6 Inspirasi Desain Rumah Split Level yang Cocok untuk Keluarga Muda

Nadia02 Oct 2023

Memiliki rumah dengan lahan terbatas memang cukup merepotkan karena berarti luas ruangan yang ada juga terbatas. Jika ingin menambah luas lahan, pastilah uang yang dibutuhkan akan sangat banyak. Rasanya mustahil bagi orang-orang yang kondisi ekonominya belum terlalu mapan, seperti para keluarga muda. 

Lalu, bagaimana jika tetap ingin memiliki ruangan yang banyak dan luas meskipun berada di lahan yang sempit? Apakah ada solusinya? 

Tenang saja! Setiap permasalahan pasti ada solusinya. 

Akhir-akhir ini mulai marak desain rumah yang dapat menjadi solusi kita yang ingin memiliki ruangan yang luas dan banyak di lahan sempit, namanya adalah desain rumah split level. Desain ini menjadi primadona banyak orang karena dapat memberi ruangan tambahan di lahan yang sempit tanpa harus menambah lahan, jadi tentunya kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Karena tidak terlalu membutuhkan biaya yang sangat besar, tentunya desain rumah ini sangat cocok untuk para keluarga muda dan kita yang baru saja ingin membeli rumah pertamanya. Dengan begitu, kita dapat mengalokasikan anggaran kita ke kebutuhan lain, seperti membeli perabotan rumah.

Menarik bukan? Mau tahu desain rumah split level yang bagus-bagus? Yuk, simak inspirasi desain rumah split level yang cocok untuk keluarga muda satu ini!

Apa itu Rumah Split Level?

Sebelum kita melihat contoh-contoh desain yang ada, yuk cari tahu dahulu apa sih rumah split level itu!

Rumah split level dapat diartikan sebagai desain rumah yang memiliki berbagai macam ketinggian dengan lantai yang cukup banyak. Desain ini biasanya digunakan untuk menambah ruangan di dalam ruangan yang sama pada ketinggian berbeda sehingga membuat seolah-olah terdapat dua lantai pada satu ruangan.

Agar lebih mudah dimengerti, mari kita coba untuk membayangkannya! Coba kita bayangkan sedang memasuki rumah satu lantai! Ketika kita membuka pintu dan memasuki rumah itu, kita melihat bahwa rumah itu memiliki dua lantai di dalamnya. Namun, lantai kedua terlihat sedikit berbeda, tidak terlalu tinggi seperti yang biasanya. Nah, itu yang dimaksud dengan desain rumah split level.

Sekarang, apa saja sih desain rumah split level yang bagus-bagus dan menarik?

Desain Rumah Split Level yang Menarik

Berikut beberapa desain rumah split level yang bisa banget kita jadikan inspirasi untuk rumah kita, nih!

1. Desain Rumah Split Level 1.5 Lantai

Sumber: id.pinterest.com

Jika kita memiliki rumah berukuran 6x10 m2, kita bisa mencoba desain rumah split level 1.5 lantai. Desain ini merupakan yang paling banyak digunakan karena sangat memungkinkan kita untuk menambah satu ruangan lagi. Umumnya, desain ini akan memanfaatkan setengah dari total ketinggian rumah kita untuk dijadikan ruangan baru. Jadi, seolah-olah rumah kita memiliki dua lantai meski hanya satu lantai.

Setiap level akan dihubungi dengan beberapa anak tangga kecil. Jadi, pemilihan desain tangga yang digunakan juga harus diperhatikan. Jangan sampai malah membuat rumah kita semakin terlihat sempit. Kita bisa menggunakan desain yang minimalis agar memberikan kesan yang sederhana dan luas. Material yang digunakan juga harus sesuai dengan desain yang kita pilih, seperti besi atau kayu. Kita juga dapat menggunakan kaca agar area tangga terlihat lebih luas.

2. Desain Split Level Minimalis

minimalis

Sumber: pinhome.id

Desain rumah split level selanjutnya ada desain minimalis. Desain ini sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai tampilan yang sederhana namun tetap elegan. Biasanya, desain ini hanya menambah satu lantai tambahan antara lantai satu dan dua yang dapat dijadikan sebagai ruang bersantai keluarga. 

