Cara Cek Sertifikat Tanah Online Dengan Mudah

Arkadia Inzhagi09 Mar 2022

Dengan zaman dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesar, semua hal sudah bisa dicek secara digital, termasuk sertifikat tanah salah satunya.

Sertifikat tanah sekarang tidak hanya bisa dicek secara offline atau langsung saja, melainkan sudah bisa juga untuk dicek secara daring atau online. Namun, kenyataannya masih banyak sampai saat ini yang bingung bagaimana cara cek sertifikat tanah online.

Cek keabsahan dari sertifikat tanah merupakan salah satu hal yang penting, khususnya bagi Anda yang berniat untuk melakukan pembelian tanah atau rumah.

Karena bukan hanya sekali terjadi kejadian terkait penipuan sertifikat tanah yang ternyata palsu. Banyaknya penipuan terkait sertifikat palsu yang menjadikan cek sertifikat tanah sebagai salah satu hal yang penting dalam proses pembelian.

Untuk mengecek sertifikat tanah sendiri tidaklah sulit, apalagi jika dilakukan secara online. Artikel ini akan membahas dan memberi tahu cara cek sertifikat tanah online dengan mudah, simak artikel ini ya.

Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui Situs ATRBPN

Situs ATRBPN

Cara Cek Sertifikat Tanah Online yang pertama adalah melalui Situs dari ATRBPN. Anda bisa menggunakan situs yang disediakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang, yaitu atrbpn.go.id.

Dengan menggunakan situs ini, Anda dapat mengakses dan mendapatkan informasi tentang jenis hak atas tanah, Nomor Induk Bidang, dan juga luas bidang yang tertera di sertifikat tanah yang Anda cek tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk cek sertifikat tanah melalui situs ATRBPN:

 

  1. Buka situs atrbpn.go.id, bisa melalui PC ataupun melalui handphone;
  2. Saat sudah masuk ke homepage dari web tersebut, klik menu ‘Publikasi’;
  3. Dalam halaman ‘Publikasi’, akan ada empat kolom isian yang Anda harus isi;
  4. Jika Anda sudah mengisi kolom tersebut dengan lengkap, klik tombol ‘Cari Berkas’;
  5. Setelah itu, data dan informasi sertifikat dan juga informasi kepemilikannya akan tertera dengan lengkap untuk Anda akses.

Cara Cek Sertifikat Tanah Online Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Sentuh Tanahku

Cara cek sertifikat tanah online yang kedua adalah Anda bisa menggunakan aplikasi. Nama aplikasinya adalah ‘Sentuh Tanahku’ yang dirilis oleh Kementerian ATR/BPN.

Aplikasi ini dapat membantu orang-orang yang ini menggunakan dari layanan BPN tanpa harus datang ke tempatnya. Salah satu kegunaan aplikasi Sentuh Tanahku adalah bisa mengecek keabsahan dari sertifikat tanah.

Cara cek sertifikat tanah online dengan aplikasi Sentuh Tanahku adalah:

  1. Unduh aplikasi Sentuh Tanahku lewat Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS);
  2. Jika sudah terunduh, buka aplikasinya, lalu klik menu ‘Daftar Akun Baru’ dan Anda diharuskan untuk melakukan registrasi data diri, username, password, dan alamat email saat proses registrasi tersebut;
  3. Jika sudah registrasi, akan ada email pemberitahuan yang otomatis akan terkirim ke alamat email Anda;
  4. Dalam email pemberitahuan tersebut, akan ada tautan di dalamnya, klink link tersebut;
  5. Tautan dari email pemberitahuan tersebut akan membawa Anda ke halaman aktivasi pengguna, di halaman tersebut, klik tombol ‘Aktivasi’ untuk mengaktifkan akun Anda;
  6. Masuk dengan username dan password yang Anda sudah buat;
  7. Klik menu ‘Info Sertifikat’. Fitur dari ‘Info Sertifikat’ ini yang akan memberikan anda informasi dan data sertifikat tanah dan info kepemilikannya secara keseluruhan.

Selain untuk mengecek tentang keaslian dari sertifikat tanah, Anda juga bisa mengecek berkas BPN lainnya di aplikasi Sentuh Tanahku ini. Berikut informasi tentang apa saja yang bisa Anda akses dari aplikasi Sentuh Tanahku:

Info Berkas

Menu info berkas pada aplikasi Sentuh Tanahku dapat digunakan untuk melihat atau mengecek tentang informasi berkas yang terkait dengan pemilik akun. Selain itu menu ini juga dapat mencari informasi mengenai berkas tertentu.

Plot Bidang Tanah

Ada juga menu plot bidang tanah, namun sebelum melakukan plotting bidang, Anda diharuskan untuk memasukkan nomor sertifikat yang akan diplotting terlebih dahulu.

Setelah memasukan nomor sertifikat, Anda harus menggambar bidang tanah di peta yang tersedia sesuai dengan bentuk dan lokasinya. Selanjutnya, Anda simpan plot tersebut, dan data dari plot tersebut akan tersimpan di server.

Cara Cek Sertifikat Tanah di Kantor BPN

Jika Anda merasa tidak puas atau tidak yakin dengan informasi yang disediakan di aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ atau situs dari ATRBPN, Anda bisa cek sertifikat tanah secara langsung di Kantor BPN.

Tak kalah mudah dengan cek sertifikat secara online, datang ke kantor BPN untuk mengecek sertifikat tanah pun kini sangat mudah dan cepat.

Anda hanya perlu mengajukan pemeriksaan ke loket dari kantor BPN yang telah disediakan. Lalu, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas BPN, dan apabila sertifikat tanah tersebut asli, maka petugas BPN tersebut akan memberikan cap resmi sebagai bentuk bukti dari pemeriksaan tersebut. Berbeda apabila keaslian dari sertifikat tersebut diragukan, makan proses plotting akan dilakukan.

Selain melalui loket, Anda juga bisa menggunakan mesin KiosK untuk mengecek sertifikat tanah yang biasanya disediakan di lobi ataupun ruang pelayanan kantor BPN.

KiosK BPN

Jika Anda memilih untuk mengecek sertifikat tanah secara langsung ke kantor BPN, Anda harus mempersiapkan dokumen serta persyaratan yang pasti akan diminta oleh petugas BPN, yaitu:

  1. Sertifikat tanah yang ingin diperiksa.
  2. Surat kuasa pengecekan atau surat tugas dari PPAT kepada pegawainya.
  3. Form permohonan pengecekan sertifikat.
  4. Fotokopi KTP dari pemilik sertifikat
  5. Biaya administrasi Rp. 50.000 per sertifikat.


Sekian informasi tentang bagaimana cara cek sertifikat tanah online dengan mudah. Cek sertifikat tanah merupakan hal yang penting yang harus dilakukan sebelum Anda memulai proses pembelian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk mengecek sertifikat tanah. Untuk informasi lainnya, Anda bisa cek di CariProperti.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

8 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

23 Feb 2022

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

23 Feb 2022

8 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...