10 Inspirasi Lampu Plafon Minimalis, Bikin Rumah Makin Cantik

Riana30 Jan 2023

Lampu plafon sering kali menjadi sumber cahaya utama di dalam sebuah ruangan. Umumnya, orang hanya akan menggunakan bohlam lampu biasa. Tapi, Anda bisa mencoba berkreasi dan mengganti lampu plafon Anda dengan desain yang lebih modern, loh!

Lampu kini tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, tetapi juga untuk mempercantik ruangan. Bentuknya semakin beragam dan bervariasi, membuatnya menjadi dekorasi yang eye-catching.

Nah, kalau Anda mencoba untuk merubah suasana di rumah dengan mendekorasi ulang ruangan, Anda bisa mencoba inspirasi lampu plafon minimalis berikut ini!

 

1. Lampu Plafon dengan Desain yang Experimental

lampu plafon minimalis

(Sumber: homesandgardens.com)

Desain lampu yang tidak biasa ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari lampu plafon. Meski terlihat simple, dengan desainnya yang out of the box, lampu plafon yang satu ini tetap terlihat eye-catching.

Anda bisa menggabungkan lampu plafon ini dengan desain ruangan minimalis bertema industrial dan warna stone.

 

2. Lampu Plafon ala Spotlight

(Sumber: nobroker.in)

Model lampu plafon yang satu ini memang mirip-mirip dengan bentuk lampu sorot yang biasa Anda temukan di teater atau tempat konser. Dengan ukuran yang lebih kecil, lampu plafon model ini juga cocok untuk di rumah Anda, loh!

Namun, pencahayaan yang dihasilkan mungkin memang tidak sebesar lampu plafon pada umumnya. Lampu plafon model ini kurang cocok untuk dijadikan sebagai sumber cahaya utama ruang keluarga Anda yang besar.

Jadi, Anda bisa menggunakan lampu yang satu ini di dalam walk-in closet, ruang kerja, ruang baca, atau ruangan lain yang ukurannya tidak terlalu besar.

 

3. Lampu Plafon Gantung Minimalis yang Rendah

lampu plafon minimalis

(Sumber: nobroker.in)

Lampu plafon gantung sudah sangat banyak macamnya. Tapi lampu plafon gantung yang satu ini sedikit berbeda karena dipasang lebih rendah dari lampu plafon gantung lainnya.

Karena lebih rendah, lampu plafon ini juga hanya menghasilkan cahaya yang lebih sedikit. Desainya yang sederhana dan cahaya yang minim membuat lampu plafon ini cocok untuk Anda yang menginginkan konsep ruangan minimalis.

Anda mungkin tidak bisa menggunakan lampu ini sebagai penerangan utama ruangan, namun Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan cahaya. Anda bisa meletakannya di atas meja makan keluarga.

 

4. Lampu Plafon dengan Unsur Tradisional

(Sumber: homesandgardens.com)

Menggabungkan unsur tradisional pada ruangan rumah Anda yang memiliki konsep modern minimalis bukan ide yang buruk, loh! Model lampu plafon gantung yang satu ini mungkin akan sedikit mengingatkan Anda pada era abad pertengahan, namun masih memiliki unsur yang modern.

Gabungan konsep keduanya membuat lampu plafon ini terkesan lebih otentik yang artistik.

 

5. Lampu Plafon Minimalis LED

lampu plafon minimalis

(Sumber: nobroker.in)

Anda mungkin bisa hanya menggunakan satu lampu sebagai sumber cahaya pada ruang keluarga. Berbeda dengan dapur. Meski ukuran ruang keluarga dan dapur Anda sama, dapur lebih membutuhkan cahaya hampir di setiap sudutnya.

Ini karena tidak seperti ruang keluarga di mana Anda hanya duduk bersantai di titik yang sama, ketika Anda memasak di dapur, Anda menggunakan hampir keseluruhan bagian dapur dan bukan hanya di satu titik saja.

Karena itu, jika dapur Anda berukuran cukup besar, Anda bisa memberikan penerangan yang lebih maksimal untuk dapur.

Tidak perlu menggunakan beberapa lampu yang besar. Cukup gunakan lampu plafon minimalis LED di beberapa titik saja dan dapur Anda akan terlihat lebih minimalis, modern, dan tentunya lebih terang.

 

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah Tanpa AC

 

6. Lampu Plafon Minimalis Lingkaran

(Sumber: ruanginspiratif.com)

Lampu plafon dengan LED berbentuk lingkaran ini bisa membuat kamar tidur Anda jadi terlihat lebih modern dan cantik. Desainnya yang sederhana memberikan sentuhan yang lebih minimalis untuk ruangan Anda.

Anda bisa menggunakan warna lampu LED warm white untuk semakin memberikan kesan hangat dan kalem di dalam kamar. Waktu tidur Anda jadi semakin nyaman, deh!

 

7. Lampu Plafon Bentuk Awan

lampu plafon minimalis

(Sumber:amazon.com)

Bicara soal lampu pada kamar tidur, lampu plafon yang satu ini cocok untuk Anda gunakan pada kamar tidur anak. Bentuknya yang menyerupai awan membuat lampu plafon ini sangat unik.

Dipadukan dengan warna pastel yang kalem, kamar anak Anda jadi terlihat lebih cute tanpa aksesoris yang terlalu berlebihan.

 

8. Lampu Plafon LED Strip

(Sumber: pinterest.com)

Ide lain untuk penerangan pada kamar tidur adalah dengan menggunakan lampu LED strip. Lampu LED strip yang diletakan pada plafon akan memberikan kesan yang modern pada ruangan. Selain itu, desainnya yang simple juga cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan minimalis.

Tidak hanya untuk kamar tidur. Lampu plafon dengan menggunakan LED strip juga cocok untuk ruangan lain seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Jika Anda rasa cahaya yang dihasilkan kurang, Anda dapat menambahkan beberapa lampu kecil di sekitar LED strip.

 

9. Lampu Plafon untuk Lorong

lampu plafon minimalis

(Sumber: nobroker.in)

Anda tidak memerlukan lampu yang terlalu besar untuk penerangan pada lorong di rumah. Cukup gunakan beberapa lampu dengan ukuran yang lebih kecil di sepanjang plafon lorong.

Desain lampu plafon ini cocok untuk Anda yang tidak ingin menginginkan model lampu yang terlalu ramai. Bentuknya yang kotak sederhana dengan cahaya minim yang dihasilkannya memberikan kesan minimalis pada rumah Anda.

 

10. Lampu Plafon dengan Kap Sederhana

(Sumber: homesandgardens.com)

Tidak perlu desain macam-macam untuk menciptakan ruangan yang lebih cantik. Menggunakan kap lampu sederhana dengan satu warna polos pun dapat memperindah ruangan di rumah Anda.

Gunakan warna kap lampu yang senada dengan warna cat dan interior ruangan yang Anda gunakan. Ukuran yang Anda gunakan pun tidak perlu terlalu besar agar tidak terlalu mengganggu pandangan.

 

Desain-desain lampu plafon minimalis di atas dapat menjadi inspirasi ketika Anda akan ingin mendekorasi ulang rumah dan mencari suasana baru, atau bahkan ketika Anda baru akan menempati rumah yang baru Anda beli.

Temukan rumah yang tepat untuk Anda dengan CariProperti. Ribuan unit rumah dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Kunjungi website resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...