12 Kelebihan Panel Surya dan Kekurangannya Serta Manfaatnya!

Rizkyanto17 Jul 2023

Kini trend rumah modern yang menggunakan panel surya sudah banyak tersedia di kota-kota besar, hal ini bisa terjadi karena banyak sekali lho kelebihan panel surya ini dibandingkan dengan penggunaan listrik biasa, jadi mulai banyak nih masyarakat yang beralih ke panel surya sebagai sumber listrik.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memasang panel surya ini dirumah, maka kamu harus tahu terlebih dahulu manfaat serta kelebihan dan kekurangan dari panel surya ini. 

Namun jika kamu masih bingung sebenarnya apa sih panel surya itu dan kenapa kini bisa menjadi trend, tenang dalam artikel berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai panel surya. So check this out!

Apa itu panel surya?

kelebihan panel surya

Sumber : nusantaranews.co

Panel surya pada dasarnya adalah sebuah alat yang bisa mengubah cahaya matahari menjadi listrik, panel surya ini harus dijaga dan perlu dilindungi dari kelembaban dan juga kerusakan sehingga fungsi dari panel surya ini bisa lebih efektif dan bisa bertahan lebih lama. Panel surya ini bisa bertahan sampai 20 tahun lho.

Jika kamu menggunakan panel surya kamu akan mendapat energi bersih karena didapat langsung dari sumber energi yang melimpah dari matahari, selain itu dengan menggunakan panel surya kamu bisa menghemat listrik di rumah kamu juga.

Manfaat panel surya 

Panel surya tentu memiliki sejumlah manfaat mengingat sumber energinya langsung dari sinar matahari apalagi untuk kebutuhan rumah, berikut sejumlah manfaat dari panel surya : 

  • Dengan menggunakan panel surya kamu bisa lebih hemat karena panel surya tidak memerlukan bahan bakar.
  • Pemasangan panel surya pun flexible artinya kamu bisa memasang panel surya ini dimana saja sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kamu. 
  • Penggunaan panel surya ini dapat dilakukan secara otomatis
  • Pemakaian panel surya juga bisa diaplikasikan dan disesuaikan dengan area rumah yang memang membutuhkan aliran listrik.

Kelebihan panel surya  

Kamu ingin memasang panel surya ini sebagai salah satu alternatif aliran listrik untuk rumah kamu? eits sebelum memasang panel surya kamu tentu harus tahu kelebihan dari panel surya ini bukan? tenang berikut 7 kelebihan panel surya untuk rumah kamu : 

1. Sumber energi terbaru selain listrik

Panel surya ini bisa menjadi sumber energi terbaru untuk rumah kamu lho, karena seperti yang kita tahu kalau panel surya ini mendapatkan energinya langsung dari sinar matahari yang tentunya energinya tidak akan habis berbeda dengan listrik biasa yang bisa habis.

2. Dapat mengurangi tagihan listrik

Nah kelebihan yang satu ini nih yang membuat masyarakat kini mulai beralih dari listrik ke panel surya karena panel surya ini dapat mengurangi tagihan listrik kamu lho karena kamu akan mendapatkan sebagian energi dari matahari, sehingga tagihan listrik kamu pun akan menurun.

3. Bisa untuk penggunaan yang beragam

Dengan menggunakan panel surya kamu bisa memanfaatkan energinya untuk berbagai keperluan dan tujuan, kamu bisa menggunakan panel surya untuk area yang memang belum sepenuhnya terjangkau oleh listrik, bahkan energi dari panel surya ini bisa kamu gunakan ketika sedang mati lampu lho.

4. Biaya pemeliharaan yang rendah

Panel surya tidak membutuhkan biaya pemeliharaan tidak seperti sumber listrik lain, bahkan bisa dibilang kalau panel surya ini tidak membutuhkan biaya perawatan, kamu hanya perlu membersihkannya saja agar panel surya kamu bisa bertahan lama.

5. Ramah lingkungan

Panel surya yang menghasilkan tenaga surya matahari tentu akan sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca setelah pemasangan, hal ini bisa terjadi karena energi yang dipancarkan oleh sinar matahari dan diterima oleh panel surya adalah energi yang bersih. 

6. Lebih aman dipakai daripada menggunakan listrik

Kelebihan lainnya dari panel surya ini ternyata lebih aman kalau dibandingkan kamu menggunakan listrik konvensional, jadi kamu bisa tenang dalam menggunakan panel surya ini untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk memasakan air, pembangkit listrik, maupun untuk mobil listrik.

7, Bisa meningkatkan nilai properti

Ternyata panel surya ini bisa meningkatkan nilai properti rumah kamu lho, karena biasanya rumah yang memiliki panel surya akan mempunyai harga yang tinggi.

Kekurangan panel surya

Kalau ada kelebihan tentu pasti ada kekurangan juga bukan, kalau tadi kita sudah membahas kelebihan dari panel surya, nah sekarang waktunya kita membahas kekurangan dari panel surya ini. Berikut sudah dirangkum 5 kekurangan dari panel surya : 

1. Biaya pemasangan mahal

Kelemahan yang pertama yaitu biaya pemasangan panel surya ini cukup terbilang mahal karena banyak komponen yang harus dipersiapkan mulai dari inverter, baterai, kabel, dan juga untuk memasang panel surya.

2. Penggunaan tergantung dari cuaca

Seperti yang kita tahu kalau sumber energi dari panel surya ini berasal dari matahari, ketika cuaca sedang mendung dan tidak terdapat sinar matahari tentu penggunaan dari panel surya tidak bisa efektif.

3. Membutuhkan banyak ruang

Semakin banyak listrik yang kamu butuhkan dan inginkan tentu semakin banyak pula panel surya yang kamu perlukan, maka dari itu jika ingin menghasilkan banyak listrik kamu perlu banyak ruang terutama di bagian atap rumah untuk menampung energi yang kamu butuhkan dan gunakan nantinya.

4. Penyimpanan energi surya yang mahal

Maksud dari penyimpanan energi surya yang mahal ini adalah kamu memerlukan baterai yang besar untuk menampung energi dari sinar matahari yang kamu dapatkan pada siang hari dan bisa kamu gunakan pada malam hari, nah penggunaan baterai yang besar inilah yang cukup mahal.

5. Bisa merusak atap rumah

Pemasangan panel surya tentu akan sangat bisa merusak atap rumah kamu lho, apalagi jika kamu memasang panel surya dalam jumlah yang banyak. Pemasangan panel surya yang tidak tepat tentu akan meninggalkan bekas lubang pada atap rumah yang bisa menyebabkan kebocoran.

Nah itu dia tadi manfaat serta kelebihan panel surya dan kekurangannya, jika kamu sedang mencari rumah yang ada panel suryanya kamu bisa cek di CariProperti lho, karena banyak sekali pilihan properti dengan kualitas terbaik dan juga harga yang terjangkau. Yuk buruan cek sekarang juga!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...