15 Tips Ruang Tamu Minimalis Mewah yang Megah dan Classy

Riana26 Jan 2023

Ketika teman dan kerabat datang ke rumah, hal yang pertama dilihat ketika masuk ke rumah adalah ruang tamu. Ruangan yang satu ini menjadi ruangan pertama yang menyambut tamu ketika melewati pintu masuk.

Jadi, tak heran jika terkadang ruang tamu mendapat perhatian khusus dalam hal estetika dibandingkan dengan ruangan lain di dalam rumah. Sebagai pemilik rumah, tentunya Anda tidak ingin memberikan kesan buruk ketika ada tamu yang berkunjung.

Beberapa orang menggunakan furniture dan dekorasi yang mewah agar ruang tamu terlihat lebih luxurious. Sebagian lain lebih memilih konsep minimalis yang identik dengan clean look.

Konsep mewah dan minimalis mungkin terlihat bertolak belakang. Namun, dengan penataan yang tepat, Anda bisa mendapatkan ruang tamu yang minimalis dan tetap terlihat mewah, loh!

Karena itu, Cari Properti punya beberapa tips untuk menyulap ruang tamu jadi terlihat minimalis dan mewah!

Tips Ruang Tamu Minimalis Mewah

1. Jendela yang Besar

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: homesandgardens.com)

Jendela yang berukuran besar tidak hanya memberikan kesan yang minimalis, tetapi juga mewah. Terlebih jika rumah Anda memiliki plafon yang tinggi.

Selain mempercantik ruang tamu, jendela yang besar juga memaksimalkan sinar matahari yang masuk.

Anda bisa menggunakan jendela dengan tralis, atau hanya gunakan kaca besar polos agar ruang tamu terlihat lebih elegan. Untuk penutup jendela, Anda dapat menggunakan vitrase transparan, gorden panjang, atau tirai gulung dengan warna senada dengan interior ruang tamu Anda.

2. Rak Dinding yang Tinggi

(Sumber: thespruce.com)

Selain jendela berukuran besar, Anda bisa juga menggunakan sisi dinding yang lain untuk rak dinding yang tinggi. Dengan rak dinding yang tinggi, Anda tidak perlu membeli rak atau lemari tambahan yang justru akan memakan space ruangan dan membuatnya jadi lebih sempit.

Beberapa buku, majalah, atau ornamen yang kecil dapat Anda letakan di rak dinding ini. Anda bisa memilih model rak dinding yang simple dan tidak terlalu ramai. Gunakan warna yang senada dengan warna interior ruang tamu Anda.

3. Warna Gelap untuk Kesan yang Lebih Mewah

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: decorilla.com)

Kombinasi warna hitam dan putih memang banyak digemari hampir dalam segala aspek, termasuk dalam hal desain interior rumah. Meski warna gelap cenderung dihindari, terutama untuk rumah berukuran kecil, namun dengan penataan yang tepat, warna gelap akan memberikan kesan yang lebih mewah untuk ruang tamu Anda.

Anda bisa menggunakan warna hitam untuk sebagian dinding ruang tamu agar tidak terlalu polos dengan warna putih. Gunakan juga furniture berwarna hitam agar ruang tamu Anda terlihat lebih elegan.

4. Aksen Gold Memberikan Kesan yang Luxurious

(Sumber: home-designing.com)

Warna gold atau emas identik akan kemewahan. Menambahkan aksen warna gold pada ruang tamu Anda akan membuatnya terlihat lebih luxurious dan berkelas.

Tidak perlu berlebihan dan mengecat seluruh ruangan dengan warna gold. Anda cukup menggunakannya untuk beberapa titik saja, seperti untuk bingkai foto, hiasan dinding, atau ornamen dekorasi lain agar ruang tamu tetap terlihat minimalis.

Meski tidak terlalu mencolok, namun jika dikombinasi dengan ruang tamu berwarna hitam atau putih, warna gold dapat menyulap ruang tamu Anda jadi lebih indah dipandang.

