Beli Rumah atau Beli Tanah? Mana Dulu yang Diprioritaskan

Admin Cariproperti28 Sep 2021

Penduduk di Indonesia setiap tahunnya terus menerus akan selalu meningkat. Akibat dari peningkatan penduduk ini, permintaan akan hunian juga meningkat. Memiliki sebuah hunian menjadi impian dari setiap orang. Ketika memiliki hunian tentunya akan melalui proses yang panjang untuk memilih pilihan mana yang akan menjadi pilihan terbaik untuk dihuni.

Saat ini sudah banyak pilihan hunian yang dibangun oleh beberapa developer terkemuka di beberapa wilayah yang strategis. Namun, masih dapat anda temukan sepetak tanah kosong yang dijual. Keputusan untuk membeli rumah atau tanah yang masih kosong tentunya harusnya direncanakan secara mendalam sehingga tidak salah pilih.

Setiap pilihan terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam perencanaan anda perlu adanya perbandingan dari kedua pilihan tersebut. Perbandingan yang dilakukan tidak hanya dari segi finansial, namun harus memperhatikan juga hal kepraktisan dan waktu yang dimiliki untuk mewujudkan hunian impian anda.

Untuk membantu anda membuat rencana apakah akan langsung beli rumah atau tanah, yuk simak dulu beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dan referensi bagi anda dalam membuat rencana kedepannya.

Baca juga: Penjelasan Biaya Notaris Jual Beli Rumah Terlengkap dan Terupdate 2021

1. Harga yang kompetitif

Ketika membandingkan untuk beli rumah atau tanah, hal yang paling pertama harus dibandingkan adalah harga masing-masing. Dengan melihat setiap tahun angka penduduk semakin tinggi, maka permintaan akan hunian pun meningkat, menyebabkan harga rumah siap huni atau tanah juga terus meningkat. 

Jika melihat harga untuk rumah siap huni atau tanah tentu sangat kompetitif. Secara umum, harga sebidang tanah tentu akan lebih murah dibandingkan rumah jadi. Hal tersebut wajar karena tanah hanya berupa lahan kosong saja tanpa bangunan yang dijual. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa anda perlu mengkalkulasi biaya tambahan untuk membangun rumah dari nol.

Berbanding terbalik dengan harga rumah yang lebih mahal dibandingkan membeli tanah kosong. Sebab dengan membeli rumah anda tidak perlu memikirkan biaya tambahan untuk membangun rumah atau tanah karena sudah termasuk ke dalam harga penjualan rumah tersebut. Namun sekarang sudah banyak penawaran menarik untuk membeli rumah lebih murah seperti melalui KPR atau cicilan tiap bulannya.

Kembali kepada kondisi finansial dan tujuan dalam memiliki sebuah hunian. Jika kondisi finansial anda mencukupi untuk langsung membeli rumah maka itu jauh lebih baik, namun bukan berarti membeli tanah tidak bagus. Anda tetap bisa memanfaatkan tanah kosong tersebut untuk membuka lahan bisnis atau investasi yang nantinya bisa membantu biaya pembangunan rumah.

2. Kepraktisan waktu

Hal selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan anda adalah tingkat efisiensi waktu yang digunakan. Waktu yang dimaksud adalah kepraktisan dalam membeli rumah atau tanah. Dengan waktu yang dikorbankan apakah worth it dengan harga yang anda bayarkan kedepannya.

Seperti yang sudah dibandingkan sebelumnya bahwa membeli rumah jauh lebih mahal dibandingkan membeli tanah, dilain sisi waktu untuk mewujudkan memiliki hunian impian jauh lebih cepat karena rumah sudah siap untuk dihuni. Jauh berbeda dengan ketika anda memilih untuk membeli tanah, karena anda perlu meluangkan waktu lebih untuk membangun rumah dan mengurus izin.

Perihal waktu memang akan menjadi dilemma tersendiri dalam memilih, namun anda perlu tetap pada rencana yang sudah dirancang. Jika anda ingin waktu yang praktis untuk memiliki hunian anda bisa membeli rumah langsung, begitupun sebaliknya.

3. Kebebasan mendesain

beli rumah atau tanah

Desain bangunan bisa masuk ke dalam pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah atau tanah. Ketika memiliki sebuah hunian dengan design sendiri tentunya menjadi kepuasan sendiri dibandingkan membeli rumah langsung. Dengan membeli tanah, kenyamanan serta tata letak ruang bisa anda atur sendiri sesuai keinginan ketika membangun rumah sendiri.

Anda bisa menambahkan bagian-bagian tertentu yang tidak dibangun oleh developer pada umumnya seperti kolam renang dan balkon. Berbeda dengan ketika anda memutuskan untuk membeli rumah, design yang sudah ditetapkan oleh developer sedari awal membangun. Anda tidak bisa mengubah design sepenuhnya sesuai keinginan.

Selain itu, biasanya desain rumah pada cluster yang dibangun oleh developer sudah ditentukan dan akan mirip desainnya dengan rumah yang lainnya sehingga tidak memiliki keunikan tersendiri. Jika kebebasan mendesain rumah menjadi pertimbangan anda, membeli rumah siap huni bukan pilihan yang tepat untuk anda.

4. Mengurus legalitas

Mengurus legalitas baik dalam membeli rumah atau tanah tentu menjadi suatu keharusan agar rumah yang anda huni terbukti legal. Kelengkapan dokumen perizinan harus anda miliki ketika memiliki suatu properti. Berbeda perlakuan ketika anda memilih untuk membeli rumah atau tanah.

Ketika anda membeli rumah, anda tidak perlu repot lagi untuk mengurus legalitas sehingga lebih praktis. Karena ketersediaan dokumen legalitas sudah disediakan oleh pihak developer, anda hanya tinggal terima beres dan bisa langsung menempati rumah. Namun, biasanya ada biaya tambahan yang ditetapkan untuk hal ini diluar dari harga penjualan.

Lain halnya dengan ketika anda membeli tanah kosong. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengurus dokumen perizinan seperti Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan yang lainnya sendiri. Selain itu anda perlu meminta bantuan notaris untuk mengurus legalitas tanah. Anda bisa menimbang hal ini untuk kemudahan kedepannya dalam memiliki hunian anda.

Baca juga: 5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

---

Tentunya setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagaimanapun anda tetap harus menyusun perencanaan yang matang dan sesuaikan dengan kondisi finansial anda supaya tidak menyesal kedepannya terhadap pilihan yang akan diambil.

Sekian beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam menentukan pilihan apakah lebih memilih membeli rumah atau tanah untuk mewujudkan hunian anda. Selamat merencanakan hunian impian anda!

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...