15+ Inspirasi Desain Kolam Ikan Depan Rumah. Dijamin Rumah Lebih Adem!

Nadia28 Feb 2022

Kolam ikan merupakan salah satu eksterior rumah yang paling diminati. Bagi para pencinta ikan, sangat menyenangkan rasanya melihat ikan cantik berenang di dalam sebuah kolam. Maka wajar saja, jika banyak orang yang mencari desain kolam ikan depan rumah untuk membuat kolam khusus untuk ikan hias.

Keberadaan kolam juga dapat membuat suasana depan rumah lebih nyaman. Apalagi jika desain kolam ikan dilengkapi dengan air mancur yang mengalir. Anda bisa merasakan nuansa alam hanya dengan bersantai dekat kolam ikan depan rumah.

Jika Anda tertarik untuk membuat kolam ikan, hal utama yang harus diperhatikan tentunya adalah ketersediaan lahan serta budget untuk membuat kolam. Maka dari itu, Anda harus bisa pintar memilih desain kolam ikan yang sesuai dengan tampilan rumah. Artikel ini akan menampilkan 15+ referensi desain kolam ikan, mulai dari kolam ikan minimalis, kolam ikan sederhana, hingga kolam ikan super mewah. Simak ya!

Kolam Ikan Minimalis Dengan Air Mancur Kecil

Kolam Ikan Minimalis

Sumber : Pinterest.com

Bagi Anda yang menyukai desain simpel, Anda bisa mendesain kolam ikan dengan tampilan minimalis yang tidak ribet. Buatlah kolam berbentuk persegi panjang di depan rumah, kemudian berikan sedikit aksen hiasan seperti air mancur kecil. Nuansa simpel pada kolam ikan akan memberikan kesan rapi pada halaman rumah Anda.

Desain Kolam Ikan Sederhana

Desain Kolam Ikan Sederhana

Sumber : Canva

Selain desain minimalis, Anda juga bisa membuat kolam ikan dengan tampilan yang sederhana. Cukup manfaatkan lahan yang tersedia di depan rumah, lalu buat kolam ikan sesuai dengan selera Anda. Untuk desain kolam ikan sederhana, Anda juga bisa menambah sedikit pemanis di pinggir kolam seperti aksen kayu maupun bebatuan.

Kolam Ikan Minimalis Memanjang

Kolam Ikan Minimalis

Sumber : Pinterest.com

Bagi Anda yang tidak mempunyai halaman luas, Anda bisa mendesain kolam ikan dengan tampilan memanjang. Anda bisa membuat kolam ikan yang panjangnya sesuai dengan panjang halaman rumah Anda. Ukuran kolam ikan yang panjang juga akan membuat ikan lebih leluasa berenang, dan mempercantik tampilan rumah.

Desain Kolam Ikan Kecil Depan Rumah

Kolam Ikan Kecil

Sumber : Pinterest.com

Tidak punya lahan luas? Tenang saja, Anda tetap bisa membuat kolam ikan kecil depan rumah yang super cantik. Manfaatkanlah bagian kecil dari halaman rumah Anda untuk dijadikan kolam ikan. Anda bisa mendesain kolam dengan bentuk abstrak yang estetik dan tidak terlalu besar.

Dalam menghias kolam kecil depan rumah, pilihlah jenis ikan yang tidak terlalu besar ya. Hal ini bertujuan agar ikan tetap bisa leluasa berenang di kolam tersebut.

Kolam Ikan Mini

Kolam Ikan Mini

Sumber : Pinterest.com

Solusi untuk kolam ikan di halaman sempit adalah dengan membuat kolam mini. Anda bisa mendesain kolam ikan mini seukuran pot besar yang tidak memakan banyak tempat. Untuk penataannya, kolam ikan mini bisa Anda letakkan di barisan pot bunga maupun sudut halaman rumah Anda. 

Kolam Ikan Dengan Kombinasi Kaca

Kolam Ikan Kaca

Sumber : Pinterest.com

Ingin tampilan kolam ikan lebih menawan? Coba kombinasikan kolam Anda dengan bahan kaca. Kolam jenis ini akan memberikan kesan mewah tanpa membutuhkan lahan yang luas. Selain itu, jenis kolam ikan berbahan kaca akan membuat Anda bisa melihat ikan kesayangan dari samping kolam.

Baca juga : 6 Jenis Tanaman Gantung Untuk Rumah yang Aesthetic dan Bermanfaat

Kolam Ikan Dengan Hiasan Persegi

Kolam Ikan Minimalis

Sumber : Pinterest.com

Untuk memberikan kesan minimalis dan modern pada kolam ikan, Anda bisa mendesain kolam dengan hiasan persegi yang tersusun di atas kolam. Ketika membuat kolam dengan konsep modern minimalis, padukan tampilan kolam dengan aksen garis atau persesegi empat. Hal ini bertujuan agar kolam terlihat unik tanpa tampilan yang berlebihan.

