Aparthouse vs Apartemen, Mana yang Lebih Menarik?

Nadia05 Jul 2023

Hampir setiap orang tentunya menginginkan hunian yang nyaman untuk ditempati. Namun, tidak semua hunian, khususnya perumahan memiliki lokasi yang strategis. Apartemen dan Aparthouse kemudian hadir menjadi salah satu solusi bagi siapapun yang mencari hunian strategis di pusat kota.

Secara singkat, apartemen merupakan hunian vertikal yang terdiri dari banyak unit hunian. Hunian ini kerap menjadi solusi bagi siapapun yang mencari tempat tinggal strategis di pusat kota. Biasanya bentuk bangunan apartemen didesain agar dapat ditempati oleh banyak orang. Karena didesain sebagai hunian bersama, gedung apartemen biasanya menyediakan fasilitas lengkap yang dapat diakses oleh para penghuninya. 

Sedangkan Aparthouse merupakan konsep hunian yang menggabungkan antara rumah dengan apartemen. Konsep bangunan Aparthouse biasanya terdiri dari bangunan beberapa lantai dengan kapasitas 2 - 3 kamar tidur yang lebih luas dari ukuran unit apartemen. Menariknya, Aparthouse menyediakan fasilitas lengkap serta lokasi yang strategis seperti apartemen. 

Untuk menjabarkan perbedaan antara keduanya, artikel ini akan membandingkan Aparthouse vs Apartemen yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Konsep Bangunan

Jika dilihat dari segi konsep bangunan, Apartemen biasanya mengusung hunian vertikal yang terdiri dari belasan hingga puluhan lantai. Selain itu, desain Apartemen biasanya juga terbatas dan terdiri dari beberapa ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, serta area dapur yang tergabung dalam satu area. Karena keterbatasan lahan dan ruangan, Anda perlu membatasi jumlah barang yang dibawa ke Apartemen agar area ruangan tidak sempit.

Berbeda dengan Apartemen, Aparthouse biasanya menyediakan hunian dengan ukuran yang lebih besar. Pada unit Aparthouse, tersedia ruangan tambahan yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari ruang kerja, kamar tidur, atau sebagai ruang keluarga.

2. Fasilitas Internal

Bicara soal fasilitas, apartemen terkenal dengan fasilitasnya yang super lengkap. Biasanya setiap gedung bangunan apartemen menyediakan fasilitas umum seperti gym, kolam renang, serta fasilitas penunjang lain yang dapat diakses oleh penghuni apartemen. Namun perlu diingat bahwa penghuni apartemen jumlahnya cukup banyak mengingat jumlah unit yang tersedia dalam satu gedung bisa mencapai ratusan, sehingga fasilitas yang tersedia pun akan ramai digunakan banyak orang.

Sebagai hunian yang memadukan antara rumah dan apartemen, Aparthouse juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan. Namun perbedaannya dengan apartemen adalah fasilitasnya yang lebih eksklusif mengingat jumlah penghuninya yang tidak sepadat apartemen. Aparthouse biasanya menyediakan fasilitas internal yang menarik, seperti kolam renang, area gym, taman hijau, playground, dan masih banyak lagi.

3. Harga Unit

Harga unit Apartemen, baik harga sewa maupun harga jual biasanya cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan harga Aparthouse. Hal ini dikarenakan ukuran serta kapasitas Apartemen yang lebih terbatas dibandingkan dengan Aparthouse. Selain itu, fasilitas yang tersedia di Apartemen juga berbeda dengan Aparthouse. Biasanya Aparthouse menyediakan fasilitas yang lebih variatif serta eksklusif dibandingkan Apartemen. Karena perbedaan tersebut, unit Aparthouse cenderung memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan apartemen.

4. Privasi Hunian

Perbedaan signifikan antara Apartemen dan Aparthouse adalah dari segi privasi. Sebagai hunian vertikal dengan jumlah unit yang banyak, Apartemen memiliki privasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Aparthouse. Hal ini dikarenakan jarak antara satu unit dengan unit lainnya sangat dekat dan memungkinkan penghuninya untuk saling terganggu satu sama lain. Apalagi biasanya unit apartemen berjejer dalam satu lorong yang sama, sehingga ada kemungkinan distraksi karena gangguan tetangga,

Berbeda dengan Apartemen, unit Aparthouse menawarkan privasi yang lebih terjaga. Setiap unit Aparthouse biasanya terpisah satu sama lain dan menyediakan space di depan unit seperti teras atau halaman. Hal ini tentunya dapat membuat Anda lebih nyaman dan terhindar dari gangguan tetangga lainnya. 

5. Kapasitas Hunian

Jika dilihat dari kapasitas hunian, unit Apartemen memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Aparthouse. Maka dari itu, Apartemen sangat cocok untuk ditempati sendirian atau berdua. Sedangkan Aparthouse memiliki ukuran yang lebih besar dari Apartemen, sehingga sangat cocok untuk siapapun yang mencari hunian untuk keluarga atau hunian dengan space yang lebih luas dan privasi lebih terjaga. 

Rekomendasi Aparthouse Jakarta

Dilihat dari berbagai aspek, tinggal di Aparthouse dapat memberikan banyak sekali keuntungan dibandingkan di apartemen biasa. Jika Anda tertarik untuk tinggal di Aparthouse, terdapat beberapa rekomendasi Aparthouse Jakarta yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. 

1. Sembawang Aparthouse

Aparthouse Jakarta

Sembawang Aparthouse merupakan salah satu Aparthouse premium di kawasan Jakarta Selatan. Setiap unitnya memiliki kapasitas 3 kamar tidur serta space yang cukup luas untuk ditempati bersama keluarga. Fasilitas internal yang tersedia juga menarik, mulai dari kolam renang, fitness center, gym studio, cafe dan clubhouse.

Untuk sistem keamanan, Sembawang Aparthouse menyediakan sistem keamanan 24 jam lengkap dengan Smart Door Lock dan CCTV, sehingga keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

2. Montana Aparthouse

Montana Aparthouse

Rekomendasi lainnya adalah Montana Aparthouse yang berlokasi di Cilandak Jakarta Selatan. Aparthouse ini didesain dengan interior modern yang sangat cocok untuk anak muda. Menariknya lagi, Montana juga dikelilingi fasilitas menarik, seperti area hijau, keamanan 24 jam, universitas ternama (UPN), akses menuju MRT Fatmawati, serta akses tol yang terhubung ke berbagai kota. 

__

Itulah penjelasan mengenai perbedaan Aparthouse dan Apartemen. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda ingin mencari referensi Aparthouse maupun perumahan, kunjungi Cari Properti yang menyediakan berbagai pilihan unit dengan kualitas terbaik.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...