7 Kelebihan Tinggal di Bogor yang Tidak Kalah Dengan Jakarta

Riwidhianto21 Dec 2023

Kota Bogor selalu menjadi incaran bagi para peminat properti yang sedang mencari tempat tinggal. Selain lokasi yang strategis dan mudah untuk diakses, faktor lingkungan juga menjadi poin penentu ketika memilih Bogor. Kota Bogor yang identik dengan ruang terbuka hijau menjadi salah satu kelebihan tinggal di Bogor.

Terdapat banyak sekali kelebihan tinggal di Bogor yang menjadi keunggulan tersendiri. Keunggulan ini bisa menjadi faktor pertimbangan bagi para peminat properti yang tertarik tinggal di Bogor. Kenyamanan dan strategisnya kota Bogor akan sangat mendukung sekali untuk tinggal bersama keluarga tercinta.

Nah, banyak sekali alasan yang membuat kota Bogor menjadi tempat tinggal terbaik. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi kelebihan kota Bogor dibandingkan kota lainnya.

Kelebihan Tinggal di Bogor

1. Akses transportasi sangat mudah

Sumber : Kompas.com

Hal yang pertama muncul ketika sedang mencari tempat tinggal tentu saja apakah dapat dengan mudah untuk diakses. Seperti yang diketahui, kota Bogor berdampingan langsung dengan kota DKI Jakarta. Akses untuk menuju kota Bogor saat ini dapat dengan mudah untuk diakses baik dari kota Jakarta maupun Tangerang Selatan.

Infrastruktur yang terus berkembang dapat mendukung mobilisasi para penghuni kota Bogor. Seperti terdapat transportasi KRL Commuter Line yang memiliki tarif sangat terjangkau. Lalu ada akses jalan Tol Jagorawi yang menghubungkan langsung kota Jakarta. Dengan tersedianya akses tersebut, menjadikan bagi para kaum urban yang berkantor di Jakarta atau Tangerang Selatan akan semakin mudah dan cepat.

2. Harga lebih terjangkau

Harga properti tiap tahunnya memang akan selalu meningkat. Namun, jika membandingkan kota Jakarta dan kota Bogor tedapat perbedaan harga yang cukup jauh. Dengan harga properti di Jakarta yang terhitung mahal, banyak peminat properti yang mengincar kota satelit sekitarnya. Salah satu kota tujuan bagi para kaum urban adalah kota Bogor.

Kota Bogor terkenal dengan lingkungannya yang masih asri dan lokasi strategis. Masih dapat ditemukan properti di kota Bogor dengan rentang harga dikisaran 700 Jutaan, seperti cluster Hanalei di Citra Sentul Raya. Hal ini menjadi keunggulan tinggal di Bogor, karena bisa mendapatkan hunian yang cenderung lebih murah dibandingkan kota Jakarta.

3. Lingkungan sejuk dan asri

Kelebihan tinggal di Bogor selanjutnya adalah masih bisa menikmati lingkungan yang sejuk dan asri. Perlu diketahui, bahwa letak geografis kota Bogor berada di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Sehingga tidak heran jika kualitas udara di kota ini masih bagus dan sangat sejuk.

Kemudian, lalu lintas kota Bogor juga tidak seramai di kota Jakarta. Berpengaruh kepada tingkat polusi yang lebih rendah dibandingkan kota Jakarta. Masyarakat Bogor juga masih bisa menikmati pemandangan alam yang indah disekelilingnya. Salah satu kawasan hunian yang bisa menjadi rekomendasi adalah Summarecon Bogor.

4. Bebas dari banjir

Sering kali faktor bencana alam dilupakan ketika survei lokasi untuk tempat tinggal. Padahal faktor ini juga sangat krusial dan akan berdampak langsung kepada properti kita. Bencana yang sering terjadi adalah Banjir. Kota Jakarta yang salah satu kota terkenal dengan banyaknya titik lokasi langganan banjir.

Berbeda dengan kota Bogor yang secara letak geografis berada di dataran tinggi. Menjadi kelebihan tinggal di Bogor karena lebih aman dari ancaman banjir. Walaupun kota Bogor disebut kota hujan, namun jarang sekali terjadi banjir di kota ini. Masih banyaknya daerah resapan di kota Bogor juga menjadi faktor pendukung kota ini bebas dari banjir.

5. Banyak destinasi wisata

Hal selanjutnya yang juga bisa menjadi kelebihan kota Bogor adalah banyaknya destinasi wisata. Banyak sekali wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi kota Bogor, salah satunya adalah warga Jakarta. Destinasi wisata di kota Bogor menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Destinasi wisata favorit di kota Bogor antara lain adalah Kebun Raya Bogor, Taman Safari Indonesia Indah (TMII), Taman Wisata Gunung Pancar, Jungle Land, serta masih banyak wisata alam seperti curug dan air terjun lainnya. Selain itu,wisata kuliner di kota Bogor juga sangat menarik dan dapat dimasukkan ke dalam list destinasi Anda.

6. Fasilitas umum sangat lengkap

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari tentu saja perlu didukung dengan ketersediaan fasilitas umum yang memadai. Fasilitas umum yang tersedia bisa pusat perbelanjaan, rumah sakit, intansi pendidikan, serta transportasi publik. Kota Bogor sendiri memiliki kelebihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para penghuni dengan mudah.

Terdapat pusat perbelanjaan seperti Bogor Indah Plaza, Botani Square, Lippo Plaza, Bogor Trade Mall, Citiplaza Bogor, dan minimarket lainnya. Untuk fasilitas kesehatan terdapat RSUD Kota Bogor, RS Hermina, RSU Bogor Medical Center, serta apotek dan klinik lainnya. Instansi pendidikan di Bogor juga sangat bagus, seperti Intitut Pertanian Bogor, Universitas Pakuan, SMAN 2, Sekolah Regina Pacis, dan lainnya.

7. Biaya Lifestyle lebih murah

Kelebihan tinggal di Bogor yang terakhir adalah biaya gaya hidup atau lifestyle jauh lebih murah jika dibandingkan dengan di Jakarta. Walaupun tidak selalu terjadi, namun gaya hidup konsumtif sangat melekat di kota metropolitan seperti Jakarta. Berbeda dengan kota Bogor, seperi pada coffee shop serta kuliner nya pun tidak semahal di Jakarta.

__

Sekian artikel mengenai kelebihan tinggal di Bogor. Melalui artikel ini, bisa menjadi pertimbangan untuk memilihnya sebagai lokasi tempat tinggal Anda.

Bagi anda yang tertarik dan ingin informasi lebih lanjut mengenai Rumah di Bogor, Anda dapat mengunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan unit rumah berkualitas yang dibangun developer ternama.

Selain di Bogor, Anda juga bisa menemukan cluster perumahan berkualitas di Tangerang dan Jakarta Selatan hanya di Cari Properti!

 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...