5. Pakai Warna Monochrome

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: evolveindia.com)

Bicara soal warna, monochrome tidak kalah digemari untuk digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari graphic design, mode busana, dan desain interior.

Warna monochrome banyak dipahami sebagai warna hitam dan putih. Pada dasarnya, warna monochrome berarti satu warna, yang artinya Anda dapat menggunakan satu warna dengan rona yang berbeda.

Menggunakan warna monochrome yang simple menjadi trik paling ampuh untuk desain interior minimalis. Ditambah dengan pemilihan furniture yang tepat, ruang tamu Anda akan terlihat mewah.

Anda bisa menggunakan warna beige dengan aksen cokelat kayu untuk membuat ruang tamu Anda terlihat minimalis dan mewah.

Anda mungkin juga suka: 5 Ide Desain Sulap Teras Jadi Ruang Tamu, Minimalis Tapi Cozy

6. Gunakan Dinding Boiserie

(Sumber: home-designing.com)

Tips untuk ruang tamu minimalis mewah selanjutnya masih seputar dinding. Jika Anda menginginkan penampilan ruang tamu yang mewah namun masih terlihat simple, menggunakan dinding boiserie dapat menjadi pilihan tepat.

Dinding boiserie merupakan model arsitektur dinding dari Prancis yang membuat dinding memiliki bagian timbul. Bagian yang timbul ini dapat dibuat menjadi berbagai bentuk. Untuk kesan yang lebih minimalis, Anda bisa menggunakan bentuk kotak atau bentuk lain yang sederhana.

Dinding boiserie yang biasa digunakan pada rumah-rumah bergaya klasik dijamin akan membuat ruang tamu Anda terlihat mewah dan berkelas.

7. Pilih Sofa yang Simple

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: elledecor.com)

Memilih furniture yang tepat tidak ketinggalan untuk dipertimbangkan dalam membuat ruang tamu terlihat minimalis dan mewah.

Tufted sofa dengan bahan kulit biasanya menjadi pilihan ketika ingin membuat ruangan terlihat mewah. Namun, agak kurang cocok jika Anda menginginkan penampilan yang minimalis.

Anda bisa memilih tufted sofa yang tidak terlalu ramai atau sofa polos dengan warna yang cocok dengan interior ruang tamu Anda. Jangan lupa juga untuk memilih bentuk sofa yang sederhana.

8. Coffee Table yang Sederhana

(Sumber: home-designing.com)

Selain sofa, ruang tamu Anda tentunya perlu juga untuk dilengkapi dengan coffee table. Meja ini menjadi penting untuk Anda meletakkan berbagai hidangan ketika menyambut tamu. Anda juga bisa menaruh hiasan seperti vase bunga di atasnya.

Anda tidak perlu menggunakan coffee table dengan desain yang terlalu rumit. Pilih coffee table dengan desain yang simple dan minimalis. Untuk menambah kesan mewah, Anda bisa memilih coffee table dengan unsur marmer.

9. Lampu Gantung Simple Namun Mewah

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: n-lighten.in)

Lampu gantung atau chandelier identik dengan rumah-rumah megah nan mewah. Desainnya yang elegan dan indah membuat ruangan terlihat lebih berkelas.

Namun, kini banyak bermunculan juga lampu gantung dengan desain yang lebih sederhana. Meski memiliki desain yang lebih minimalis, akan tetapi tetap tidak mengurangi kesan elegan untuk ruang tamu Anda.

10. Lampu Dinding Sebagai Penerangan Minimalis

(Sumber: litfad.com)

Anda bisa menambahkan lampu dinding atau wall sconces sebagai penerangan tambahan.

Apabila ketika malam hari Anda tidak menyalakan lampu utama ruang tamu, Anda bisa menyalakan lampu dinding untuk memberikan penerangan yang minimal. Meski tidak seterang lampu utama, penerangan dari lampu dinding memberikan kesan yang lebih elegan.

Terdapat banyak pilihan bentuk lampu dinding yang dapat Anda pilih. Model lampu dinding dengan lampu led yang sederhana dapat memberikan ruang tamu Anda kesan yang minimalis dan modern.

