15 Inspirasi Desain Rumah Bergaya Art Deco yang Super Elegan

Nadia24 Aug 2023

Desain rumah bergaya Art Deco saat ini menjadi salah satu inspirasi interior yang banyak diminati. Selain karena tampilannya yang unik, desain Art Deco juga dapat memberikan kesan unik pada ruangan. Lalu sebenarnya apa itu Art Deco? Bagaimana penerapan desainnya? Artikel ini akan mengulas mengenai pengertian Art Deco hingga inspirasi desainnya.

Pengertian Art Deco

Interior Art Deco pertama kali muncul pada sekitar tahun 1920 sampai 1930-an, dimana konsep interior ini mempengaruhi dunia arsitektur. Ciri khas dari bangunan bergaya Art Deco adalah bentuk bangunannya yang khas dengan aksen kubus serta atap datar yang memberikan kesan unik pada bangunan. Bangunan khas Art Deco juga dicirikan dengan memadukan bentuk-bentuk geometris yang ditonjolkan pada ornamen maupun furniture dalam ruangan.

Tak hanya berfokus pada akses geometris, interior Art Deco juga terkenal dengan perpaduan ornamen mewah yang sangat unik. Anda bisa menemukan berbagai interior Art Deco dengan motif garis silang, zig zag, lingkaran, atau motif unik lainnya. Ornamen tersebut dapat Anda temukan pada dinding ruangan, furniture, atau bahkan pada bagian langit-langit ruangan. 

Ciri khas lain dari desain rumah bergaya Art Deco adalah penggunaan bahan berkualitas pada interior ruangan, seperti bahan marmer, kaca, logam dan bahan lainnya. Pemilihan warna pada interior ini juga terkesan sangat berani dengan memadukan warna-warna yang mencolok dan memberikan kesan artistik.

Pada dasarnya, desain rumah bergaya Art Deco memadukan aspek seni pada hunian, sehingga suasana rumah terasa unik. Interior jenis ini sangat cocok untuk para pencinta seni yang ingin menghadirkan nuansa berbeda pada rumah. Jika Anda tertarik untuk menerapkan desain Art Deco, berikut 15 Inspirasi Desain Rumah Bergaya Art Deco yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. 

Inspirasi Rumah Art Deco

1. Rumah Art Deco dengan aksen lengkungan

Salah satu ciri khas dari rumah bergaya Art Deco adalah adanya aksen melengkung pada bangunan. Bentuk tersebut dapat memberikan kesan unik sekaligus estetik pada rumah Anda. Tak ketinggalan, aksen geometris seperti garis dan lingkaran juga menjadi pelengkap dari bangunan ini.

Rumah Art Deco

2. Rumah unik dengan aksen geometris

Selain berbentuk lengkungan, aksen geometris lainnya juga bisa Anda terapkan dalam bentuk rumah Art Deco. Seperti pada gambar berikut, bentuk bangunannya dibuat dengan atap datar serta aksen geometri yang unik pada bagian fasad rumah. Unik banget ya!

Rumah Art Deco

3. Hunian unik dengan warna netral

Walaupun Anda membangun rumah dengan bentuk Art Deco yang unik, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan warna netral pada cat rumah. Warna netral dapat memberikan kesan nyaman pada rumah Anda.

rumah art deco

4. Rumah bergaya Art Deco modern

Rumah Bergaya Art Deco yang sangat diminati saat ini adalah rumah Art Deco modern yang memadukan berbagai aspek geomteris pada bagian sudut rumah. Bentuk bangunannya terlihat menyerupai kubus yang berjajar dengan sudut melengkung yang memberikan kesan elegan. Biasanya interior jenis ini menggunakan warna-warna netral agar kesan modern tetap terasa.

