10 Desain Balkon Diatas Carport Yang Nyaman Untuk Bersantai

Nadia16 Jan 2024

Balkon adalah salah satu bagian rumah yang menambah indah tampilan rumah jika dilihat dari luar. Tak hanya menambah keindahan, balkon juga memiliki berbagai fungsi yang bisa dimanfaatkan pemilik rumah.

Bagi sebagian orang balkon rumah merupakan hal yang wajib ada di rumah miliknya. Dengan adanya balkon rumah akan menjadi lebih luas dan besar, selain itu balkon juga menjadi penyeimbang proporsional dari sebuah rumah.

Namun tahukah kamu meskipun terlihat simpel dan sepele, ternyata ada hal yang harus diperhatikan dalam membuat balkon rumah. Hal pertama adalah material yang dipilih, balkon umumnya akan berada di di luar rumah jadi kalian harus memilih bahan yang kuat dan kokoh supaya balkon dan segala furniture tahan lama.

Selain material kalian harus mempertimbangkan struktur balkon yang menyesuaikan luas balkon yang hendak kalian buat. Selanjutnya, sebaiknya kalian membuat kanopi untuk balkon supaya balkon tetap dapat digunakan ketika cuaca panas maupun hujan.

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan sebelum membuat balkon adalah desain dari balkon itu sendiri. Desain balkon umumnya akan mengikuti ketersediaan lahan dan model rumah sesuai keinginan pemilik.

Namun jika kalian bingung, berikut merupakan beberapa rekomendasi desain balkon diatas carport yang bisa kalian tiru.

1. Balkon Sederhana Atau Minimalis

(Sumber: Pinterest)

Jika kalian seseorang yang mementingkan fungsi, kalian bisa mengaplikasikan balkon di atas carport dengan konsep sederhana atau minimalis. Meskipun namanya balkon sederhana, namun balkon ini juga akan menambah keindahan rumah dan bisa membuat rumah menjadi terlihat lebih besar dan proporsional.

Alasan desain pertama ini disebut balkon sederhana karena balkon ini hanya meletakan benda-benda yang akan digunakan pemilih atau bahkan tidak dilengkapi furnitur sama sekali. Desain dari balkon ini juga cenderung senada dengan rumah dan tidak memiliki ornamen yang rumit di dalamnya.

2. Balkon Di Depan Kamar

(Sumber: Pinterest)

Bagi kalian yang memiliki luas bangunan rumah kecil, desain balkon yang satu ini mungkin cocok untuk kalian karena hanya memerlukan area yang kecil. Balkon dengan desain seperti ini sudah banyak digunakan pada rumah-rumah yang memiliki lebih dari satu lantai sejak jaman dahulu.

Meskipun begitu balkon diatas carport yang berada di depan kamar masih sangat cocok digunakan hingga saat ini dengan melakukan penyesuaian terhadap rumah tersebut. Dengan meletakan balkon di depan kamar seperti ini, kalian lebih bisa memanfaatkan ruang lainya untuk area dalam rumah.

3. Balkon Berkonsep Taman

(Sumber: Pinterest)

Jika kamu seseorang yang gemar berkebun namun memiliki lahan yang terbatas, desain balkon di atas carport berkonsep taman yang satu ini mungkin menjadi pilihan terbaik kalian. Dengan meletakan taman di area balkon, kalian akan lebih bisa memanfaatkan lahan yang ada pada lantai dasar untuk ruangan-ruangan lainya.

Selain itu, dengan meletakan taman pada balkon kalian akan memiliki kebebasan pada luas area yang diinginkan karena balkon bisa disesuaikan ukurannya. Namun, kalian harus memperhatikan tanaman yang akan kalian letakan pada balkon ini sebaik nya adalah tanaman hias kecil atau pohon-pohon kecil yang bisa diletakan pada pot tanaman.

4. Balkon Dengan Rumput Sintetis

(Sumber: Pinterest)

Jika sebelumnya adalah balkon yang dijadikan sebagai taman, kali ini adalah balkon yang dilengkapi dengan rumput sintetis. Jika kamu adalah orang yang tidak mau ribet namun ingin balkon yang terlihat hijau dan asri, kamu bisa meletakan sumput sintetis pada lantainya.

Rumput sintetis memiliki beberapa keunggulan dibandingkan rumput asli salah satunya adalah minimnya perawatan. Meskipun memiliki keunggulan, kalian harus memperhatikan saluran air di bawah rumput sintetis sebelum memasangnya karena rumput sintetis akan menyimpan air jika tidak dilengkapi dengan saluran air yang baik.

