15 Inspirasi dan Rekomendasi Furniture Ruang Kantor di Rumah

Riana05 Feb 2024

Pandemi mengharuskan kita untuk mengubah kebiasaan. Semua harus dilakukan di rumah karena pembatasan sosial dengan skala yang besar. Karyawan kantoran pun mau tidak mau harus bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) memang mulai marak dilakukan semenjak pandemi berlangsung. Namun, ternyata hingga kini pun masih ada juga beberapa perusahaan yang menerapkan sistem kerja hybrid working yang memungkinkan karyawannya untuk bekerja jarak jauh dan di kantor.

Jika Anda adalah salah satunya, tidak ada salahnya untuk membuat ruang kerja di rumah. Tidak perlu terlalu besar, asal nyaman, Anda bisa jadi lebih produktif. Berikut beberapa inspirasi desain ruang kerja di rumah yang bisa menjadi referensi Anda!

Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah

1. Ruang Kerja Meja Bentuk L

ruang kerja di rumah
(Sumber: pinterest)

Jika Anda memanfaatkan salah satu sudut ruangan atau menggunakan ruangan kecil yang tidak terpakai, memasang meja L bisa membantu Anda untuk menambah tempat bekerja Anda.

Dibanding memasang meja biasa, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasang meja yang menempel di dinding seperti ambalan. Akan tetapi, pertimbangkan juga kekuatannya karena nantinya akan Anda gunakan untuk menahan benda-benda yang berat seperti komputer, laptop, printer, dan yang lainnya.

 

2. Ruang Kerja Nuansa Hijau


(Sumber: pinterest)

Warna hijau dan warna-warna earth tone memang bisa memberikan kesan yang lebih tenang. Warna-warna ini juga cocok untuk digunakan pada ruang kerja.

Kombinasikan warna hijau pada dinding dengan warna cokelat dari meja, serta kursi kerja dengan warna yang senada juga.

Anda bisa juga membuat meja berada di sisi ruangan dengan jendela yang menghadap ke luar. Melihat aktivitas di luar bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas.

 

3. Ruang Kerja Tema Gelap

ruang kerja di rumah
(Sumber: thespruce.com)

Penggunaan warna-warna gelap pada suatu ruangan biasanya memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan. Untuk memberikan tekstur pada ruangan, Anda bisa menggunakan meja kerja dengan rak yang menempel di dinding.

Jangan lupa juga untuk memastikan pencahayaan ruangan baik karena ruangan didominasi oleh warna gelap.

 

4. Ruang Kerja Minimalis dengan Window Seat


(Sumber: instagram.com/vickyfrostdesign)

Desain ruang kerja minimalis yang satu ini cocok untuk Anda yang menyukai konsep clean look. Konsep ini juga cocok untuk Anda dengan ruang kerja di rumah yang berukuran kecil. Karena minimalis dan tidak banyak memiliki barang, Anda tidak akan stress karena ruangan terasa sumpek.

Agar semakin nyaman, Anda bisa menambahkan window seat di jendela. Ketika pegal atau lelah bekerja, Anda bisa duduk bersantai sambil melihat halaman luar.

 

5. Ruang Kerja dengan Sofa Minimalis

ruang kerja di rumah
(Sumber: pinterest)

Ruang kerja Anda tidak memungkinkan untuk dipasang window seat? Tenang saja. Anda tetap bisa bersantai sebentar saat bekerja dengan meletakkan sofa di salah satu sisi ruangan.

Sofa yang digunakan tidak harus terlalu besar agar tidak terkesan bulky yang justru membuat ruang kerja Anda terasa penuh. Terlebih jika ruang kerja Anda di rumah lebih sempit. Gunakan sofa dengan desain yang minimalis dan warna yang senada dengan cat dinding.

 

Anda mungkin juga suka: 8 Karakteristik Rumah Post Pandemi Lengkap Dengan Contohnya

 

6. Ruang Kerja Sekaligus Home Library


(Sumber: idei.club)

Para pecinta buku bisa contek desain yang satu ini! Menggabungkan meja kerja di rumah dengan rak buku yang tinggi dan besar bisa memberikan fungsi ganda untuk ruangan Anda. Selain berperan sebagai ruang kerja, ruangan itu juga bisa Anda gunakan sebagai perpustakaan pribadi.

Untuk memberikan kenyamanan saat Anda membaca buku, Anda bisa menambahkan sofa atau window seat.

 

7. Ruang Kerja dengan Nuansa Kayu

ruang kerja di rumah
(Sumber: archdaily.com)

Nuansa kayu bisa dicoba untuk Anda yang menginginkan suasana ruang kerja yang lebih kalem dan tenang. Furniture kayu hingga lantai dengan nuansa yang sama membuat ruang kerja Anda terlihat lebih santai tanpa menghilangkan unsur modernnya.

 

8. Ruang Kerja Kecil untuk Dua Orang


(Sumber: pinterest)

Anda membutuhkan ruang kerja untuk dua orang, namun ruangan yang Anda miliki terlalu sempit? Bukan masalah!

