Beli Rumah atau Apartemen? Berikut Perbandingannya

Admin Cariproperti21 Sep 2021

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan utama untuk setiap orang. Namun, memiliki tempat tinggal tidaklah mudah. Terlebih dengan meningkatnya harga tanah dan rumah setiap tahunnya, sementara pendapatan tetaplah minim.

Meskipun dibutuhkan biaya yang besar untuk membeli hunian, orang tetap berbondong-bondong untuk melakukannya. Dulu, hunian yang paling diminati adalah rumah. Sedangkan sekarang, banyak pilihan alternatif yang dapat menjadi tempat tinggal Anda. Salah satunya yaitu apartemen.

Kehadiran apartemen itu sendiri menjadi solusi dari permasalahan keterbatasan lahan untuk tempat tinggal. Terutama bagi mereka yang ingin tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta. Lokasinya yang biasanya berada di pusat kota juga menjadi salah satu daya tarik orang memilih untuk membeli apartemen.

Walaupun banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika memiliki apartemen, membeli rumah juga memiliki keuntungannya tersendiri. Setiap hunian memiliki keuntungannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memutuskan hunian apa yang Anda inginkan serta kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan.

Untuk membantu Anda membuat keputusan antara membeli rumah ataupun apartemen, berikut merupakan ulasan kelebihan dan kekurangan memiliki rumah atupun apartemen.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah

1. Membeli Rumah Berarti Memiliki Tanah

Ini merupakan salah satu keuntungan membeli rumah. Membeli rumah bukan hanya sekedar membeli bangunannya, namun juga membeli tanah rumah itu berada.

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda memiliki status kepemilikan atas tanah rumah Anda berada. Anda dapat merasa lebih aman untuk melakukan perombakan atas rumah atau tanah tersebut karena mereka merupakan milik Anda. 

Selain itu, tanah juga merupakan investasi yang bernilai. Terlebih lagi jika Anda membeli rumah di kota-kota besar yang kian tahun tanahnya semakin mahal dan berkurang. Bisa dikatakan bahwa memiliki tanah merupakan sebuah investasi yang menjanjikan untuk Anda.

2. Mudah Untuk Diperjualbelikan

Permintaan untuk tempat tinggal kian hari kian meningkat, terlebih lagi rumah. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa rumah akan lebih mudah untuk diperjualbelikan dibandingkan dengan apartemen. 

Selain itu, sertifikat rumah dan tanah dapat menjadi jaminan Anda jika ingin meminjam uang ataupun untuk digadaikan jika Anda memiliki keperluan yang mendesak. 

3. Tanah Dapat Digunakan Untuk Berkebun

Keuntungan lainnya jika Anda membeli rumah yaitu tanah yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain. Salah satunya yaitu untuk berkebun.

Bagi Anda yang memiliki hobi untuk menanam dan berkebun, mungkin keuntungan ini dapat membuat Anda memutuskan untuk membeli rumah. Hal ini dikarenakan apartemen memiliki luas ruangan yang kecil dan hanya terbagi pada beberapa ruangan. Meskipun ada balkon sebagai tempat untuk tanaman Anda, namun luas balkon tersebut sangatlah minim.

Memiliki rumah juga baik untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan. Dengan adanya lahan yang luas, peliharaan kesayangan Anda dapat dengan leluasa beraktivitas di luar ruangan.

4. Harga yang Lebih Mahal di Pusat Kota

Permintaan akan rumah semakin tinggi setiap tahunnya, sementara pembangunannya semakin menurun dan bahan tidak ada sama sekali. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang lahannya sangat terbatas.

Lahan yang terbatas ini mengakibatkan banyak developer lebih ingin membangun apartemen untuk mengoptimalkan lahan yang ada. Hal ini mengakibatkan susahnya pencarian rumah di pusat kota, terutama jika Anda memiliki dana yang minim.

5. Harga Lebih Terjangkau di Pinggiran Kota

Lahan yang semakin terbatas di perkotaan membuat developer membangun rumah di pinggiran kota. Perumahan yang dibangun juga biasanya memiliki lahan yang lebih luas namun dengan harga yang lebih terjangkau daripada rumah di pusat kota. Oleh karena itu, membeli rumah di pinggiran kota dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membeli rumah namun dengan dana minim.

Namun, membeli rumah di pinggiran kota juga memiliki kekurangannya tersendiri. Lokasinya yang jauh dari pusat kota mengakibatkan waktu yang Anda butuhkan untuk mobilitas sehari-hari lebih lama. 

6. Lingkungan Sosial yang Lebih Terbuka

Orang yang tinggal di apartemen biasanya merupakan orang yang masih berusia muda. Hal ini disebabkan apartemen memberikan kesan yang lebih private kepada penghuninya. Oleh karena itu, dapat dikatakan ruang sosial bagi Anda yang tinggal di apartemen lebih tertutup. 

Hal ini bukan saja karena apartemen yang memberikan kesan private, namun juga dikarenakan penghuni apartemen tersebut. 

