9 Tips Lebaran di Rumah Aja Agar Tetap Seru! - Cari Properti

Ikki Riskiana29 Apr 2022

Momen lebaran biasanya identik dengan tradisi mudik untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara yang ada di kampung halaman. Tapi, situasi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini membuat banyak orang terpaksa untuk merayakan lebaran di rumah tanpa mudik.

Hal itu dilakukan demi menjaga pembatasan sosial berskala besar sebagai arahan dari pemerintah. Kontribusi Anda untuk berlebaran di rumah saja tentunya tindakan bijak sebagai seorang muslim dalam menanggapi situasi pandemi karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk pengorbanan agar tidak merugikan sesama.

Meskipun tidak mudik, Anda tidak perlu berkecil hati karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi hari kemenangan agar tetap terasa asyik dan seru sehingga Anda pun tidak kehilangan momen lebaran bersama keluarga tercinta di rumah.

Berikut Tips Lebaran di Rumah yang Bisa Anda Coba

1. Mempersiapkan Lebaran dengan Membersihkan dan Menghias Rumah

tips lebaran di rumah

Dalam menyambut hari raya idul fitri, Anda dan keluarga bisa memulai dari merapikan dan menghias rumah Anda agar suasana rumah terasa lebih siap menyambut lebaran.

Anda dan keluarga bisa bergotong royong untuk menyapu dan mengepel lantai, membersihkan peralatan solat, mengelap kaca, mengecat rumah, atau mencuci taplak meja dan tirai agar saat tamu berkunjung, mereka merasa lebih nyaman.

Lebaran di rumah tidak berarti menghambat daya kreativitas Anda untuk berkreasi. Agar rumah lebih berwarna dan atmosfer suasana lebarannya lebih meriah, Anda bisa menambahkan dekorasi khas lebaran, seperti kaligrafi, tulisan, hiasan seperti bentuk ketupat atau lampu-lampu.

2. Menyiapkan Menu Lebaran

tips lebaran di rumah

Tips lebaran di rumah yang kedua, yaitu Anda perlu menyiapkan stok bahan makanan untuk membuat menu lebaran dari jauh hari sebelum toko-toko bahan makanan tutup menjelang hari lebaran.

Berbicara mengenai menu khas lebaran idul fitri seperti ketupat, opor ayam, sate, dan lainnya tentu merupakan hidangan wajib di meja makan.

Anda bisa menyiapkan menu tersebut dengan memasak bersama anggota keluarga untuk mengisi hari-hari di rumah menjelang lebaran supaya tidak bosan atau Anda juga bisa memesan catering.

3. Membuat Kue Khas Lebaran dan Mengirimkan Bingkisan atau Hampers

tips lebaran di rumah

Selain hidangan khas lebaran, Anda juga perlu menyiapkan kue lebaran yang menjadi camilan khas hari raya, seperti aneka kue kering, nastar, putri salju, dan kastangel. Anda bisa membuat kue-kue ini sendiri atau memesan di toko kue terdekat.

Untuk tetap menjaga pembatasan sosial, Anda dapat mengirimkan hampers untuk keluarga atau kerabat dengan menggunakan jasa pengiriman barang.

Walaupun tidak dapat bertemu langsung, saling mengirimkan hampers dapat meningkatkan mood dan keakraban di hari raya sehingga Anda pun tetap dapat merasakan kehadiran orang-orang di sekitar Anda.

4. Menjaga Quality Time bersama Keluarga

Lebaran

Walaupun lebaran tahun ini di rumah saja, Anda bisa mengukir momen berkesan bersama keluarga dengan melakukan berbagai kegiatan seru dan asyik, seperti:

  • Menonton film bersama layaknya bioskop sambil menyemil snack favorit.
  • Bermain game, misalnya board game yang bisa membuat suasana lebih asyik dan santai.
  • Karaoke bersama untuk mencairkan suasana. Anda dan keluarga bisa memilih berbagai pilihan lagu melalui platform musik online.
  • Piknik di halaman rumah bersama anggota keluarga dapat menciptakan suasana yang seru dan membahagiakan.
  • Berbagi cerita.
  • Bagi Anda yang saat ini sedang jauh dengan keluarga, jangan lupa untuk menghubungi keluarga tercinta, ya.

5. Silaturahmi Virtual

tips lebaran di rumah

Walaupun terhalang jarak, bukan berarti Anda tidak bisa menjalin silaturahmi. Di masa pandemi saat ini, banyak orang sudah mulai terbiasa mengadakan pertemuan secara virtual.

Dengan memanfaatkan fitur video call di beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih, kini Anda bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan sanak saudara yang berada di kampung halaman atau dengan beberapa teman dekat Anda.

Aplikasi video call yang dapat Anda gunakan meliputi Zoom Cloud Meetings, Google Meet, Skype, dan yang lainnya.

Hubungi mereka untuk mengucapkan selamat idul fitri dan saling meminta maaf di hari raya idul fitri agar tetap terasa dekat walaupun terpisah oleh jarak.

6. Membagikan THR dengan Dompet Digital

tips lebaran di rumah

Jika Anda ingin tetap mengirimkan THR kepada sanak saudara di kampung halaman, Anda bisa memanfaatkan aplikasi dompet digital. Dalam tradisi THR lebaran, tentu saja ada kegembiraan tersendiri saat membagikan uang untuk saudara atau keponakan.

7. Memakai Baju Khas Lebaran atau Pakaian Couple Keluarga

tips lebaran di rumah

Memakai baju baru merupakan salah satu tradisi untuk merayakan lebaran. Namun, di masa pandemi saat ini, menggunakan baju yang ada adalah pilihan yang bijak agar Anda tidak perlu bepergian ke luar rumah untuk membeli baju baru.

Gunakan pakaian yang ada, yang penting bernuansa lebaran, tetap rapi, bersih, nyaman, dan bagus (pilih yang terbaik).

8. Foto Bersama

Tips lebaran di rumah selanjutnya, yaitu mengabadikan momen lebaran Anda bersama keluarga dengan berfoto ria agar menjadi kenangan manis.

Jangan lupa untuk kompak berpose khas lebaran.

9. Pertimbangkan Melakukan Staycation Lebaran

tips lebaran di rumah

Apabila Anda sudah bosan menghabiskan kegiatan di rumah selama berhari-hari, Anda dapat mempertimbangkan untuk merayakan lebaran dengan alternatif lain, yaitu melakukan staycation dalam kota bersama keluarga.

Anda bisa menjadikan apartemen sebagai pilihan yang tepat untuk staycation bersama keluarga. Pilihlah apartemen yang menyediakan fasilitas unggul agar lebih nyaman dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

__

Bagaimana tipsnya? Semoga beberapa tips lebaran di rumah dapat bermanfaat untuk menjadikan lebaran Anda di tahun ini tetap berkesan dan bermakna.

Dan bagi Anda yang ingin memiliki hunian idaman untuk ditinggali bersama keluarga, Anda bisa mengeksplor situs Cari Properti. Tersedia fitur peta yang memudahkan Anda untuk menemukan rumah dan properti impian yang super strategis.

Anda juga bisa memperoleh layanan terbaik dari Property Advisor untuk berkonsultasi mengenai properti dari A sampai Z. Segera kunjungi Cari Properti, situs jual beli properti baru dan terpercaya di Indonesia!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...