terlihat keren, estetik, dan kental dengan nuansa industrial, Anda dapat menambahkan ornamen lainnya berupa lampu gantung industrial dengan cahaya kuning. Anda juga bisa menggunakan semen ekspos, yang merupakan ciri khas dari gaya industrial, untuk dinding mezzanine Anda.

2. Desain Mezzanine Baja Ringan Model Rustik

Sumber: kepuhkencanaarum.com

Tidak hanya gaya industrial saja yang cocok untuk diaplikasikan pada mezzanine baja ringan, tetapi juga gaya rustik bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin tampil beda.

Desain rustik memiliki tampilan yang alami dan juga tidak lekang oleh waktu sehingga cocok sekali untuk diaplikasikan di apa saja dan kapan saja.

Desain ini biasanya menggunakan material-material alami, seperti kayu dan batu alam, yang sengaja diekspos dan tanpa ada proses finishing sehingga memberikan kesan natural yang kental pada ruangan.

Dengan menggunakan desain ini, Anda akan mendapatkan perpaduan ciamik antara baja ringan yang modern dan sangat industrial dengan material alam yang kuat sehingga membuat ruangan Anda terkesan modern dan juga natural di saat yang bersamaan.

Anda dapat juga menambahkan tanaman untuk menambah kesan alami pada mezzanine Anda.

3. Desain Minimalis Serba Putih

Sumber: propertinews.id

Desain minimalis merupakan desain mezzanine baja ringan paling cocok bagi Anda yang memiliki rumah mungil.

Dengan mengaplikasikan konsep minimalis pada mezzanine, tentunya Anda dapat menciptakan suasana rumah yang lebih rapi, lega, elegan, dan pastinya modern.

Agar semakin terlihat lega, cobalah untuk mengaplikasikan cat berwarna putih pada semua ornamen yang ada.

Warna putih merupakan warna yang netral dan dapat memantulkan cahaya dengan baik sehingga memberikan kesan luas, rapi, bersih, dan enak dipandang pada ruangan.

Anda juga dapat mengaplikasikan warna lain yang lebih gelap, seperti hitam atau abu-abu untuk memberikan kontras agar tidak monoton.

4. Desain Mezzanine Natural Minimalis

Sumber: rumahtinggal.id

Berikutnya, Anda bisa juga menerapkan tema natural minimalis sebagai inspirasi desain mezzanine baja ringan yang menarik.

Desain natural minimalis sangat cocok sekali untuk diterapkan pada mezzanine rumah minimalis Anda karena dapat mempertegas kesan rapi dan lega yang merupakan tujuan utama dari sebuah mezzanine.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nuansa alami yang terlihat jauh lebih modern sehingga rumah Anda tetap terlihat kekinian.

Anda bisa memaksimalkan penggunaan kayu yang sudah dipoles yang dipadukan dengan beberapa penggunaan material baja untuk memberikan kesan modern pada mezzanine Anda.

5. Desain Mezzanine Baja Ringan ala Japandi

Sumber: tirto.id

Ide desain mezzanine baja ringan yang terakhir untuk Anda dan keluarga adalah desain ala japandi atau jepang.

Tema Jepang memang sangat cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis karena dapat memberikan kesan sederhana, minimalis, dan estetik yang kental pada rumah.

Tidak hanya pada bangunan utama saja, Anda juga bisa menerapkannya pada mezzanine di rumah Anda.

Mezzanine ala jepang dapat memberikan kesan indah khas pada rumah sehingga dapat membuat rumah Anda terlihat unit dibanding dengan rumah lainnya.

Selain itu, penggunaan tema ini juga dapat membuat mezzanine dan rumah Anda semakin terlihat luas karena tidak membutuhkan berbagai banyak barang dan selalu menggunakan warna yang terang.

Anda dapat memanfaatkan kayu ataupun bambu dengan warna yang terang untuk menciptakan nuansa jepang pada rumah.

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

Banyaknya penggunaan baja ringan dalam membuat mezzanine tentu tidak lepas dari kelebihan yang dimiliki.

Mezzanine baja ringan memiliki beberapa kelebihan yang pastinya sangat menguntungkan Anda dalam banyak hal, biaya, waktu, dan tenaga.

1. Mudah Dipasang

Membuat mezzanine dari baja ringan relatif lebih mudah dibanding dengan menggunakan dak beton.

Dengan baja ringan, Anda hanya tinggal merangkainya satu sama lain dan tidak memerlukan waktu yang lama layaknya dak beton yang harus ditunggu sampai kering.

Oleh karena itu, mezzanine baja ringan cocok sekali buat Anda yang tidak suka ribet dan pingin sesuatu yang cepat.

2. Bobot yang Ringan

Jika dibanding dengan beton, pastinya baja ringan memiliki bobot yang lebih ringan.

Hal ini tentu saja dapat mempercepat proses pengerjaan dan dapat menghemat tenaga.

Selain itu, bobot yang ringan ini juga tidak akan merubah struktur bangunan sehingga tidak akan merusak rumah Anda.

3. Tahan Lama

Bicara soal ketahanan, baja ringan jelas memiliki daya tahan yang luar biasa.

Meski ringan, baja ringan bisa menopang bobot hingga ratusan kilo sehingga cocok sekali untuk untuk membuat mezzanine atau dijadikan konstruksi kuda-kuda atap.

Baja ringan juga tidak akan bisa dimakan rayap sehingga dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

4. Ekonomis

Kelebihan mezzanine baja ringan yang terakhir, tidak lain adalah harganya yang murah. Baja ringan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi jika dibanding dengan kayu ataupun beton.

Dengan ketahanan yang tidak kalah dengan beton dan kayu tentunya baja ringan jauh lebih menguntungkan untuk digunakan.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran Anda.

_____

Itulah beberapa contoh desain mezzanine baja ringan yang cocok sekali diterapkan pada rumah Anda dan keluarga.

Tidak hanya bisa membuat tampilan rumah lebih unik dan estetik, keberadaan mezzanine juga dapat membuat Anda terasa lebih lega dan fungsional.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan mezzanine, atau rumah dengan lantai tambahan seperti attic, langsung saja kunjungi Cari Properti!

Cari Properti menghadirkan banyak sekali rekomendasi rumah dengan mezzanine ataupun attic, seperti Matano Boulevard, Leonora Gading Serpong, dan Strozzi Summarecon Serpong, yang bisa dijadikan sebagai ruang bersantai, kerja, ataupun kamar tambahan di rumah Anda.

Dengan Cari Properti, Anda tidak perlu repot-repot mencari informasi terlengkap dari berbagai makelar karena semua yang Anda butuhkan bisa Anda akses hanya dengan sekali klik, mulai dari harga, tipe properti, lokasi, fasilitas, hingga keunggulan properti.

Dengan begitu, Anda dapat memiliki pengalaman mencari dan membeli rumah Anti ribet.

Cari rumah anti ribet? Hanya bersama Cari Properti.

 

(Penulis: Rakay Daniel Diso, Editor: Nadia)

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...