4 Jenis Kanopi Baja Ringan Ini Yang Paling Awet dan Populer

Rizkyanto29 Nov 2022

Jenis kanopi baja ringan memang banyak memiliki sekali keunggulan baik dari segi jenis maupun untuk rangka kanopi supaya lebih awet nantinya.  Kini banyak orang yang menginginkan adanya kanopi di rumah dengan alasan agar lebih aesthetic. Apakah kamu salah satu orang yang menginginkan adanya kanopi di rumah? jika iya simaklah artikel berikut ini supaya kamu tidak salah langkah dalam memilih jenis bahan yang tepat untuk kanopi kamu. 

Kanopi sendiri adalah atap yang dibuat terpisah dari atap bangunan utama yang terletak di luar area bangunan, banyak sekali bangunan yang menggunakan kanopi mulai dari rumah, perkantoran, ruko, hingga mall.

Berikut rekomendasi 4 jenis kanopi baja ringan untuk kamu.

1, Baja Ringan Kaso

jenis kanopi baja ringan

Jenis kanopi baja ringan yang pertama dan paling sering digunakan adalah baja ringan kaso, bahan baja ini dilapisi dengan campuran seng dan juga alumunium, kamu bisa menggunakan jenis baja kaso ini untuk membuat tiang penopang untuk kanopi kamu, bahannya yang ringan namun kokoh bisa dengan mudah membuat model kanopi yang kamu inginkan.

2. Baja Ringan Reng

jenis kanopi baja ringan

Rekomendasi berikutnya ada baja ringan reng, dengan ciri khas berbentuk trapesium dengan material yang terbuat dari seng, jika kamu memilih jenis baja ini untuk kanopi kamu maka kanopi kamu akan awet lho karena material yang terbuat dari seng hal ini akan memberikanmu keunggulan tersendiri karena akan tahan dari karat akibat perubahan cuaca. 

3. Baja Ringan Taso

jenis kanopi baja ringan

Selanjutnya ada baja ringan taso, jenis baja ini berbentuk huruf A, biasanya orang - orang memilih jenis baja ini untuk dipasang atau untuk menyusun rangka atap serta tiang utama dari sebuah bangunan. Kamu bisa memilih jenis baja ringan ini untuk pengikat material reng untuk dipasang sebagai kanopi, material baja ringan taso yang tipis juga akan memperindah kanopi kamu lho.

4. Besi Hollow Galvanis

jenis kanopi baja ringan

Rekomendasi jenis kanopi baja ringan yang terakhir ada besi hollow galvanis, jenis besi ini merupakan bagian dari jenis baja ringan taso yang memiliki rongga di tengahnya. Jenis besi ini mempunyai lapisan seng pada besi atau bajanya sehingga tidak mudah berkarat karena perubahan cuaca dan bisa membuat kanopi kamu semakin awet. 

Tips memilih kanopi 

Setelah kamu memutuskan jenis baja ringan mana yang paling pas dan cocok untuk kebutuhan kanopi kamu ada baiknya kamu simak tips memilih kanopi berikut ini.

  • Jangan asal pilih penyedia jasa pemasangan kanopi, pilihlan jasa pemasangan yang memang sudah berpengalaman dan sudah mempunyai banyak review bagus.
  • Pilihlah bahan baja ringan, karena bahan dari baja biasanya akan lebih awet dibandingkan dengan bahan lainnya.
  • Pilihlah bahan atap untuk kanopi kamu yang sesuai dengan kebutuhan, pilihlah bahan dengan kualitas bagus karena jika kualitasnya bagus maka kanopi kamu akan tahan lebih lama.
  • Sebelum memasang kanopi ada baiknya kamu mempertimbangkan lokasi pemasangan supaya pada saat pemasangan kanopi bisa di sesuaikan dengan ukuran dan bahannya.

Kelebihan baja ringan untuk kanopi

  • Baja ringan biasanya akan lebih awet karena jenis baja bisa lebih tahan dari perubahan cuaca yang bisa menyebabkan karat dan anti rayap.
  • Jenis kanopi dengan baja ringan akan membuat pemasangan lebih mudah.
  • Bisa melindungi bangunan utama dari hujan maupun panas serta dapat menambah. nilai aesthetic dari sebuah bangunan.
  • Pemasangan kanopi tidak perlu membutuhkan waktu yang lama.
  • Kanopi dengan baja ringan tidak mudah memuai dan mengalami penyusutan.
  • Kanopi baja ringan bisa lebih ramah untuk lingkungan.

Fungsi dari kanopi

  • Mempunyai kanopi di rumah bisa jadi penghalang cuaca seperti panas dan hujan agar tidak terkena langsung ke bangunan utama.
  • Dapat memberikan suasana yang sejuk dan teduh.
  • Bisa membuat rumah lebih bagus dan lebih aesthetic, apalagi jika kamu memilih design kanopi yang unik dan menarik.
  • Bisa menghemat biaya lho, karena harga material dari kanopi tidak terlalu mahal dan bisa bertahan lebih lama.

Rekomendasi model kanopi yang paling populer

Berikut rekomendasi model kanopi untuk kamu yang paling populer dan bisa kamu terapkan untuk design kanopi kamu 

1. Kanopi baja ringan yang sederhana

Jenis kanopi baja ringan

2. Kanopi baja ringan yang tanpa tiang

Jenis kanopi baja ringan

3. Kanopi baja ringan dengan mebrane

Jenis kanopi baja ringan

4. Kanopi baja ringan dengan spandek transparan

Jenis kanopi baja ringan

5. Kanopi baja ringan tiang dengan bentuk ‘A’

Jenis kanopi baja ringan

6. Kanopi baja ringan yang minimalis tiga tiang

jenis kanopi baja ringan

7. Kanopi baja ringan dengan atap kayu

jenis kanopi baja ringan

8. Kanopi baja ringan dengan model laser cut

jenis kanopi baja ringan

9. Model kanopi yang beratap kaca

jenis kanopi baja ringan

Nah itu dia tadi rekomendasi 4 jenis kanopi baja ringan yang paling sering digunakan, jika kamu sedang mencari rumah dengan model kanopi yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa cek CariProperti karena disana banyak sekali pilihan properti terbaik seperti rumah dengan harga yang terjangkau lho. 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...