Agar memberikan kesan yang luas, sebaiknya hindari penggunaan partisi yang berlebih dan memaksimalkan penggunaan material yang terbuat dari kaca. Kita dapat menambahkan penggunaan material kayu pada lantai dan tangga serta menggunakan lampu dengan warna yang hangat untuk memberikan suasana cozy dan hangat.

3. Desain Rumah Split Level dengan Tampilan Modern

modern

Tampilan yang modern memang sangat cocok untuk dijadikan desain rumah split level. Bukan hanya karena sama trending-nya dengan model rumah split level, tetapi juga karena desain modern tidak membutuhkan peralatan yang terlalu banyak sehingga dapat membuat rumah terlihat luas, cocok dengan esensi rumah split level

Kita dapat membuat level tambahan dengan menggunakan berbagai jenis material seperti kaca, HPL, stainless steel, besi, dan lain sebagainya untuk memberikan kesan modern. Terlebih lagi penggunaan kaca, selain dapat memberi kesan yang luas, juga mempermudah penghuni untuk merawat rumah. Kita dapat menggunakan warna-warna yang memang sering terlihat di beberapa rumah modern, seperti putih, hitam, abu-abu, dan emas agar memberi kesan modern pada level yang kita bangun.

4. Split Level dengan Desain Ala Jepang

Sumber: id.pinterest.com

Rumah ala Jepang selalu menonjolkan keindahan dalam kesederhanaan dan fungsionalitas sebuah ruangan. Desain seperti ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah split level. Dengan menggunakan desain ini, rumah kita akan memiliki karakter tersendiri dan menjadi lebih khas.

Desain rumah ala Jepang memiliki karakteristik yaitu penggunaan material kayu pada pintu, meja, lantai, maupun plafon. Hal ini bertujuan, selain tahan lama, juga untuk memperkuat kesan yang sederhana dan memberikan rasa hangat pada rumah. Untuk membuat rumah terlihat besar, kita dapat menambahkan kaca pada lemari, partisi, ataupun tangga dan menggunakan jendela yang besar.

5. Desain yang Mewah dan Modern

Siapa bilang rumah split level tidak bisa terlihat mewah? Meskipun berada di lahan yang sempit, kita bisa membuat rumah kita terlihat mewah, loh. Kuncinya ada di pemilihan material dan penggunaan warna.

Untuk membuat rumah kita terlihat mewah, kita dapat menggunakan material seperti granit, marmer, stainless steel, besi, dll. Namun, sebaiknya kita jangan terlalu banyak menggunakan marmer atau granit karena dapat membuat rumah terlihat sempit. Sebaiknya, gunakan material seperti kaca atau kayu yang dapat membuat rumah lebih luas namun tetap memberi kesan yang mewah dan elegan. 

Perhatikan juga pemilihan warna rumah kita. Sebaiknya gunakan warna yang netral seperti putih dan berikan sedikit aksen emas, perak, atau hitam sebagai detail rumah.

6. Rumah Split Level yang Dijadikan Sebagai Attic

Desain rumah split level yang terakhir adalah kita dapat membangun level tambahan yang dijadikan attic. Biasanya, desain ini digunakan untuk rumah minimalis yang memiliki 2 lantai sehingga memiliki total 2.5 lantai.

Desain rumah split level seperti ini sangat laku dipasaran karena merupakan hal yang baru di Indonesia. Terlebih lagi, adanya loteng dapat dijadikan berbagai macam ruangan, seperti tempat bermain, ruang keluarga tambahan, atau ruang bersantai yang sangat private. Kita juga dapat menjadikan attic ini sebagai tempat BBQ jika memiliki bukaan yang besar. 

___

Bagaimana? Apa kamu sudah mulai tertarik untuk memiliki rumah dengan split level? Atau, kamu ingin membangun rumah split level-mu sendiri? Jika kamu ingin mencari rumah split level impianmu, langsung saja cari di Cari Properti karena di sana kami menyediakan berbagai rekomendasi rumah dengan berbagai model dan tipe. 

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi laman artikel Cari Properti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...