Lokasi apartemen yang strategis biasanya menjadi daya tarik pekerja usia muda. Dengan penghuni apartemen yang rata-rata merupakan pekerja yang memiliki aktivitas padat setiap harinya dapat membuat Anda sulit untuk bersosialisasi dengan tetangga apartemen Anda.

7. Dapat Melakukan Renovasi Besar

Jika Anda membeli rumah, Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan renovasi besar-besaran ataupun hanya sekedar merubah desain rumah Anda. Hal ini dikarenakan rumah dan tanah tersebut sepenuhnya milik Anda. 

Selain itu, lokasi rumah yang berada di atas lahan juga membuat perpindahan perabotan lebih mudah dibandingkan dengan di apartemen. Karena apartemen merupakan hunian vertikal dengan banyak lantai, memindahkan perabotan besar seperti kasur, lemari dan sebagainya menjadi lebih sulit.

8. Terdapat Ancaman Banjir

Seperti yang Anda ketahui, memiliki rumah berarti memiliki tempat tinggal yang ketinggiannya lebih rendah daripada apartemen. Hal ini dapat menyebabkan Anda memiliki potensi yang lebih besar terkena banjir. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam membeli rumah.

Akan lebih baik jika Anda memeriksa terlebih dahulu apakah rumah yang ingin Anda beli berada di kawasan dengan ketinggian tanah yang tinggi. Selain itu, cermati juga apakah kawasan tersebut memiliki sistem resapan air yang baik.

Baca juga : 8 Cara Membuat Rumah Estetik yang Modern dan Minimalis

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Apartemen

1. Harga Lebih Terjangkau

Apartemen memiliki luas bangunan yang rata-rata lebih kecil daripada luas rumah. Selain itu, membeli apartemen juga tidak perlu untuk membeli lahannya sendiri. Oleh karena itu, harga apartemen akan lebih terjangkau daripada rumah.

Membeli apartemen yang lokasinya di pusat kota akan lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan membeli rumah di lokasi yang sama. Hal ini menjadi salah satu keuntungan membeli apartemen daripada rumah.

2. Gaya Hidup yang Serba Praktis

Apartemen memiliki banyak fasilitas yang bisa Anda akses, baik fasilitas internal maupun eksternal. Hal ini dapat membuat gaya hidup Anda jauh lebih mudah dan praktis.

Berbagai fasilitas seperti sarana transportasi, gym, supermarket, perbankan, ATM dan sebagainya akan dapat dijangkau dengan mudah bagi mereka yang tinggal di apartemen.

3. Lokasinya Strategis

Kebanyakan apartemen memiliki lokasi yang strategis, yaitu dibangun di kawasan pusat kota. Hal ini guna memanfaatkan lahan dengan sebaik mungkin, sehingga dibangunlah hunian vertikal.

Dengan lokasinya yang strategis, Anda akan memiliki aksesibilitas yang baik menuju berbagai fasilitas umum di pusat kota. Selain itu, mobilitas sehari-hari Anda juga menjadi lebih mudah karena sarana transportasi yang juga mudah dijangkau. Oleh karena itu, tinggal di apartemen memiliki daya tarik yang besar bagi pekerja yang berusia muda.

4. Rawan Ketika Terjadi Gempa

Jika Anda tinggal di kawasan yang rawan terjadinya gempa, mungkin Anda akan ragu untuk tinggal di apartemen. Hal ini dikarenakan apartemen yang bangunannya tinggi ke atas dan sangat rawan jika terjadi gempa. Dengan demikian, Anda harus menyelidiki terlebih dahulu apartemen yang ingin Anda beli.

Sebelum membeli apartemen, perhatikan apakah apartemen tersebut dibangun oleh developer yang terpercaya. Lalu, perhatikan juga bagaimana spesifikasi fondasi dan bangungan apartemen tersebut. 

5. Biaya Maintenance yang Tinggi

Dengan berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati dengan mudah, tentunya dibutuhkan juga biaya maintenance yang tinggi setiap bulannya. 

Jika Anda memiliki rumah, perawatan rumah tersebut akan lebih personal karena semua tergantung pada Anda sebagai pemiliknya. Sementara itu, perawatan dan pengelolaan apartemen akan dilakukan oleh pihak manajemen apartemen. Hal ini dapat membuat kehidupan Anda lebih praktis karena tidak perlu mengurus perawatan apartemen, namun juga harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

6. Tidak Diizinkan untuk Membeli Hewan Peliharaan

Tidak semua apartemen mengizinkan penghuni untuk memiliki hewan peliharaan. Apartemen pada umumnya tidak mengizinkan adanya hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan penghuni apartemen yang beragam, sehingga tidak semua orang menyukai hewan peliharaan. Terdapat juga kemungkinan bahwa ada penghuni apartemen yang memiliki alergi ataupun alasan kesehatan lainnya.

Selain itu, ruangan yang sempit juga tidak kondusif untuk hewan peliharaan yang biasanya membutuhkan ruang aktivitas yang luas.

--

Setiap hunian tersebut memiliki plus minusnya tersendiri. Oleh karena itu, pilihlah hunian yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Demikian merupakan kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah dan apartemen. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. 

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...