Desain Kolam Ikan Batu Alam

Kolam Ikan Batu Alam

Sumber : Pinterest.com

Desain kolam ikan batu alam merupakan salah satu jenis kolam yang paling banyak ditemui. Biasanya kolam model ini menjadi penghias di tengah taman hijau yang cantik. Untuk menyusunnya, Anda bisa meletakan berbagai jenis batu di sekeliling kolam. Hiasi juga dengan tumbuhan di sekitar kolam untuk memberikan kesan alami pada taman rumah.

Kolam Ikan di Tengah Taman Hijau

Kolam Ikan Taman

Sumber : Canva

Ingin menghias taman rumah? Cobalah untuk membuat kolam ikan di tengah taman hijau. Untuk desainnya, Anda bisa mencoba desain kolam ikan berbentuk lingkaran atau oval untuk memberikan kesan luas pada taman. Tak ketinggalan, hiasilah sekeliling kolam dengan tanaman cantik untuk menambah kesan asri di sekitar kolam.

Kolam Ikan Dengan Jembatan Kecil

Kolam Ikan Minimalis

Sumber : Pinterest.com

Inspirasi kolam ikan selanjutnya adalah dengan membuat jembatan kayu di tengah kolam. Jembatan kecil ini dapat Anda manfaatkan untuk menyebrang maupun duduk santai di tengah kolam. Biasanya desain kolam dengan jembatan kecil banyak digunakan di kolam dengan ukuran yang cukup besar dan luas.

Perpaduan Kolam Ikan Dengan Tempat Santai

Kolam Ikan Depan Rumah

Sumber : Pinterest.com

Jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas, cobalah untuk membuat tempat bersantai yang dipadukan dengan kolam ikan. Anda bisa mengakalinya dengan membuat area santai yang dikelilingi oleh kolam ikan. Tambahkan juga kursi serta meja kecil di area tersebut agar Anda bisa bersantai dengan nyaman.

Kolam Ikan Mewah Dengan Air Mancur Cantik

Kolam Ikan Mewah

Sumber : Pinterest.com

Air mancur merupakan salah satu pelengkap dari tampilan sebuah kolam. Keberadaan air mancur bisa menjadikan kolam ikan terlihat lebih mewah dan enak dipandang. Anda bisa mencoba desain kolam ikan mewah dengan air mancur yang mirip air terjun kecil. Kemudian susunlah menjadi beberapa tingkat agar semakin memberikan kesan cantik pada kolam.

Desain Kolam Ikan Depan Rumah Berbentuk Bunga

Desain Kolam Ikan

Sumber : Canva

Berkreasi dengan bentuk kolam ikan memang tiada habisnya. Untuk Anda yang menyukai tampilan kolam unik, Anda bisa mencoba bentuk kolam ikan dengan tampilan bunga dengan empat kelopak. Pada bagian pinggirnya, Anda juga bisa menghiasnya dengan menyusun batu-batu kecil di pinggir kolam.

Kolam Ikan Cantik Dengan Ukiran Tebing

Kolam Ikan Unik

Sumber : Pinterest.com

Konsep kolam ikan unik juga bisa Anda aplikasikan dengan mengadaptasi ukiran tebing di sekitar kolam. Untuk membuatnya, Anda bisa menyusun kolam ikan dengan bebatuan cantik berukuran besar. Konsep kolam ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias dengan ukuran besar.

Desain Kolam Ikan Segitiga

Desain Kolam Ikan

Sumber : Pinterest.com

Untuk memaksimalkan halaman rumah, Anda bisa mengakalinya dengan membuat kolam ikan berbentuk segitiga. Biasanya desain kolam cocok di sudut halaman rumah. Tampilan kolam ikan segitiga juga akan memberikan kesan unik dan tidak monoton pada tampilan halaman rumah Anda.

Kolam Ikan di Teras Rumah Dengan Sentuhan Kayu

Kolam Ikan Sederhana

Sumber : Pinterest.com

Bosan dengan tampilan teras rumah? Cobalah membuat kolam ikan dengan aksen kayu di sekitarnya. Aksen kayu di sekitar kolam akan memberikan kesan cantik dan natural pada halaman rumah Anda. Tambahkan juga hiasan bebatuan di sekitar kolam agar suasana taman tidak membosankan.

Itulah 15+ inspirasi desain kolam ikan super cantik yang bisa Anda buat di rumah. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan halaman besar, Anda bisa mencari rumah berkualitas dengan konsep Hook di Cari Properti. Rumah Hook menyediakan space tanah yang bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan taman maupun kolam ikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

15 Feb 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...