Jika Anda membuat ruang kerja di rumah yang diperuntukkan untuk dua orang, hanya gunakan salah satu sisi dindingnya yang panjang untuk tempat meja. Dengan meletakkan kedua meja pada sisi yang sama, ruang gerak Anda jadi lebih luas.

Jangan meletakkan meja berseberangan karena nantinya akan membatasi ruang gerak kursi tempat Anda duduk. Anda bisa menggunakan sisi yang dibelakangi oleh kursi sebagai rak untuk meletakkan buku, alat tulis, kertas HVS, maupun peralatan yang lainnya.

 

9. Ruang Kerja di Kamar Tidur

ruang kerja di rumah
(Sumber: goodhousekeeping.com)

Siapa bilang ruang untuk kerja di rumah harus berupa ruangan terpisah? Apabila tidak ada ruangan yang tidak terpakai di rumah Anda, kamar tidur bisa menjadi tempat untuk ruang kerja Anda.

Meja yang digunakan juga tidak perlu terlalu besar, asal cukup untuk Anda bekerja. Selain itu, pastikan juga agar meja tidak memakan terlalu banyak space dan mengurangi ruang untuk furniture kamar tidur yang lain.

 

10. Ruang Kerja dengan Pencahayaan Alami


(Sumber: behance.net)

Cahaya alami dari matahari memang baik untuk kesehatan Anda. Membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruang kerja di rumah Anda juga bisa menciptakan suasana yang lebih rileks.

Agar sinar matahari yang masuk tidak menghalangi layar laptop atau komputer Anda, letakkan meja dekat jendela dengan posisi layar komputer membelakangi sumber cahaya.

 

Furniture yang Harus Anda Miliki pada Ruang Kerja di Rumah

Selain memilih inspirasi desain yang tepat, penting juga untuk memilih furniture yang cocok untuk ruang kerja di rumah Anda. Furniture di ruang kerja tidak perlu terlalu banyak. Cukup gunakan beberapa furniture yang paling esensial saja agar ruang kerja Anda tidak terasa terlalu penuh.

Berikut ini beberapa rekomendasi furniture untuk ruang kerja di rumah Anda yang bisa menjadi referensi.

1. Kursi Kerja

furniture ruang kerja di rumah
(Sumber: freepik)

Kursi memang sudah pasti jadi furniture paling penting di ruang kerja. Karena Anda akan menggunakannya setiap hari, maka memilih kursi untuk kerja harus tepat. Jangan sampai ada ketidaknyamanan yang Anda abaikan pada saat beli karena nantinya akan berpengaruh panjang.

 

2. Meja Kerja


(Sumber: unsplash)

Selain kursi, tentunya furniture paling penting yang selanjutnya adalah meja. Tanpa kursi dan meja, Anda tidak bisa bekerja.

Pilih meja yang kokoh dan tidak ringkih agar lebih tahan lama meski Anda menggunakannya setiap hari. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan meja biasa atau meja model ambalan. Perhatikan juga apakah meja memiliki laci atau tidak untuk membantu Anda menyimpan berbagai peralatan tulis.

 

3. Lemari Arsip

furniture ruang kerja di rumah
(Sumber: autonomous.ai)

Seperti di kantor pada umumnya, lemari arsip juga tidak kalah penting di ruang kerja rumah Anda. Perannya pun sama, yaitu untuk menyimpan berbagai dokumen atau berkas yang penting agar dapat tersimpan lebih rapi.

 

4. Rak Buku


(Sumber: pinterest)

Rak buku di ruang kerja tidak hanya berperan untuk menampung buku atau majalah saja. Rak buku juga bisa membantu Anda untuk merapikan berbagai dokumen atau yang lainnya. Anda juga bisa meletakkan kotak-kotak penyimpanan untuk merapikan barang-barang kecil yang berserakan di atas meja kerja.

 

5. Laptop Stand

furniture ruang kerja di rumah
(Sumber: oakywood.shop)

Ukuran laptop yang kecil agak menyulitkan bagi sebagian orang untuk menatap layar dan mengetik dalam jangka waktu yang lama. Karenanya, postur dalam menggunakan laptop pun jadi membungkuk dan ini dapat berakibat buruk.

Jika Anda memiliki masalah yang sama, maka penting untuk Anda memiliki laptop stand. Laptop stand memungkinkan Anda untuk dapat melihat layar laptop dengan sudut pandang yang lebih tegal.

Anda juga bisa membeli keyboard eksternal tambahan yang lebih besar dari keyboard laptop, sehingga tangan tidak cepat terasa pegal saat mengetik.

Inspirasi ruang kerja di rumah yang telah terpapar di atas dapat menjadi referensi Anda yang masih sering bekerja dari rumah. Ruang kerja lebih nyaman, kerja pun jadi lebih produktif.

Cari rumah baru? Temukan dengan CariProperti! Terpercaya carikan rumah terbaik dengan ruang kerja maupun tipe lainnya untuk Anda dan keluarga. Kunjungi website CariProperti sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...