Beli Rumah atau Mobil, Mana yang Lebih Penting?

Admin Cariproperti16 Sep 2021

Rumah dan mobil merupakan kebutuhan yang cukup penting. Namun, masih banyak orang yang dilema antara beli rumah atau mobil. Nah, jika Anda merasa bingung untuk memutuskan mana yang lebih penting, di artikel ini Anda bisa membaca berbagai pertimbangan sebelum membeli keduanya. 

Memang, beli rumah atau mobil keduanya sama-sama penting. Namun setiap keputusan, Anda membutuhkan alasan dan pertimbangan yang tepat agar sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan dan menghindari penyesalan di kemudian harinya. 

Pertimbangan antara beli rumah atau mobil

Sebelum membeli rumah atau mobil, alangkah baiknya bila Anda memikirkan pertimbangan-pertimbangan yang dapat membuat Anda yakin tentang keputusan tersebut. Berikut beberapa pertimbangan yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Pertimbangkan rencana tempat tinggal dan transportasi

Pertama-tama, Anda harus memikirkan tentang rencana tempat tinggal. Apakah Anda berencana untuk menetap di suatu wilayah, atau mungkin hanya akan tinggal untuk beberapa tahun kedepan? 

Pertimbangkan juga keberadaan transportasi umum di wilayah Anda, apakah sudah sangat memadai atau belum. Jangan lupa pikirkan kembali, apakah Anda benar-benar membutuhkan rumah atau mobil? Atau mungkin keduanya?

2. Perhatikan perkembangan harga rumah dan mobil

Dalam menentukan antara beli rumah atau mobil, Anda harus mengetahui bahwa harga dari tanah maupun properti dapat naik setiap waktunya. Sedangkan kebanyakan dari harga mobil akan menurun setiap waktunya.

Jika Anda ingin membeli rumah atau mobil untuk investasi, tentunya rumah lebih menjanjikan. Namun, jika Anda memang butuh kendaraan untuk segera digunakan, membeli mobil terlebih dahulu bisa menjadi opsi untuk Anda.

Tetapi, bila Anda memilih untuk membeli mobil, jangan lupakan maintenance cost yang harus Anda keluarkan untuk mobil Anda. Jadi, jangan anggap pengeluaran Anda akan selesai begitu saja saat Anda sudah memiliki mobil. 

Di sisi lain, jika Anda memilih untuk membeli rumah, Anda tentunya juga sedang membutuhkan uang untuk membeli maupun menyicil rumah. Dengan begini, otomatis menabung untuk membeli rumah akan tertunda dengan jangka waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, perlu Anda sadari, ketika membeli mobil dengan cicilan setiap bulan nya, Anda akan membayar sesuai dengan harga mobil pada waktu pembayaran pertama. Sedangkan, harga dari mobil biasanya akan turun setiap tahunnya. Lain halnya dengan rumah. Semakin lama Anda menunda untuk membeli rumah, maka harga rumah tersebut berpotensi untuk naik. 

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh membeli mobil sebelum membeli rumah. Jika Anda butuh untuk menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi, untuk urusan pekerjaan, atau untuk urusan keluarga, tidak ada salahnya untuk membeli mobil. 

3. Jangan terbawa gengsi

Bila Anda masih berproses untuk membeli rumah dan ingin membeli mobil, kami sarankan untuk membeli mobil yang murah, mobil secondhand pun tidak menjadi masalah di masa seperti ini. Kami menyarankan agar paling tidak Anda dapat sampai ke tempat tujuan menggunakan mobil tersebut. 

Sebab, bila Anda hanya fokus ke merk mobil, apalagi mobil yang masih baru, tentunya harga pembelian akan semakin tinggi. Padahal, bila Anda membeli mobil yang lebih murah, uang lebih tersebut dapat Anda alokasikan untuk kebutuhan membeli rumah. Mobil akan kehilangan value nya seiring waktu dan sangat jarang untuk naik kembali.

Usahakan juga untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan serta pikirkan secara matang bila Anda hendak mengeluarkan uang dengan nominal yang besar. Di zaman seperti ini, sangat disarankan untuk tidak terlalu memikirkan omongan orang lain maupun merasa tertinggal dengan lingkungan. 

Contohnya, teman-teman Anda sudah memiliki mobil keluaran tahun yang paling baru, maka Anda tidak perlu berusaha untuk membeli mobil tersebut juga. Kita perlu menyadari bahwa kondisi keuangan seseorang berbeda-beda. Begitu pula dengan rumah. Anda tidak perlu khawatir untuk memiliki rumah tiga tingkat agar sama seperti teman-teman Anda. Belum tentu Anda membutuhkan rumah dengan harga diatas budget Anda.

4. Pertimbangkan kondisi finansial

Dalam mempertimbangkan antara beli rumah atau mobil, Anda juga harus memperhatikan kondisi finansial serta kesanggupan dalam membayar cicilan. 

Bila Anda memutuskan untuk membeli mobil terlebih dahulu dan menggunakan metode cicilan dari bank, maka saran kami adalah untuk menjadikan cicilan tersebut sebagai top priority Anda setiap mendapat gaji bulanan. Sebab, bila Anda telat membayar, maka Anda berpotensi masuk kedalam Black List Bank Indonesia, dimana Anda akan kesulitan untuk mengajukan cicilan KPR. Dengan masuk ke Black List Bank Indonesia, maka tandanya Anda memiliki reputasi yang buruk di bank. 

Kemudian, bila Anda membeli mobil dengan harga yang cukup mahal, kemudian Anda berencana untuk mengajukan KPR, hal ini akan berpotensi untuk menghalangi Anda lolos saat bank melakukan analisa keuangan Anda. Anda akan tampak seperti seseorang yang tidak tahu mana prioritas yang utama. Apalagi bila pemasukan bulanan Anda tidak sesuai dengan kemampuan yang seharusnya. Bila hal ini terjadi, KPR Anda bisa saja ditolak oleh bank dan Anda menambah persoalan baru di hidup Anda. 

Dalam proses menabung serta membeli rumah pun tidak akan mudah. Anda diharapkan untuk bijak dalam penggunaan uang. Hal ini dapat dilakukan dengan menyewa tempat tinggal seperti apartemen dengan harga serta perhitungan yang teliti dalam jangka waktu yang Anda rencanakan. 

---

Nah, setelah baca artikel ini, semoga Anda dapat mempertimbangkan mana yang paling baik antara beli rumah atau mobil. Selain itu, strategi juga harus disusun dengan matang agar tidak terlewat batas yang akan merugikan dikemudian hari.

Pastikan Anda memikirkan segala aspek mengingat nominal yang dikeluarkan pun tidak akan sedikit. Tentu semua dari kita menginginkan hidup dengan financially freedom. Maka dari itu, pengaturan uang pun menjadi hal yang paling penting dalam hal tersebut. 

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah dengan harga terjangkau, situs CariProperti.com menyediakan informasi seputar cluster rumah berkualitas dengan harga terjangkau. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan property advisor agar bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Cara Beli Rumah Over Kredit

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...