Properti Rumah di Balikpapan Utara

Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur

Loading ...

Balikpapan Utara

Kota Balikpapan merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Kota Samarinda. Keunggulan utama dari Balikpapan adalah perekonomiannya yang sangat kuat dengan banyaknya pusat industri. Bahkan kota ini menjadi kota dengan perekonomian terbesar di Kalimantan.

Yang menarik dari Balikpapan adalah potensi investasinya yang sangat tinggi. Apalagi saat ini Indonesia digadang-gadang akan melakukan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Dengan adanya wacana tersebut, Balikpapan menjadi salah satu kota yang menjadi gerbang utama ibu kota negara baru.

Informasi Umum Properti di Balikpapan

Kota Balikpapan memiliki luas daerah sekitar 5.033,00 km2 dengan total penduduk sekitar 655.178 jiwa. Kota ini diisi oleh berbagai etnis di Indonesia dan dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di Indonesia. 

Sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan, properti di Balikpapan tentunya diminati banyak orang karena majunya sektor ekonomi, wisata, pendidikan, serta infrastruktur yang dimiliki kota Balikpapan. 

Jika ibu kota Indonesia dipindah ke Kalimantan, Kota Balikpapan akan semakin memiliki nilai investasi yang tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang yang tertarik untuk bekerja dan tinggal di kawasan Balikpapan. Seiringan dengan hal tersebut, properti di kawasan Balikpapan pun semakin diminati.

Keunggulan Properti di Balikpapan

Memiliki properti di Kota Balikpapan tentunya akan berpotensu mendatangkan banyak keuntungan dibandingkan dengan kota lainnya. Keunggulan utama dari kota ini adalah pesatnya perkembangan sektor ekonomi dan industri. Dengan kemajuan dua sektor tersebut, kemungkinan orang yang bekerja dan berbisnis di Kota Balikpapan akan semakin meningkat. Kondisi tersebut tentunya akan beriringan dengan tingginya permintaan dan kebutuhan akan hunian.

Keunggulan selanjutnya dari properti di kota Balikpapan adalah dari segi akses fasilitas dan infrastruktur. Sebagai kota dengan perekonomian maju, Balikpapan tentunya menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang gaya hidup warganya. Tersedia berbagai fasilitas, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, institusi pendidikan, tempat wisata, hingga pusat bisnis di Balikpapan. Fasilitas tersebut akan mempermudah kehidupan warga Balikpapan 

Ketersediaan properti yang berkualitas dengan fasilitas lengkap juga menjadi salah satu keunggulan properti di kota Balikpapan. Tersedia berbagai properti yang dapat dimiliki, mulai dari cluster, apartemen, perumahan dan masih banyak lagi. Bahkan pertumbuhan bisnis properti di kota ini diperkirakan akan semakin meningkat di beberapa tahun yang akan datang.

Fasilitas (Internal dan Eksternal) di Balikpapan

Fasilitas Internal

Properti di Kawasan Balikpapan menyediakan berbagai fasilitas lengkap, baik fasilitas internal maupun fasilitas eksternal. Pada beberapa cluster perumahan, tersedia fasilitas kolam renang, tennis court, rumah ibadah, akses internet, serta institusi pendidikan. Tersedia juga fasilitas keamanan selama 24 jam yang menjaga keamanan hunian. 

Selain fasilitas tersebut, masih banyak fasilitas lain yang dimiliki oleh setiap cluster maupun properti di Balikpapan. Anda bisa memilih cluster maupun properti di Balikpapan sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas Eksternal

Sebagai kota industri yang terus mengalami pertumbuhan, kota Balikpapan juga menyediakan berbagai macam fasilitas eksternal untuk para penghuninya. Hal ini dilakukan agar warga kota Balikpapan bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan. Fasilitas yang tersedia di kota Balikpapan sangat beragam, mulai dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, institusi pendidikan, hingga pusat hiburan.

Untuk pusat perbelanjaan yang berada di kota ini diantaranya yaitu Plaza Balikpapan, Trade Mall Balikpapan, Pentacity, Mall Balikpapan Baru, Plaza Kebun Sayur, Living Plaza Balikpapan, Balikpapan Ocean Square Mall, Transmart Balikpapan hingga Lotte Mart. Tersedia juga beberapa pasar di kawasan ini, seperti Pasar Segar, Pasar Klandasan, Pasar Kebun Sayur dan Pasar Butun.

Rumah sakit yang berada di Kota Balikpapan adalah RSUD Beriman, RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, RS Balikpapan Baru, RS Bhayangkara Balikpapan, RS Hermina Balikpapan, RS Pertamina Balikpapan, RS Siloam Balikpapan, dan RSIA Asih Balikpapan. Adanya rumah sakit di Kota Balikpapan akan mempermudah para penghuninya dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Selain fasilitas kesehatan, Balikpapan juga memiliki fasilitas pendidikan yang tidak kalah lengkapnya. Instansi pendidikan dari rentang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dapat Anda temukan di kota ini. Beberapa instansi pendidikan di Kota Balikpapan adalah Universitas Balikpapan, Politeknik Negeri Balikpapan, STT Migas, STIE Balikpapan (STIEPAN), Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Universitas Tri Dharma, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur Balikpapan, dan masih banyak lagi.

Infrastruktur

Kota Balikpapan memiliki lokasi yang strategis dan memiliki infrastruktur yang lengkap. Para penghuninya dapat dengan mudah menjangkau berbagai daerah di Kalimantan. Untuk jenis transportasi yang ada di kota ini diantaranya adalah Angkutan Kota, Taksi, Ojeg, Bus, serta fasilitas transportasi online. Selain itu, Kota Balikpapan juga memiliki berbagai akses transportasi laut seperti Kapal laut, Speed Boat (Kapal Cepat), dan Kapal Ferry ke Penajam.

Kota industri ini juga sudah dilengkapi dengan transportasi udara dengan tempat pemberhentian Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Dengan adanya bandara, para warga Balikpapan dapat menjangkau berbagai daerah dengan mudah.

Wisata/Hiburan

Kota Balikpapan memiliki berbagai destinasi wisata dan hiburan yang sangat menarik. Taman Agrowisata misalnya, sebuah tempat wisata seluas 100 ha dengan koleksi tanaman tropis yang bervariasi. Taman Agrowisata juga bisa dijadikan tempat piknik dan berkemah bersama keluarga dengan pemandangan alam yang sangat cantik.

Selain wisata alam, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Manggar Segarasari Pantai Melawai, Pantai Lamaru, Pantai Polda, serta Pantai Strans. Beberapa pantai juga menyediakan fasilitas banana boat dan speed boat yang bisa Anda coba.

Jika Anda suka berwisata sekaligus mempelajari sejarah dan budaya, Anda bisa mengunjungi banyak museum dan tempat bersejarah di kota ini. Beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi diantaranya yaitu Monumen Jepang, Monumen Perjuangan Rakyat, Tugu Peringatan Divisi 7 Australia, Monumen Mathilda, Meriam Peninggalan Jepang, Museum Tanjungpura, dan tempat bersejarah lainnya.