Baca juga: 7 Hiasan Dinding Ruang Tamu Yang Aesthetic Banget

11. Pajang Wall Art

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: canvastation.com)

Menggunakan konsep minimalist bukan berarti selalu polos. Anda bisa memajang wall art atau lukisan dekorasi dinding untuk mengisi kekosongan di dinding.

Agar tetap terlihat minimalist, Anda dapat langsung memajang canvas wall art secara polos. Jika Anda ingin menggunakan bingkai, gunakan bingkai dengan desain yang sederhana dan tidak terlalu ramai.

12. Letakkan Cermin

(Sumber: homedepot.com)

Tidak ada salahnya meletakkan cermin di ruang tamu. Meskipun memang tidak akan sefungsional jika Anda meletakkan cermin di dalam kamar tidur atau kamar mandi, namun cermin dapat memberikan nilai estetika pada ruang tamu.

Anda tidak perlu menggunakan cermin yang terlalu besar. Cukup gunakan yang berukuran kecil atau sedang. Pilih cermin dengan bingkai yang sederhana dan tidak telalu rumit. Ruang tamu Anda dijamin akan terlihat lebih elegan!

13. Gelar Karpet

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: goodhousekeeping.com)

Yang tidak boleh ketinggalan dalam membuat ruang tamu minimalis mewah adalah menggunakan karpet. Meski sepertinya tidak terlalu menjadi perhatian utama, namun keberadaan karpet dapat memberikan pengaruh yang besar untuk kesan di ruang tamu.

Karpet untuk ruang tamu pun tidak selalu berbentuk kotak. Anda bisa berkreasi sendiri dan memilih karpet dengan bentuk lingkaran.

Motifnya pun beragam, mulai dari yang polos, garis-garis, hingga motif bohemian. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan tema ruang tamu Anda. Perlu diingat agar tidak memilih karpet dengan warna yang nabrak dengan warna sekitarnya, atau motif yang terlalu ramai.

14. Letakkan Beberapa Tanaman Hias

(Sumber: lashkariagroup.com)

Meletakkan beberapa tanaman hias cocok untuk ruangan dengan konsep minimalis maupun modern. Anda bisa meletakkan tanaman hias untuk memberikan aksen hijau di tengah atau sudut ruang tamu minimalis mewah Anda.

Tenang saja, tanaman hias ini tidak akan mengurangi atau merusak tema yang Anda gunakan untuk ruang tamu Anda, kok! Justru, meletakkan tanaman hias memberikan kesan yang lebih fresh untuk ruang tamu Anda.

Selain cantik, memiliki tanaman hias di dalam rumah juga memberikan manfaat untuk Anda, terutama dalam hal udara dan suhu. Asalkan jangan lupa untuk selalu merawat tanaman Anda, ya!

15. Aromatherapy untuk Ambience Ruang Tamu

Ruang Tamu Minimalis Mewah

(Sumber: bestproducts.com)

Tips ruang tamu minimalis mewah yang terakhir tidak berkaitan dengan penampilan, namun patut untuk Anda pertimbangkan juga. Aromatherapy dapat membantu menciptakan ambience atau suasana di ruang tamu.

Wangi yang cenderung kalem dari aromatherapy memberikan kesan mewah yang menenangkan untuk ruang tamu Anda. Selain itu, aroma dari aromatherapy membuat Anda dan tamu lebih nyaman dan rileks.

Anda dapat menggunakan scented candles, aromatheraphy diffuser, atau aromatherapy humidifier. Tinggal disesuaikan dengan budget dan selera Anda.

__

Itu dia tips untuk membuat ruang tamu minimalis mewah yang dapat Anda coba. Dengan tips di atas, Anda dapat menciptakan sendiri ruang tamu idaman Anda.

Temukan rumah idaman Anda dengan CariProperti! Menyediakan ribuan pilihan unit rumah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kunjungi website resmi Cari Properti untuk informasi lebih lanjut!

Kunjungi cluster perumahan berkualitas di kawasan berikut :

Rumah Bandung

Rumah Summarecon Bandung

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...