6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Admin Cariproperti19 Aug 2021

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim. 

Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga kerap dianggap lebih menguntungkan dibandingkan KPR konvensional.

Dalam sistem KPR konvensional, terdapat suku bunga yang kerap dianggap memberatkan. Inilah yang menyebabkan banyak orang mulai menghindari pembelian properti dengan sistem KPR konvensional.

Namun dalam membeli rumah tanpa riba, Anda tetap harus berhati-hati dengan penipuan. Karena saat ini, banyak penipuan berkedok kredit rumah tanpa riba. Lalu, bagaimana langkah yang tepat? Berikut 6 cara beli rumah tanpa riba yang telah dirangkum untuk Anda.

 

1. Beli Rumah Secara Tunai (Cash Keras)

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk beli rumah tanpa riba adalah dengan membeli rumah secara tunai atau cash keras. Dengan membeli secara tunai, Anda bisa menghindari sistem pembayaran yang berkaitan dengan riba.

Perlu diingat bahwa harga rumah terus melambung tinggi setiap tahunnya. Maka dari itu, belilah rumah yang sesuai dengan budget Anda, seperti rumah kecil dengan lokasi strategis misalnya.

Jika Anda belum memiliki uang untuk beli rumah secara tunai, Anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan uang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Buat rencana keuangan

Sebelum memutuskan untuk mengumpulkan uang demi membeli rumah secara tunai, Anda perlu membuat rencana keuangan untuk mencapainya. Tentukanlah besaran pengeluaran setiap bulannya agar Anda bisa berhemat. Selain itu, buatlah strategi untuk mencapai target membeli rumah secara tunai.

  • Menabung

Menabung merupakan cara mengumpulkan uang yang mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk ditabung. Selain pendapatan, Anda juga bisa menabung THR maupun bonus yang Anda dapatkan dari pekerjaan Anda.

  • Menambah sumber pendapatan

Cara mengumpulkan uang selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menambah sumber pendapatan. Anda bisa coba dengan mencari pekerjaan sampingan berupa freelance yang dapat dikerjakan di luar jam kerja, seperti menjadi guru les, driver online, penulis, fotografer, atau apapun yang bersifat halal. 

Selain pekerjaan sampingan, Anda juga bisa mencoba peluang usaha atau bisnis yang dapat menambah pemasukan Anda. Apalagi saat ini banyak sekali peluang bisnis online yang bisa Anda lakukan.

  • Investasi di pasar keuangan

Investasi di pasar keuangan juga dapat menjadi cara untuk mengumpulkan uang. Apalagi saat ini banyak sekali saham syariah yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum memutuskan untuk investasi, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu.

 

2. Bangun Rumah Secara Bertahap

bangun rumah tanpa riba

Jika membeli rumah secara tunai masih dianggap sulit, Anda bisa mencoba untuk membangun rumah secara bertahap demi menghindari riba. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan membeli tanah terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mencicil dengan membangun pondasi, lalu dilanjut ke tahap-tahap berikutnya hingga rumah selesai.

Cara ini bisa dilakukan untuk Anda yang masih memiliki tempat tinggal sementara. Karena proses pembangunan secara bertahap tentunya akan memakan waktu, dan rumah tidak bisa langsung dihuni. Dengan cara membangun secara bertahap, Anda bisa mencicil keperluan bangunan sedikit demi sedikit sesuai budget yang Anda miliki. 

 

3. Pilih Skema Pembayaran KPR Syariah

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk beli rumah tanpa riba adalah menggunakan KPR Syariah. Skema ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak mampu membeli rumah secara tunai. Saat ini, banyak bank syariah yang menyediakan fasilitas KPR Syariah, sehingga Anda bisa memilih opsi ini tanpa khawatir akan riba.

Ada beberapa KPR Syariah yang bisa Anda gunakan untuk membeli rumah, seperti akad murabahah (jual beli) dan akad ijarah muntahiya bittamlik (akad sewa beli). Akad kreditnya pun berbeda dengan KPR Konvensional. Semuanya sesuai ketentuan Islam.

Jika Anda memilih skema pembayaran KPR Syariah, Anda bisa lebih leluasa dalam mengelola keuangan sambil melunasi cicilan rumah. Hal tersebut tentunya akan mempermudah Anda dalam membeli rumah tanpa terjerat dengan riba.

Beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan KPR Syariah

Keuntungan :

  • Proses pengajuan lebih mudah

Proses pengajuan KPR Syariah biasanya lebih mudah dibandingkan dengan KPR Konvensional. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengambil KPR dengan sistem syariah.

  • Tidak ada bunga (bebas dari riba)

Pada sistem KPR Syariah, tidak ada sistem bunga yang sering dianggap memberatkan. Namun, terdapat  prinsip transparansi yang menampilkan seluruh komponen biaya di awal. Sehingga para nasabah tahu berapa keuntungan untuk bank, cicilan pokok, dan komponen biaya lainnya.

