Cara Membasmi Rayap di Rumah Hingga Tuntas

Riana30 Sep 2022

Ketika memiliki rumah, tentunya anda ingin tempat tinggal yang dapat bertahan lama untuk waktu yang panjang. Pondasi rumah hingga perabotan dipilih dengan kualitas terbaik agar memiliki umur yang panjang.

Akan tetapi, terkadang tetap ada permasalahan yang tidak dapat dihindari dan mengganggu rumah anda, yaitu rayap.

Rayap menjadi musuh bagi sebagian rumah. Lemari dan rak yang berbahan dasar kayu dapat digerogoti sampai rusak. Buku, majalah, dan semua yang berbahan kertas juga bisa habis dimakan rayap.

Bahkan bagian rumah juga bisa beresiko. Terutama jika banyak bagian rumah anda yang terbuat dari kayu, seperti lantai, dinding, maupun atap.

Permasalahan dengan rayap tidak semudah dengan serangga lain. Rayap dapat dengan cepat membangun sarangnya di sudut-sudut rumah anda. Selain itu, rayap juga lebih sulit untuk dibunuh jika dibandingkan dengan hama lainnya.

Jika anda memiliki masalah dengan rayap, CariProperti telah merangkum beberapa tips cara untuk membasmi rayap.

 

Cara Membasmi Rayap

1. Jebakan Kardus

Cara Membasmi Rayap - Jebakan Kardus

Cara membasmi rayap yang pertama cukup simple. Tidak membutuhkan banyak peralatan dan siapapun bisa melakukannya.

Untuk membuat jebakan kardus, anda cukup menggunakan potongan kardus yang sudah dibasahi dengan air. Kemudian, letakkan kardus yang sudah basah tersebut di titik rumah anda yang ada sarang rayap. Lalu, tinggalkan selama beberapa jam.

Kardus yang basah akan memancing rayap untuk keluar dan memakan kardus itu. Ketika kardus sudah dikerubungi banyak rayap, bawa kardus ke luar dan bakar. Ulangi langkah dari awal sampai sekiranya sudah tidak ada rayap yang keluar.

2. Cairan Kapur Sirih

Cara untuk membasmi rayap selanjutnya juga masih tergolong mudah. Anda cukup merebus air kapur sirih. Lalu, masukkan ke dalam botol dengan semprotan. Kemudian, semprot cairan kapur sirih ke sudut-sudut rumah anda yang sudah menjadi sarang rayap.

3. Cairan Garam

Cara Membasmi Rayap - Air Garam

Selain cairan kapur sirih, cairan garam juga bisa anda gunakan untuk membasmi rayap, loh!

Anda cukup memasukkan campuran air dan garam di dalam botol dengan semprotan. Lalu, semprotkan ke titik-titik rumah anda yang ada sarang rayapnya. Apabila rayap sudah mati, lap bagian yang anda semprotkan tadi dengan menggunakan lap kering.

4. Obat Anti Rayap

Cara untuk membasmi rayap selanjutnya adalah dengan obat anti rayap. Anda bisa menemukannya di toko-toko bangunan terdekat. Anda juga bisa menemukannya di beberapa toko online.

Obat anti rayap tidak berfungsi hanya untuk membasmi rayap, tetapi juga dapat berguna untuk mencegah pengeroposan. Jadi, lapisi furniture kayu anda dengan obat anti rayap.

5. Kapur Barus

Cara Membasmi Rayap - Kapur Barus

Kapur barus ternyata juga efektif untuk membasmi rayap, loh! Kandungan naftalena dalam kapur barus yang tidak disukai rayap dapat mengusir hama satu ini secara efektif. Dengan menggunakan kapur barus, furniture anda tidak hanya terhindar dari rayap, tetapi juga dari kecoa dan serangga lainnya.

Anda cukup meletakkan kapur barus di perabotan atau di sudut-sudut rumah anda. Rayap akan menjauh dari area-area tersebut.

Meskipun rumah anda tidak punya masalah dengan rayap, ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Anda dapat melakukan tips-tips berikut untuk mencegah furniture anda diserang rayap.

 

Tips Mencegah Serangan Rayap

1. Hindari Furniture Lembap

Furniture yang lembap merupakan kesukaan rayap. Cara mencegah agar furniture anda tidak menjadi sasaran rayap adalah dengan tidak membiarkannya lembap.

Pastikan sinar matahari dapat masuk secara cukup ke dalam rumah, sehingga ruangan tidak terasa lembap. Pastikan juga sirkulasi udara di dalam ruangan lancar agar udara dapat keluar masuk dengan mudah.

Jika ruangan anda tidak mendapat sinar matahari yang cukup, jemur perabotan di bawah sinar matahari secara rutin.

2. Beri Jarak Antara Furniture dengan Dinding

Yang selanjutnya bisa anda lakukan untuk mencegah furniture anda dari serangan rayap adalah dengan memberinya jarak dari dinding. Jangan biarkan lemari atau rak buku anda menempel langsung dengan dinding.

Terlebih jika ruangan anda lembap. Dinding yang lembap membuat furniture berbahan dasar kayu jadi mudah lapuk dan jadi sasaran empuk bagi rayap. Jadi, pastikan ada jarak antara furniture anda dengan dinding, ya.

3. Menutup Retakan Dinding

Jangan anggap remeh retakan pada dinding. Celah seperti ini pada dinding anda dapat menjadi jalur masuknya rayap ke dalam rumah.

Segera perbaiki jika dinding anda mengalami keretakan. Anda bisa menutupnya dengan menggunakan semen putih sebelum rayap terlanjur masuk dan merusak rumah anda.

Rayap memang menjadi hama yang sangat mengganggu untuk rumah. Dengan cara-cara di atas, anda dapat membasmi rayap dan mencegahnya sebelum mereka datang kembali.

Tentunya, penting juga untuk memastikan kondisi rumah sebelum anda membelinya. Temukan rumah impian anda dengan CariProperti.

CariProperti memberikan ribuan pilihan hunian untuk anda. Dengan CariProperti, mendapatkan hunian idaman jadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...