Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding, Tidak Perlu Pakai Paku

Riana13 Sep 2022

Mendekorasi rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dinding rumah tidak hanya dapat dipercantik dengan warna cat yang indah atau wallpaper yang menarik. Berbagai hiasan dinding seperti foto hingga poster dapat ditempel di dinding.

Akan tetapi, menempel dekorasi dapat berpotensi untuk merusak dinding. Menempel dengan paku tentu dapat merusak poster maupun dinding. Sehingga jika suatu saat anda ingin melepasnya, bekas tempelan dekorasi akan terlihat jelas.

Untuk meminimalisir kerusakan dinding, berikut beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menempel poster, foto, dan dekorasi lainnya tanpa merusak dinding rumah.

 

  • Double Tape

Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding - Double Tape

Anda pasti sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Selain harganya yang murah, double tape juga dapat dengan mudah untuk didapatkan. Tidak perlu ke toko buku besar, toko alat tulis di dekat rumah anda kemungkinan menjualnya juga.

Cara menggunakan double tape untuk memasang poster adalah dengan menempelkannya di bagian belakang poster. Anda dapat menempelnya di bagian ujung poster.

Kemudian lepas kertas penutup double tape dilepaskan dan poster dapat ditempel ke dinding. Dengan menggunakan double tape, poster yang menempel di dinding terlihat lebih rapi karena double tape tidak terlihat dan tidak mengganggu pandangan.

Akan tetapi, double tape tidak dapat menahan beban yang terlalu berat. Sehingga, tidak dapat digunakan untuk poster dengan ukuran yang terlalu besar atau dekorasi lain yang berat.

 

 

  • Foam Tape

Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding - Foam Tape

 

Foam Tape memiliki karakteristik yang mirip dengan double tape, yaitu memiliki dua sisi perekat. Bedanya, foam tape lebih tebal dan ketika ditekan terasa lebih empuk seperti busa.

Cara pemakaian foam tape untuk menempel poster juga sama seperti double tape. Cukup merekatkannya pada bagian ujung poster, lepaskan kertas yang menutup sisi perekat yang lain. Kemudian tempelkan poster ke dinding.

Karena posisinya juga berada di belakang poster, ketika tertempel di dinding tidak akan terlihat. Selain itu, beban yang dapat ditahan oleh foam tape lebih baik dari double tape. Jadi, jika anda ingin menempel poster yang berukuran agak besar, anda dapat menggunakan benda yang satu ini.

 

 

  • Sticky Tack/Blu Tack

 

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk menempel poster agar tidak merusak dinding adalah dengan menggunakan sticky tack atau blu tack.

Sticky tack berbentuk panjang dan bertekstur seperti permen karet. Anda dapat menemukannya di toko-toko buku atau alat tulis.

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup ambil sticky tack sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian, tempelkan ke bagian belakang poster di beberapa titik. Lalu, tempelkan ke dinding dengan menekan titik yang sudah diberi sticky tack.

Sama seperti double tape, karena posisi sticky tack berada di belakang poster, ketika tertempel di dinding jadi tidak terlihat. Selain itu, keuntungan dari menggunakan sticky tack adalah dapat digunakan berulang-ulang. Jadi, anda tidak perlu khawatir boros untuk benda yang satu ini.

 

 

  • Masking Tape

 

Sebagian orang mungkin ada yang sudah familiar dengan benda ini. Sekilas, benda yang satu ini memang mirip dengan selotip biasa. Akan tetapi, yang membedakannya adalah bahan dasarnya. Selotip memiliki bahan dasar plastik, sedangkan masking tape memiliki bahan dasar kertas.

Sama seperti selotip pada umumnya, masking tape juga dapat dengan mudah ditemukan. Namun, sama seperti selotip juga, masking tape juga hanya memiliki satu sisi perekat.

Anda dapat menggunakan masking tape untuk menempel poster dengan merekatkannya menyilangi empat bagian sudut poster. Akan tetapi, karena masking tape tidak transparan seperti selotip plastik, jadi akan dengan mudah terlihat dan dapat mengganggu pandangan mata.

Cara agar masking tape tidak terlihat adalah dengan mempertemukan kedua ujung masking tape yang akan digunakan sehingga membentuk lingkaran. Kemudian, tempel di belakang poster. Dengan begitu, masking tape tidak akan terlihat dan poster yang tertempel terlihat lebih indah.

Masking tape tidak hanya mudah untuk dipasang. Untuk melepasnya pun juga mudah dan dapat menjadi solusi anda untuk menempel poster tanpa merusak dinding.

 

 

  • Magic Tape

Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding - Magic Tape

 

Cara selanjutnya untuk menempel poster tanpa merusak dinding adalah dengan menggunakan magic tape.

Magic tape memiliki dua sisi perekat, sama seperti double tape dan foam tape. Teksturnya agak mirip dengan foam tape yang empuk. Akan tetapi magic tape lebih fleksibel.

Selain itu, magic tape memiliki daya rekat yang sangat tinggi. Benda ini dapat menjadi solusi yang tepat jika anda ingin memasang poster yang sudah ditempatkan ke dalam pigura. Jika anda memiliki dekorasi lain yang agak berat, anda juga dapat menggunakan magic tape.

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup potong magic tape sesuai dengan yang anda butuhkan dan lepaskan bagian yang menutup sisi perekat yang satu lagi. Kemudian, tempelkan ke belakang pigura poster anda.

Karena memiliki daya rekat yang sangat kuat, poster maupun dekorasi anda dapat lebih awet tertempel di dinding.

 

 

  • Command strip

Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding - Command Strip

 

Cara terakhir yang dapat anda gunakan untuk menggantung poster tanpa merusak dinding adalah dengan menggunakan command strip.

Sama seperti magic tape, command strip juga memiliki daya rekat yang kuat. Sehingga dapat anda gunakan untuk poster yang sudah dipasang dalam pigura.

Command strip ada yang memiliki pengait dan tidak dengan pengait. Untuk menggunakan command strip tanpa pengait, anda cukup menempelkannya ke belakang pigura dan menempelkannya ke dinding.

Cara penggunaan command strip yang memiliki pengait juga mudah. Anda hanya perlu melepas penutup perekatnya, lalu tempelkan di dinding sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian, kaitkan pigura poster anda pada kait command strip yang sudah tertempel.

Meski pengait akan terlihat oleh pandangan, akan tetapi hasil yang diberikan tetap lebih rapi, tidak seperti paku. Selain itu, dengan menggunakan pigura, poster anda dijamin akan lebih aman.

 

Poster dapat mempercantik interior rumah anda. Dengan benda-benda di atas, anda dapat menempel poster tanpa merusak dinding. Sebelum menempel poster, tentunya pastikan bahwa tangan anda bersih dan dinding tidak tertutup oleh debu.

Dengan menempel poster, rumah idaman anda dapat semakin indah. Temukan rumah idaman anda dengan CariProperti. Dengan CariProperti, punya rumah idaman jadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...