5. Balkon Mini Masa Kini

(Sumber: Pinterest)

Apakah kalian hanya memiliki sisa area sedikit untuk dijadikan balkon di atas carport? Kalian bisa memanfaatkan area tersebut supaya menjadi balkon yang estetik. Saat ini telah banyak rumah yang mengaplikasikan balkon dengan konsep dan desain seperti ini.

Meskipun hanya memiliki area yang kecil, namun jika kalian benar dalam pemilihan konsep dan desain kalian akan mendapatkan balkon yang terasa luas. Balkon model ini bisa kalian manfaatkan untuk sekedar istirahat dan bersantai atau bisa dijadikan tempat kerja yang nyaman.

6. Balkon Di Samping Rumah

(Sumber: Pinterest)

Jika rumah kamu memiliki letak yang melebar kesamping dan memiliki garasi disebelah rumah, desain balkon satu ini mungkin bisa kamu terapkan. Meletakan balkon di bagian samping rumah juga akan menambah keindahan rumah terlebih jika kalian memiliki taman di area rumah.

Kalian bisa memanfaatkan balkon ini sebagai area terbuka yang cukup luas dan digunakan untuk acara kumpul bersama. Namun jika kamu ingin membuat balkon dengan desain seperti ini, sebaiknya kalian menutupi sebagian area atau seluruh area dengan kanopi.

7. Balkon Dengan Pagar Kaca

(Sumber: Pinterest)

Kalian sudah memiliki balkon diatas carport namun bingung karena terlihat biasa saja? Kalian bisa loh menambahkan pagar kaca di sekeliling balkon. Selain menambah keindahan, kaca yang digunakan untuk pagar ini juga memiliki fungsi pengaman terlebih jika kalian memiliki anak kecil.

Kaca yang kalian gunakan sebaiknya adalah tempered glass yang tahan terhadap goresan-goresan dan memiliki lapisan pelindung supaya aman dan awet. Selain itu kalian juga bisa membentuk kaca tersebut sesuai selera atau hanya merelakannya seperti pagar di mall.

8. Balkon Berkonsep Kayu

(Sumber: Pinterest)

Apakah rumah kalian memiliki banyak ornamen kayu? Balkon dengan konsep ini adalah pilihan yang cocok untuk anda. Kayu yang digunakan pada desain balkon ini hanya sekedar pemanis dan bukan menjadi struktur utama balkon.

Perpaduan warna kayu dan desain rumah yang minimalis sangatlah cocok kalian terapkan terlebih jika berada di lingkungan yang asri. Meskipun terlihat indah, namun kalian harus memperhatikan kayu yang akan digunakan dengan menyesuaikan peletakan, lingkungan, cuaca, hingga mempertimbangkan perawatannya.

9. Balkon Ala Resort

(Sumber: Pinterest)

Jika kamu seseorang yang gemar pergi berlibur ke resort-resort untuk menikmati suasana, desain balkon yang satu ini adalah pilihan terbaik untuk kalian. Dengan menempatkan balkon diatas carport dan berkonsep resort yang bertema kayu, kalian akan mempercantik rumah sekaligus memanfaatkan fungsi dari atas garasi yang umumnya tidak digunakan.

Jika sebelumnya balkon hanya berornamen kayu, desain balkon yang satu ini adalah full kayu yang mana kayu juga menjadi struktur dari balkon. Namun dengan demikian kalian harus lebih selektif dalam memilih jenis kayu dan juga mempertimbangkan cuaca di lingkungan rumah kalian.

10. Balkon yang Terintegrasi

(Sumber: Pinterest)

Bagi kalian yang gemar melakukan kegiatan di dalam ruangan dan luar ruangan secara bersamaan, konsep balkon yang satu ini bisa kalian terapkan. Dengan menghubungkan sebuah ruangan dengan balkon kalian memiliki beberapa keuntungan salah satunya adalah area terasa luas karena terhubung dengan balkon.

Balkon yang terintegrasi ini juga akan memberikan kemudah dalam peletakan furniture yang diinginkan oleh pemilik rumah. Namun, jika kalian ingin membuat balkon berkonsep seperti ini sebaiknya kalian membuat pintu penyekat seperti kaca untuk menghindari debu yang masuk kedalam ruangan.

Di atas merupakan 10 rekomendasi balkon di atas carport yang bisa kalian terapkan untuk rumah anda. Kalian juga bisa mengaplikasikan lebih dari satu konsep pada balkon rumah kalian, namun harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan desain rumah.

Jika kalian ingin rumah yang telah memiliki balkon, kalian bisa mencarinya di Cari Properti yang menawarkan banyak pilihan rumah dengan harga yang murah. Pada website ini kalian bisa menemukan rumah yang dilengkapi dengan balkon serta membandingkan rumah yang satu dengan lainnya.

Penulis : Dimas Rafika Trisna

Editor : Nadia

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...