8 Model Kitchen Set Minimalis dengan Pencahayaan Maksimal

Nadia24 Oct 2023

Memiliki kitchen set yang praktis, lengkap, dan menawan menjadi impian semua orang yang tinggal di rumah minimalis. Tidak hanya membuat penghuninya betah berlama-lama di dapur, namun kitchen set yang indah juga dapat menambah nilai estetik dari sebuah rumah. Namun, memilih kitchen set yang cocok tidak semudah yang dibayangkan, terkhusus bagi yang memiliki rumah minimalis.

Tinggal di rumah minimalis, kita tidak bisa membeli semua furnitur rumah yang kita inginkan. Sangat penting bagi kita untuk tetap memperhatikan fungsionalitas tanpa mengesampingkan nilai estetika agar rumah kita tetap indah, fungsional, dan luas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih model kitchen set minimalis agar cocok dengan dapur rumah kita.

Model kitchen set minimalis haruslah memenuhi kaidah-kaidah rumah minimalis. Kitchen set minimalis haruslah bisa memanfaatkan ruang yang ada, memberikan kemudahan bagi penggunanya, dan juga mempercantik sebuah hunian. Jadi, kita harus memikirkan ketiga fungsi itu dalam memilih kitchen set yang cocok untuk rumah minimalis kita. Selain itu, kitchen set yang baik haruslah memiliki sistem pencahayaan yang baik agar mempercantik dapur dan memudahkan kegiatan kita ketika berada di dapur. Oleh karena itu, berikut 8 desain kitchen set minimalis dengan sistem pencahayaan yang menawan.

Apa Itu Kitchen Set?

Sebelum kita melihat model-model kitchen set yang cocok untuk rumah minimalis kita, kita cari tahu dulu yuk apa itu kitchen set dan kegunaanya!

Kitchen set adalah suatu perangkat penyimpanan, furnitur, dan juga peralatan memasak yang menjadi satu kesatuan dengan dapur. Kitchen set merupakan bagian penting dan bisa dibilang komponen utama dari sebuah dapur karena berfungsi untuk memperindah dan mempermudah penghuni rumah untuk menyiapkan masakan dan memasak.

Model Kitchen Set Minimalis dengan Pencahayaan yang Menawan

Menentukan model kitchen set minimalis yang pas itu sangat penting bagi kita yang tinggal di rumah minimalis. Oleh karena itu, Cari Properti memberikan beberapa rekomendasi model kitchen set minimalis bagi kita semua.

1. Kitchen Set dengan Material Kayu dan Pencahayaan Alami

Kitchen Set

Sumber: id.pinterest.com/Katelyn Geoffrion

Model kitchen set minimalis yang pertama adalah kitchen set dengan material kayu. Kitchen set dengan material kayu sangat digemari oleh masyarakat karena memberikan kesan yang estetik dan natural ke dalam dapur. Kitchen set model ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai kesan natural dan memiliki rumah dengan model minimalis tropis.

Selain itu, penggunaan material kayu juga sangat cocok karena memiliki ketahanan yang cukup kuat dan tergolong ringan jadi akan memudahkan kita jika ingin merenovasi ulang. Terlebih lagi, penggunaan cahaya alami yang tembus melalui jendela juga menambah kesan natural pada dapur dan membuat dapur lebih terang pada siang hari meskipun tidak menyalakan lampu.

2. Kitchen Set dengan Model Minimalis Modern dan Lampu Sorot

kitchen set

Sumber: id.pinterest.com/Superhero Hijrah

Selanjutnya adalah kitchen set dengan model modern minimalis. Model kitchen set minimalis ini sangat cocok untuk mengisi dapur kita karena dapat memberikan kesan elegan dan mewah kepada dapur kita. Untuk menambah kesan modern, pemilihan material juga perlu diperhatikan. Kita dapat memilih untuk menggunakan stainless steel pada wastafel ataupun rak piring, HPL pada kabinet, dan juga marmer atau granit pada island. Selain untuk menambah kesan modern, penggunaan material ini juga berfungsi memperpanjang umur kitchen set kita karena terkenal dengan ketahanan yang baik.

Kita juga dapat menambahkan lampu sorot pada kitchen set kita. Lampu sorot ini dapat berguna untuk menambah kesan modern pada dapur kita dan mempertegas dan juga memberikan kesat yang kuat pada dapur kita.

3. Kitchen Set dengan Perpaduan Warna Monochrome dan Lampu LED

model kitchen set minimalis

Sumber: id.pinterest.com/shesjutsmitten.com

Penggunaan warna monochrome, seperti hitam, putih, dan abu-abu juga sangat cocok untuk dijadikan inspirasi model kitchen set minimalis untuk rumah kita. Kita bisa memadukan warna putih dan abu-abu pada kitchen set kita sehingga memberikan kesan yang modern dan juga industrial, sangat cocok untuk rumah yang bertemakan modern industrial. 

Kita juga bisa menggunakan material-material seperti stainless steel, kaca, semen ekspos, dan HPL untuk menambahkan kesan modern industrial. Selain itu, kegunaan material-material ini juga dapat memperpanjang umur kitchen set kita karena tahan lama dan mudah untuk dirawat. Selain itu kita juga bisa menambahkan lampu LED strip yang disembunyikan dibalik kabinet dan dan lampu utama berwarna kuning untuk menambah kesan modern dan hangat.

