6 Faktor Penting Menentukan Lokasi Hunian Strategis

Nadia05 Apr 2024

Salah satu faktor penting ketika membeli hunian tempat tinggal adalah lokasi. Pemilihan lokasi rumah tidak bisa dilakukan sembarangan karena lokasi akan menentukan berbagai aspek, termasuk kenyamanan serta keamanan hunian. Lokasi sebuah rumah juga dapat mempengaruhi harga dan nilai investasi jangka panjang, sehingga harus dipertimbangkan dengan matang. 

Ada banyak faktor penentu lokasi strategis untuk hunian yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Artikel ini akan menjelaskan beberapa faktor penting yang menentukan strategis atau tidaknya sebuah rumah. Simak ya!

Faktor Penentu Lokasi Strategis untuk Hunian

Lokasi strategis

1. Kondisi Lingkungan Sekitar

Faktor penentu pertama untuk lokasi hunian strategis adalah kondisi lingkungan sekitar. Ketika berencana membeli atau membangun rumah, perhatikan kondisi di sekitar rumah. Jika kondisi lingkungan nyaman dan asri, maka area tersebut tentunya lebih nyaman untuk ditinggali.

Perhatikan juga kondisi lahan di sekitar rumah. Carilah informasi apakah area tersebut memiliki potensi banjir atau longsor. Jika iya, sebaiknya cari lahan yang lebih aman untuk dijadikan tempat tinggal. 

Selain kondisi lahan, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan dari segi keamanan. Pilihlah lingkungan dengan tingkat kriminalitas rendah agar Anda dapat tinggal di rumah dengan nyaman. Apalagi jika area tersebut memiliki penjagaan ketat seperti cluster perumahan yang dijaga selama 24 jam, tentunya hal tersebut akan menambah kenyamanan rumah Anda. 

2. Keberadaan Akses Transportasi

Lokasi rumah strategis tentunya adalah lokasi yang mudah diakses oleh berbagai moda transportasi. Pilihlah hunian dengan akses jalan yang memadai, seperti rumah dekat jalan utama atau jalan raya. Jangan mudah tergiur dengan rumah murah yang lokasinya sulit dijangkau, karena hal tersebut akan menyusahkan Anda di kemudian hari.

Salah satu cara mudah untuk mencari rumah dengan lokasi strategis adalah dengan melihat keberadaan akses transportasi publik. Carilah rumah dengan akses yang mudah menuju stasiun KRL, terminal, atau halte bus yang terhubung ke berbagai kawasan. Keberadaan akses transportasi publik di sekitar rumah tentunya akan mempermudah mobilitas harian Anda. 

3. Ketersediaan Fasilitas Publik

Selain akses transportasi, ketersediaan fasilitas publik juga merupakan salah satu indikator strategis atau tidaknya sebuah lokasi. Ketika membeli rumah, pastikan lokasinya tidak jauh dari berbagai fasilitas publik, seperti pasar, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas lainnya. Adanya berbagai fasilitas akan mempermudah Anda dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

Rumah dengan lokasi yang dekat dari fasilitas publik juga dapat meningkatkan nilai investasi. Misalnya ketika Anda membeli rumah dekat universitas, tentunya rumah tersebut berpotensi untuk dijual atau disewakan kembali. Atau jika Anda memiliki rumah dekat pasar, rumah tersebut akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang berlokasi jauh dari berbagai fasilitas. 

4. Ketersediaan Fasilitas Hiburan

lokasi rumah strategis

Selain fasilitas publik, keberadaan fasilitas hiburan juga dapat menjadi penentu strategis atau tidaknya lokasi rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah yang berlokasi dekat mall, restoran maupun cafe tentunya akan mempermudah Anda untuk refreshing atau sekedar melepas penat di sekitar rumah. Opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah rumah dekat tempat wisata yang strategis, karena tempat wisata juga dapat menjadi salah satu ciri lokasi strategis di sebuah kawasan.

5. Potensi Pengembangan Kawasan

Sampai saat ini, berbagai pembangunan terus dilakukan, terutama di lingkungan-lingkungan yang potensial. Untuk mendapatkan rumah strategis dengan harga terjangkau, sebaiknya carilah rumah di lokasi yang sedang dibangun atau dikembangkan. Biasanya rumah dengan kawasan yang berkembang akan ramai dan memiliki nilai investasi yang menjanjikan. 