  • Jumlah cicilan setiap bulannya bersifat pasti

Keunggulan sistem KPR Syariah selanjutnya adalah jumlah cicilan yang bersifat pasti. Jumlahnya tidak akan terpengaruh dengan naik turunnya Bank Indonesia dikarenakan tidak adanya sistem bunga dalam pembayaran KPR Syariah.

  • Tidak ada penalti

Jika Anda berencana melunasi cicilan KPR Syariah sebelum jatuh tempo, maka Anda tidak akan dikenakan penalti. Hal tersebut berbeda dengan bank konvensional yang menerapkan penalti apabila membayar sebelum jatuh tempo. 

  • Uang muka biasanya lebih ringan dibandingkan dengan KPR Konvensional

Pada umumnya, KPR Syariah menerapkan uang muka sebesar 10%. Berbeda dengan bank konvensional yang uang mukanya bisa mencapai sekitar 15%.

Kekurangan :

  • Periode cicil lebih pendek

Kekurangan dari KPR Syariah salah satunya adalah periode cicil yang lebih pendek, yaitu maksimal sampai 15 tahun. Hal tersebut berbeda dengan KPR Konvensional yang periodenya hingga 25 tahun.

  • Adanya denda keterlambatan

Jika Anda terlambat membayar cicilan KPR Syariah, biasanya terdapat denda keterlambatan. Jumlah dendanya bisa lebih tinggi dengan KPR Konvensional. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membayar tepat waktu. 

  • Tidak mengalami penurunan bunga

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa cicilan KPR Syariah bersifat tetap karena tidak adanya bunga. Ketika BI rate sedang turun, hal tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah cicilan yang dibayar setiap bulannya.

 

4. Pilih Skema Pembayaran Bertahap

Saat ini, banyak developer rumah yang menawarkan sistem pembayaran secara bertahap. Cara ini dapat Anda pilih jika ingin membeli rumah tanpa riba. Misalnya Anda ingin membeli rumah seharga Rp 300 juta. Kemudian Anda membuat kesepakatan dengan pengembang untuk membeli rumah secara bertahap selama 24 bulan. Maka Anda harus membayar uang sekitar Rp 12,5 juta setiap bulannya kepada pengembang.

Sistem ini sebenarnya hampir mirip dengan skema cicilan pada umumnya. Namun bedanya adalah periode pembayarannya lebih pendek dan tentunya tanpa bunga. Sehingga sangat ideal untuk Anda yang menghindari riba dalam pembelian rumah.

 

5. Menjadi Sales Perumahan

Mencoba peruntungan dengan menjadi sales perumahan juga menjadi salah satu cara membeli rumah tanpa riba. Anda bisa menjadikan pekerjaan sales perumahan sebagai pekerjaan sampingan. Beberapa pengembang atau developer biasanya menerapkan kebijakan menarik untuk para sales maupun agen. Bahkan, ada juga pengembang yang memberikan unit rumah secara gratis untuk sales yang berhasil menjual unit dalam jumlah tertentu.

 

6. Pilih Sistem Cicilan Tanpa Bank (Langsung ke developer)

Cara beli rumah tanpa riba juga dapat Anda lakukan dengan memilih sistem pembayaran tanpa bank, yaitu langsung membayar ke pengembang atau developer. Saat ini, banyak sekali pengembang yang menerapkan sistem pembayaran tanpa melalui bank. Opsi ini tentunya sangat cocok dengan Anda yang menghindari riba dalam pembelian rumah.

Sistem cicilan tanpa bank sebenarnya hampir sama dengan bank yang sistem cicilannya berlangsung lama. Sistem tersebut tentunya mempermudah Anda dalam proses pembayaran. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kualitas developer agar terhindar dari penipuan.

Salah satu website rujukan untuk membeli rumah berkualitas adalah CariProperti. Pada website ini. Anda bisa menemukan berbagai pilihan unit rumah dengan sistem cicilan yang langsung membayar ke developer. CariProperti menyediakan banyak pilihan properti yang dibangun dengan pengembang berkualitas. Apalagi banyak sekali pilihan unit yang sifatnya ready stock. Sehingga Anda tidak perlu ragu terhadap fasilitas serta kualitas bangunan.

 

Itulah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli rumah tanpa riba. Semoga bermanfaat!

 

Artikel Lainnya

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...

03 Sep 2021

8 Cara Beli Rumah Inden yang Harus Diperhatikan Oleh Pembeli

Rumah inden adalah rumah yang masih dalam pengerjaan. Dengan kata lain rumah yang belum selesai dibangun. Membeli rumah inden terkadang membuat hati dag dig dug, karena ada kemungkinan pembangunan rumah terhambat. Untuk itu, penting untuk mengetahui...