4. Kitchen Set dengan Perpaduan Warna Hitam Putih dan LED Strips

model kitchen set minimalis

Sumber: arsitag.com

Rekomendasi yang keempat adalah kitchen set yang memadukan warna hitam dan putih. Perpaduan warna ini dianggap sangat cocok untuk kitchen set minimalis karena dapat memberikan kesan minimalis namun tetap elegan dan mewah. Terlebih lagi, jika kita menggunakan material-material seperti stainless steel, marmer, dan juga granit, dapur kita akan terlihat lebih modern, mewah, dan elegan.

Kita juga bisa menambahkan lampu LED strip dalam kabinet kita untuk mempertegas nuansa modern dan memberi pencahayaan pada kabinet. Selain itu kita dapat menambahkan meja makan yang menyatu dengan meja dapur agar lebih hemat ruangan.

5. Kitchen Set dengan Nuansa Serba Putih dan Pencahayaan Alami

kitchen set minimalis

Sumber: gramedia.com

Warna putih memang selalu jadi primadona bagi banyak orang karena memberikan kesan yang bersih, elegan, mewah, dan luas bagi rumah mereka. Sekarang, penggunaan warna putih tidak hanya dapat digunakan untuk ruang tamu, kamar, atau ruang keluarga saja, warna putih juga dapat digunakan pada kitchen set yang kita punya. 

Penggunaan serba warna putih pada kitchen set kita dapat memberikan nuansa yang mewah, bersih, dan juga elegan pada dapur kita. Kita dapat memilih material-material dengan warna dasar putih, seperti marmer dan granit, untuk kitchen kita karena menambah kesan mewah dan tahan lama serta mudah dibersihkan. 

Karena warnanya yang serba putih, kita dapat menggunakan cahaya alami untuk menambah kesan bersih dan memberikan kesan natural pada dapur kita. Selain itu kita dapat menambahkan lampu utama yang berwarna putih agar selaras dengan kitchen set kita.

6. Kitchen Set dengan Model Modern Tropis dan Lampu Gantung

Sumber: id.pinterest.com/domino magazine

Model modern tropis juga sangat cocok untuk dijadikan inspirasi model kitchen set minimalis rumah kita. Model modern tropis ini akan memberikan nuansa yang modern namun tetap alami dan hangat khas negara tropis melalui penggunaan material-material seperti kayu, rotan, granit, marmer, HPL, dan juga stainless steel. Selain memberi nuansa yang ciamik, penggunaan material-material tersebut juga dapat membuat kitchen set kita memiliki umur yang panjang karena mudah untuk dibersihkan dan tahan lama.

Nuansa yang tropis juga akan lebih terasa jika ditambahkan lampu gantung berwarna kuning atau coklat. Selain untuk menambah kesan tropis yang alami dan hangat, penggunaan lampu ini juga dapat menjadi sumber pencahayaan utama sehingga dapat memudahkan kita dalam beraktivitas. Kita juga dapat menambahkan LED strip dan lampu sorot pada kabinet kita untuk mempertegas dan menambah kesan modern pada kitchen set kita.

7. Kitchen Set dengan Warna Biru dan Lampu Sorot

model kitchen set

Sumber: id.pinterest.com/Kitchen cabinets decor

Rekomendasi selanjutnya adalah kitchen set dengan penggunaan warna biru dan lampu sorot. Jika kita memilih menggunakan warna biru pada kitchen set kita, dapur kita akan terlihat sangat elegan dan serasa berada di Yunani karena memang warna biru sering digunakan untuk rumah dengan tema mediterania. Kita dapat menggunakan material-material seperti kayu dan rotan atau menambah hiasan seperti tanaman hijau untuk menambahkan kesan yang lebih natural dan tropis pada kitchen set kita. Selain itu, kita juga dapat menggunakan material seperti, HPL, marmer, stainless steel, dan keramik untuk memberikan kesan yang modern.

Kita dapat menggunakan lampu sorot sebagai sistem pencahayaan untuk menerangi dapur kita dan memberikan kesan yang elegan, mewah dan luas. Warna yang cocok untuk kitchen set ini adalah warna putih.

8. Kitchen Set dengan Model Tradisional

kitchen set

Sumber: Instagram.com/ranadaglowinghome

Rekomendasi model kitchen set minimalis yang terakhir adalah kitchen set dengan model tradisional. Model tradisional memiliki banyak sekali penggemar karena dianggap sangat estetik meskipun terlihat sederhana. Oleh karena itu, kitchen set dengan model tradisional sangat cocok digunakan pada dapur yang minimalis.

Pada umumnya, model seperti ini menggunakan material kayu. Namun, kita dapat memadu padankan dengan material lain seperti granit, marmer, keramik berbagai motif, dan juga HPL untuk memberikan kesan yang lebih modern. Kita juga dapat menambah warna lain seperti hitam, biru, atau putih untuk memberi kesan yang lebih bervariatif.

Untuk pencahayaan kita dapat menggunakan lampu gantung, lampu sorot, atau lampu LED strip sebagai sumber pencahayaan utama. Kita bisa menggunakan lampu dengan warna putih untuk memberikan kesan bersih, luas, elegan, dan terang kepada kitchen set dan dapur kita atau warna coklat untuk memberikan kesan yang mewah, hangat, dan modern.

___

Itulah 8 model kitchen set minimalis dengan sistem pencahayaan yang menawan untuk dapur Anda semua. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu di antaranya?

Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah minimalis dan modern, silakan kunjungi website Cari Properti karena di sana kami menyediakan berbagai rekomendasi dan juga informasi mengenai berbagai macam jenis rumah yang dapat Anda pilih. Temukan juga tips dan trik menarik lainnya di laman artikel Cari Properti.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...