Misalnya jika terdapat pembangunan fasilitas Stasiun KRL atau akses tol di suatu daerah, Anda bisa mulai mencari rumah di kawasan tersebut. Walaupun harganya belum semahal rumah di pusat kota, rumah tersebut akan memiliki potensi kenaikan harga di masa yang akan datang. 

6. Dekat Pusat Perkantoran atau Lokasi Bisnis

Jika Anda bekerja atau sedang merintis bisnis dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli hunian dekat perkantoran atau lokasi bisnis. Hal ini bertujuan untuk memangkas waktu tempuh ke tempat kerja atau bisnis dari rumah. Posisi hunian yang jauh dekat dari tempat kerja berpotensi untuk mengurangi stres atau perasaan lelah ketika pulang ke rumah.

Rumah dekat pusat perkantoran atau bisnis juga memiliki nilai investasi yang tinggi. Biasanya unit rumah tersebut dibutuhkan untuk disewa para pekerja di kawasan tersebut. Sehingga akses rumah dekat perkantoran atau pusat bisnis memiliki nilai investasi yang menjanjikan. 

Rekomendasi Lokasi Strategis untuk Hunian

lokasi strategis

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menentukan lokasi strategis untuk hunian, berikut beberapa rekomendasi lokasi strategis yang sangat cocok untuk dijadikan hunian jangka panjang. 

Kawasan BSD City

Kawasan BSD City merupakan salah satu kawasan strategis yang sangat cocok untuk dijadikan hunian jangka panjang. Lokasinya dekat dari akses menuju Jakarta melalui stasiun KRL serta berbagai akses tol, diantaranya akses Tol Jakarta–Tangerang, Tol Ulujami–Serpong, Tol Kunciran–Serpong dan Tol Serpong–Balaraja. Posisi BSD juga berbatasan langsung dengan berbagai kawasan di Tangerang dan Tangerang Selatan yang tentunya sangat strategis.

Ketika tinggal di BSD City, Anda akan dimanjakan oleh berbagai fasilitas umum yang memadai. BSD City memiliki banyak pusat perbelanjaan ternama, diantaranya adalah AEON Mall, The Breeze BSD, Teras Kota, QBIG, dan masih banyak lagi.

Selain banyak mall, kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, diantaranya adalah Universitas Prasetya Mulya, Rumah Sakit Medika BSD, Taman Kota BSD, dan masih banyak lagi. 

Kawasan Bintaro

Kawasan Bintaro juga menjadi salah satu lokasi strategis untuk hunian. Posisi kawasan ini berada di Tangerang Selatan yang dekat dari akses menuju Jakarta Selatan, sehingga sangat cocok untuk para pekerja ibu kota yang ingin memiliki rumah dekat dari Jakarta. Akses transportasi umum yang tersedia di Bintaro juga sangat memadai, diantaranya adalah stasiun KRL, akses tol, serta akses Transjakarta yang mudah dijangkau.

Bicara soal fasilitas tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Bintaro menyediakan berbagai fasilitas umum maupun akses hiburan yang memadai. Jika Anda mencari pusat perbelanjaan, tersedia Bintaro Jaya Xchange, Trans Park Bintaro atau Bintaro CBD Plaza yang menyediakan berbagai pilihan opsi belanja.

Tersedia juga fasilitas umum lainnya, diantaranya adalah RS Premier Bintaro, RS Pondok Indah, Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Pembangunan Jaya, Kebayoran Park Bintaro, Pasar Modern Bintaro Jaya, hingga BXSea Bintaro Jaya.

Kawasan Sentul

Jika Anda mencari lokasi strategis di Bogor, Kawasan Sentul bisa menjadi opsi menarik untuk Anda. Area Sentul dipadati oleh berbagai perumahan dengan fasilitas yang memadai, mulai dari mall, area komersial, institusi pendidikan, hingga berbagai tempat wisata maupun kuliner super lezat.

Beberapa fasilitas menarik di kawasan Sentul diantaranya adalah AEON Mall Sentul City, Jungleland Adventure Theme Park, IKEA, Hypermart, Sekolah BPK Penabur, STIE Tazkia, dan masih banyak lagi.

__

Itulah penjelasan lengkap mengenai faktor lokasi strategis untuk hunian serta rekomendasi lokasi terbaik untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tertarik untuk beli rumah dengan lokasi strategis? Cari Properti menyediakan pilihan unit rumah berkualitas yang dapat dijadikan opsi. Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti! 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...