10 Panduan dan Tips Instalasi Listrik Rumah Tangga yang Aman

Riana08 Jan 2024

Instalasi listrik yang benar punya pengaruh besar terhadap kenyamanan Anda selama tinggal di rumah. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap kegiatan di rumah sangat bergantung pada listrik.

Masalah korsleting listrik sudah menjadi hal yang sering terjadi. Sambungan listrik yang berantakan, hingga kabel listrik yang hampir putus dapat menjadi penyebabnya. Resiko terburuknya, bisa-bisa rumah Anda kebakaran.

Karena itu, instalasi listrik rumah tangga yang benar sangat penting untuk diperhatikan agar kedepannya listrik dapat digunakan dengan baik dan nyaman.

Instalasi listrik rumah tangga adalah rangkaian yang digunakan untuk menyalurkan listrik ke alat-alat elektronik yang digunakan.

Instalasi listrik merupakan tanggung jawab Anda sebagai pemilik rumah. Tugas PLN hanya menyediakan listrik ke rumah Anda beserta meterannya saja. Kemudian, Anda lah yang harus merangkai saluran daya listrik PLN untuk berbagai kebutuhan, seperti lampu, colokan listrik, dan alat elektronik lainnya.

Ketika membangun atau merenovasi rumah, persoalan instalasi listrik pasti akan Anda temui. Karenanya, pahami dulu beberapa hal dasar berikut ini mengenai instalasi listrik rumah tangga.

 

Panduan Dasar Instalasi Listrik Rumah Tangga

1. Hitung Jumlah Ruangan dan Luas Total Rumah

instalasi listrik rumah tangga
(Sumber: freepik)

Hal paling awal yang perlu Anda ketahui adalah luas total rumah Anda. Jika Anda akan merenovasi rumah secara total, maka hitung luas rumah setelah renovasi selesai.

Ini dilakukan agar Anda dapat memperkirakan berapa meter kabel yang dibutuhkan. Tentunya, Anda pasti tidak ingin sampai salah dan membeli kabel yang terlalu pendek, bukan?

Penting juga untuk menghitung jumlah ruangan di rumah. Dengan begitu, Anda dapat memastikan berapa jumlah lampu yang dibutuhkan, jumlah saklar, steker, dan hal yang lainnya.

 

2. Buat Denah


(Sumber: freepik)

Alangkah lebih baik jika Anda dapat menggambarkan denah rumah sebagai gambaran saat akan melakukan instalasi listrik nanti. Membuat denah akan sangat membantu. Dengan adanya denah, Anda bisa memperkirakan di mana letak jalur listrik nantinya akan mengalir dan letak Miniature Circuit Breaker atau MCB.

Kemudian, baru Anda bisa menentukan tempat saklar dan steker. Dengan menggunakan denah, Anda juga bisa mengatur untuk penempatan steker dan saklar yang lebih mudah. Misalnya, menempatkan saklar lampu di dekat pintu, atau menempatkan steker di dekat meja kerja.

 

3. Ketahui Kebutuhan Daya Listrik

instalasi listrik rumah tangga
(Sumber: freepik)

Yang tidak kalah penting adalah mengetahui besaran daya listrik yang dibutuhkan. Daya listrik yang terlalu kecil bisa menyebabkan jeglek atau listrik putus secara tiba-tiba. Sedangkan apabila daya listrik terlalu besar, maka bayaran yang perlu Anda keluarkan juga lebih besar. Padahal, Anda bisa lebih menghemat dengan membayar daya listrik sesuai dengan yang dibutuhkan saja.

Semakin banyak alat elektronik yang digunakan, maka semakin besar juga daya listrik yang diperlukan. Tiap alat elektronik juga membutuhkan besaran daya yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu memperhitungkan itu semua.

 

Anda mungkin juga suka: 9 Cara Hemat Listrik di Rumah, Efektif Menurunkan Tagihan!

