10 Inspirasi Model Ventilasi Rumah yang Modern dan Kekinian

Nadia04 Jan 2024

Ventilasi merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Keberadaan ventilasi bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan dan mengurangi kelembaban di dalam rumah. Selain bermanfaat dari aspek kesehatan, ventilasi rumah juga sangat berperan penting dalam interior rumah. Maka dari itu, penting untuk memilih model ventilasi rumah yang tepat dan sesuai. 

Ada banyak model ventilasi rumah yang bisa diadaptasi untuk rumah Anda, mulai dari ventilasi dengan konsep simpel maupun ventilasi dengan ornamen cantik. Artikel ini akan mengulas model ventilasi rumah yang dapat dijadikan referensi. Simak ya!

1. Model Ventilasi Boven

Sumber : https://pro-xhome.com/

Rekomendasi pertama untuk model ventilasi rumah adalah model ventilasi boven yang dapat dipasang pada dinding rumah. Biasanya ventilasi jenis ini mirip seperti jendela kecil dengan bentuk persegi empat maupun persegi panjang. Bentuk ventilasinya yang lebar dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar. 

Model ventilasi boven sangat cocok untuk berbagai jenis ruangan, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, maupun area dapur. 

2. Ventilasi Rumah Garis 

Sumber : Pinterest

Rekomendasi model ventilasi selanjutnya adalah ventilasi dengan bentuk garis di sudut ruangan. Model ventilasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki taman dengan konsep indoor. Ventilasi model ini dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar sekaligus memaksimalkan pencahayaan ruangan. 

3. Model Ventilasi Jalusi

Sumber : Dekoruma

Model ventilasi jalusi merupakan jenis ventilasi dengan tampilan yang sangat menarik. Bentuknya yang memanjang memungkinkan sirkulasi udara lebih maksimal. Biasanya, jenis ventilasi jalusi terbuat dari bahan kayu, namun banyak juga yang terbuat dari bahan lain seperti alumunium. 

Ventilasi jalusi sangat cocok untuk mempercantik tampilan rumah dengan konsep minimalis. Cocok juga untuk rumah dengan konsep modern ala Jepang. 

4. Ventilasi Rumah Berbahan Kayu

Sumber : architecturaldigest.in

Ventilasi rumah berbahan kayu dapat dijadikan rekomendasi untuk rumah Anda. Anda dapat membuat ventilasi dengan bentuk susunan jaring segi empat untuk memperlancar sirkulasi udara dalam rumah. Warna ventilasi dapat disamakan dengan pintu atau jendela agar komposisi warna ruangan tetap imbang.

5. Model Ventilasi Rumah Roster

Sumber : Dekoruma

Roster atau Loster merupakan dinding lubang angin yang dapat difungsikan sebagai pengatur sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Biasanya bentuk roster berupa ukiran motif tertentu yang kemudian dapat disusun di area dinding. Anda dapat menggunakan roster pada bagian tertentu atau bahkan pada dinding secara keseluruhan. 

Roster biasanya terbuat dari semen, namun ada beberapa roster yang terbuat dari kayu maupun keramik. Opsi model ventilasi rumah roster sangat cocok untuk Anda yang ingin memasang ventilasi sekaligus mempercantik ruangan. 

6. Model Ventilasi Jendela Atap

Sumber : Canva

Jika Anda ingin memiliki ventilasi sekaligus memaksimalkan pencahayaan alami di dalam ruangan, opsi ventilasi jendela atap dapat menjadi pilihan menarik. Dengan memasang ventilasi pada atap tentunya akan membuat ruangan lebih terang di siang hari tanpa menggunakan lampu. Biasanya, model ventilasi ini dipasang di area dapur atau taman indoor di dalam rumah. 

7. Ventilasi Kaca Nako

Sumber : SCG CBM

Opsi model ventilasi rumah selanjutnya adalah ventilasi kaca nako. Ventilasi jenis ini memiliki bentuk bersusun yang memaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Ventilasi kaca nako sering digunakan oleh berbagai rumah tradisional maupun rumah minimalis karena bentuknya yang simpel dan dapat memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan.

Untuk mempercantik ruangan dengan ventilasi kaca nako, pilihlah ventilasi dengan warna-warna netral seperti putih maupun abu-abu muda. Warna netral dapat memberikan kesan minimalis dan cantik pada interior ruangan. 

8. Model Ventilasi Atap Rumah

Sumber : IDN Times

Model ventilasi atap rumah juga dapat menjadi pilihan menarik untuk rumah Anda. Model ventilasi jenis ini sangat cocok untuk dipasang di area mencuci, dapur, atau taman indoor di dalam rumah. Model ventilasi atap dapat membuat pencahayaan alami lebih maksimal di area rumah Anda. 

9. Ventilasi Rumah Jendela Teralis

Sumber : goodhomes.co.in

Konsep jendela berbahan teralis menjadi salah satu model yang paling sering digunakan pada rumah. Area jendela dengan teralis dapat dimanfaatkan sebagai ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara serta pencahayaan alami dalam ruangan. Ukiran teralis yang sesuai juga dapat mempercantik tampilan rumah Anda. 

10. Ventilasi Rumah Minimalis

Sumber : Jabar idn times

Rekomendasi terakhir untuk model ventilasi rumah adalah ventilasi dengan konsep minimalis. Anda dapat memasang ventilasi dengan bentuk sederhana seperti persegi atau persegi panjang di beberapa bagian dinding. Konsep ventilasi yang simpel tentunya akan mempercantik interior rumah Anda.

_

Itulah beberapa rekomendasi model ventilasi rumah yang dapat diadaptasi. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang mencari model ventilasi rumah.

Jika Anda ingin mencari rekomendasi rumah dengan sirkulasi udara yang maksimal, Cari Properti menyediakan pilihan unit rumah berkualitas dengan interior super cantik. Tersedia opsi rumah dengan interior yang memaksimalkan sirkulasi udara serta pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. Temukan unit rumah impian Anda hanya di Cari Properti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...