rumah art deco

Interior Art Deco

1. Ruang tamu dengan aksen logam super elegan

Jika Anda pencinta interior yang nyentrik dan elegan, Anda bisa menambahkan hiasan berbahan besi atau logam pada interior rumah. Selain itu, Anda juga bisa menambah aksesoris seperti meja tipis, patung, atau hiasan lainnya dengan bahan senada. Hiasan berbahan logam dapat memberikan kesan mewah pada interior ruangan.

inetrior art deco

2. Interior Art Deco dengan lampu unik

Salah satu aspek yang dapat mempercantik tampilan ruangan adalah lampu. Anda bisa memilih jenis lampu yang unik untuk memberikan kesan artistik pada ruangan rumah. Tak ketinggalan, hiasan simpel seperti lukisan juga bisa Anda pasang di pojok ruangan.

rumah art deco

3. Ruang tamu dengan aksen kotak minimalis

Aksen tekstur kotak-kotak kecil pada dinding rumah juga bisa jadi referensi untuk Anda. Seperti gambar berikut yang memadukan aksen tekstur dengan furnitur berwarna pekat yang memberikan kesan elegan pada ruangan.

4. Interior Art Deco modern minimalis

Siapa bilang Art Deco tidak bisa dipadukan dengan interior minimalis? Anda bisa memberikan kesan artistik pada rumah modern minimalis dengan meletakan beberapa lukisan estetik di sudut ruangan. Pilih juga jenis lampu yang dapat mempercantik rumah Anda.

art deco

5. Perpaduan aksen garis pada dinding

Aksen garis pada dinding menjadi salah satu konsep Art Deco yang banyak diminati. Pepaduan susunan garis dapat memberikan kesan modern dan elegan pada hunian.

aksen garis

6. Aksen motif yang super cantik

Untuk memberikan kesan estetik pada ruangan, tidak ada salahnya untuk memasang walpaper motif dengan warna yang lembut, seperti warna putih, krem, atau coklat muda. Jangan lupa juga untuk menambah hiasan di sudut-sudut ruangan.

art deco

7. Rumah bergaya Art Deco dengan lukisan 

Lukisan pada rumah bergaya Art Deco menjadi salah satu elemen kunci untuk mempercantik ruangan. Anda bisa memilih jenis lukisan yang simpel dan dipadukan dengan furnitur berwarna cerah. Beberapa hiasan patung atau ornamen kecil pada sudut rumah juga bisa menjadi pelengkap interior rumah Anda.

art deco

8. Aksen tekstur pada dinding ruangan

Aksen tekstur dengan bentuk abstrak dapat memberikan kesan unik pada rumah Anda. Anda bisa memilih bentuk garis abstrak namun terlihat simetris dari segi komposisi ruangan. Jangan lupa untuk memadukannya dengan furnitur berwarna netral agar suasana rumah tetap cantik dan elegan.

9. Perpaduan interior modern dengan Art Deco

Interior modern juga dapat menerapkan konsep desain art deco dengan menambah hiasan berupa lukisan unik pada ruangan. Tambahkan juga hiasan seperti tanaman kering untuk mempercantik suasana hunian.

lukisan

10. Rumah bergaya Art Deco dengan konsep futuristik

Konsep Art Deco juga dapat diterapkan pada interior dengan konsep futuristik. Anda dapat menambahkan aksen geometris pada dinding ruangan, seperti perpaduan bentuk lingkaran dan kotak pada gambar berikut. Pemilihan warna yang berani juga dapat semakin mempertegas kesan unik pada interior.

art deco

11. Interior Art Deco super eksklusif

Bosan dengan aksen biasa? Cobalah berkreasi dengan aksen bulat yang dilapisi oleh kaca pada dinding ruangan. Adanya kaca dapat membuat ruangan terlihat lebih lega. 

art deco

__

Itulah 15 inspirasi desain rumah bergaya Art Deco yang bisa dijadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang tertarik membangun unit rumah dengan konsep Art Deco. 

Jika Anda ingin memiliki hunian elegan dengan interior eksklusif, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan unit rumah berkualitas yang dibangun oleh developer ternama. Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...