 

4. Gunakan Kabel SNI


(Sumber: unsplash)

Seperti hal lainnya, kabel yang digunakan untuk rumah Anda juga harus sudah mengikuti SNI atau Standar Nasional Indonesia. Selain kualitas baik yang dapat digunakan untuk waktu yang lama, kabel SNI juga telah memenuhi regulasi yang berlaku sehingga lebih aman digunakan.

 

5. Bagi Jalur dengan Tepat

instalasi listrik rumah tangga
(Sumber: freepik)

Pembagian jalur ini penting agar kabel tidak memiliki beban yang terlalu berat dan menimbulkan panas yang dapat menyebabkan kebakaran. Satu jalur listrik dapat digunakan maksimal untuk 8 titik stop kontak dan 12 titik lampu.

Penting juga untuk selalu memisahkan jalur listrik untuk perangkat rumah tangga yang membutuhkan daya lebih besar, seperti mesin cuci, AC, dan perangkat yang lainnya.

 

6. Grounding

Grounding adalah jalur kabel tersendiri yang dipasang menuju titik di tanah. Sistem ini berguna untuk menghilangkan beda potensial, seperti kebocoran arus listrik atau sambaran petir.

Grounding dipasang menggunakan sebuah elektroda khusus yang ditanam di dalam tanah. Dipasang di dalam tanah karena bumi memiliki massa dan volume yang besar, sehingga bisa menetralkan apabila ada muatan listrik terlalu besar.

Enam poin di atas merupakan panduan dasar dalam hal instalasi listrik di rumah Anda. Adapun beberapa tips instalasi listrik yang penting juga untuk Anda perhatikan.

 

Tips Instalasi Listrik Rumah Tangga

1. Jangan Langsung Hubungkan Listrik PLN

Maksudnya adalah Anda harus menyelesaikan instalasi listrik rumah hingga selesai seratus persen sebelum menghubungkannya dengan listrik dari PLN. Apabila Anda menghubungkan listrik terlebih dahulu atau sebelum instalasi listrik selesai dengan sempurna, maka berpotensi membahayakan Anda saat akan melanjutkan instalasi.

 

2. Letakkan MCB di Tiap Area

Agar Anda lebih nyaman selama tinggal di rumah, Anda bisa meletakkan MCB di tiap area berbeda yang menggunakan banyak alat elektronik, seperti dapur atau ruang lainnya.

Hal ini dilakukan agar jika ada yang jeglek, ruangan rumah yang lain tidak terpengaruh dan dapat tetap dialiri listrik dengan baik.

 

3. Lebihkan Besaran Daya Listrik

Penghitungan daya listrik yang dibutuhkan oleh rumah adalah hal penting yang harus dilakukan dengan teliti dan cermat.

Agar lebih aman, Anda bisa menambah daya listrik sebesar kurang lebih 30% dari perhitungan total. Ini dilakukan agar listrik tidak mudah jeglek saat Anda menggunakan beberapa alat elektronik yang digunakan sesekali, seperti mesin cuci, setrika, blender, dan lain-lain.

 

4. Kabel SNI Saja Tidak Cukup

Memilih kabel yang sudah lolos SNI memang penting. Namun, untuk keamanan yang maksimal, memilih kabel dengan logo SNI saja belum cukup.

Agar lebih terjamin, pilihlah merek kabel yang sudah terkenal dengan kualitas unggulannya. Perhatikan reputasi merek kabel yang Anda pilih.

 

Itu dia beberapa hal mendasar yang penting untuk Anda ketahui mengenai instalasi listrik rumah tangga. Demi keamanan dan kenyamanan, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala agar dapat memastikan jika ada kabel yang terkelupas atau bengkok.

Cari rumah baru di Tangerang? Temukan sekarang dengan CariProperti! Terpercaya dengan ribuan unit rumah di Tangerang, Jakarta, Bekasi, dan kota-kota lainnya. Kunjungi website resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

16 Sep 2022

10 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

12 Dec 2023

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

24 Aug 2023

9 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...