8 Tips Beli Rumah Sebelum Menikah Lengkap Dengan Strateginya

Nadia10 Jun 2022

Apakah Anda berencana membeli rumah dan belum menikah? Simak tips beli rumah sebelum menikah di bawah ini.

Di era tingginya kenaikan harga rumah, banyak orang yang merasa pesimis untuk membeli rumah. Padahal, beli rumah sangatlah realistis dengan perencanaan yang matang. Apalagi jika Anda belum menikah dan belum memiliki tanggungan, tentunya kondisi tersebut akan semakin mempermudah Anda.

Mengapa beli rumah sebelum menikah berpotensi lebih mudah? Selain karena belum adanya tanggungan, beli rumah dari sekarang juga membantu Anda menghindari kenaikan harga di tahun-tahun yang akan datang. Namun dalam membeli rumah, Anda juga tetap harus membuat perencanaan yang matang ya!

Ada banyak strategi yang bisa Anda lakukan untuk membeli rumah. Artikel ini akan membahas 8 tips beli rumah sebelum menikah yang bisa Anda ikuti. Simak yuk!

1. Persiapkan kondisi finansial

Tips beli rumah sebelum menikah

Tips pertama untuk beli rumah sebelum menikah adalah mempersiapkan kondisi finansial. Pastikan sebelum membeli rumah, Anda sudah memiliki pemasukan tetap, baik karena bekerja maupun berbisnis. Selain itu, pastikan juga pendapatan Anda sudah stabil, setidaknya untuk beberapa tahun mendatang.

Mengapa hal ini perlu dipastikan? Karena harga rumah tidaklah murah. Proses membeli rumah juga cukup memakan waktu, terutama bagi Anda yang berniat mencicil rumah. Kondisi finansial yang stabil tentunya akan memudahkan Anda dalam mewujudkan rumah impian.

2. Membuat tabungan khusus untuk rumah

tips beli rumah

Jika kondisi keuangan Anda sudah aman, langkah selanjutnya adalah membuat tabungan khusus untuk beli rumah. Usahakan tabungan rumah terpisah dari rekening utama agar uang Anda tidak terpakai. Jangan sampai Anda mencampur tabungan ini dengan rekening yang digunakan sehari-hari.

Setelah membuat tabungan, tetapkan target tabungan Anda. Misalnya Anda berniat menabung sampai Rp 500 juta, Anda bisa membuat perencanaan menabung berdasarkan kondisi finansial Anda.

3. Konsisten dalam menabung

tips beli rumah sebelum menikah

Menabung rasanya tak lengkap tanpa konsistensi. Apalagi menabung untuk membeli sesuatu yang tidak murah seperti rumah. Maka dari itu, konsisten dalam menabung sangatlah penting untuk membeli rumah.

Cobalah untuk menabung sedikitnya 30% dari penghasilan setiap bulan. Usahakan untuk memisahkan tabungan sejak awal, bukan menjadikan sisa pengeluaran sebagai tabungan. Dengan menabung secara konsisten, tentunya target tabungan akan semakin mudah dicapai.

4. Coba berinvestasi

tips beli rumah sebelum menikah

Berencana membeli rumah di beberapa tahun mendatang? Coba alokasikan uang tabungan Anda ke berbagai instrumen investasi, seperti emas, reksadana, maupun saham. Emas memiliki potensi kenaikan harga 5-20% per tahunnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tabungan jangka panjang.

Untuk berinvestasi di reksadana maupun saham, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Pelajari cara investasi, perkiraan besar keuntungan, serta resiko dari kedua investasi tersebut. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan instrumen investasi yang akan dipilih. 

Dalam berinvestasi, hindari investasi bodong yang menawarkan keuntungan dalam waktu sekejap. Perbanyak juga informasi mengenai investasi agar terhindar dari berbagai penipuan.

5. Pantau perkembangan harga rumah

Tips beli rumah sebelum menikah selanjutnya adalah memantau perkembangan harga rumah. Bandingkan harga rumah antar cluster perumahan di kawasan yang sama. Anda juga bisa membandingkan harga rumah antar kawasan sebagai referensi tambahan.

Bila sudah menemukan rumah dengan harga yang cocok, Anda bisa menjadikannya pilihan utama. Jangan lupa juga mempertimbangkan berbagai aspek selain harga, mulai dari kualitas bangunan, posisi rumah, dan lainnya.

6. Pertimbangkan membeli rumah dengan 2 kamar

Tips beli rumah

Jika berencana menempati rumah setelah menikah dengan pasangan, ada baiknya jika Anda memilih rumah yang setidaknya memiliki 2 kamar tidur. Hal ini bertujuan agar Anda mempunyai space kosong yang dapat digunakan sebagai ruang tambahan. Apalagi jika berencana memiliki anak, tentunya akan membutuhkan kamar tambahan. Namun tips ini merupakan opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Perhatikan lokasi rumah

Tips beli rumah sebelum menikah

Lokasi rumah merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Pertimbangkan jarak antara lokasi rumah dengan tempat kerja Anda. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan rumah yang memiliki akses menuju kawasan rumah orang tua.

Hal lain yang harus Anda perhatikan dari lokasi rumah adalah fasilitas di sekitar rumah. Periksa apakah terdapat fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, sekolah, atau tempat penting lainnya? Tak hanya fasilitas, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi rumah mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi.

Sudah memiliki calon pasangan? Cobalah berdiskusi terkait lokasi rumah yang akan dibeli. Pertimbangkan juga lokasi tempat kerja pasangan agar tidak banyak kendala di kemudian hari.

8. Beli rumah secara KPR

Beli rumah sistem KPR

Tahukah Anda, bahwa sistem pembayaran rumah tidak hanya dilakukan secara tunai. Anda juga bisa membayarnya dengan sistem kredit atau cicil. Opsi ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki penghasilan tetap, namun belum memiliki uang untuk membayar rumah secara langsung.

Sistem kredit yang paling memudahkan untuk membeli rumah adalah program KPR. Anda hanya perlu membayar uang tanda jadi setelah menyerahkan berkas yang dibutuhkan. Setelah kredit diterima, Anda bisa membayar dengan sistem cicil. Namun pastikan Anda sanggup untuk membayar cicilan setiap bulannya.

__

Itulah 8 tips beli rumah sebelum menikah yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda ingin membeli rumah berkualitas dengan harga terjangkau, kunjungi Cari Properti yang menyediakan ribuan pilihan unit dari pengembang ternama.

Melalui Cari Properti, Anda bisa membeli rumah dengan sistem tunai maupun cicil. Terdapat juga Property Advisor yang siap membantu Anda untuk menemukan rumah impian.

Artikel Lainnya

24 Nov 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

24 Nov 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

24 Nov 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...