Properti Rumah di Cakung

Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Loading ...

Cakung

Cakung merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Secara geografis, kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Cilincing di sebelah utara, Kecamatan Pulogadung di sebelah barat, Kecamatan Medan Satria dan Bekasi Barat di sebelah timur, dan Kecamatan Duren Sawit di sebelah selatan.

Di kecamatan Cakung, Anda akan dapat menjumpai Kantor Walikota Jakarta Timur. Selain itu, Anda juga akan menemukan Kawasan Industri Pulogadung, yaitu salah satu kawasan industri tertua di Indonesia.

 

Informasi Umum Properti di Cakung

Kecamatan Cakung memiliki luas wilayah yang mencapai 4.2 Km2. Dengan luas wilayah sedemikian, kecamatan ini tercatat memiliki total penduduk sebesar 212.044 jiwa yang tersebar di 7 kelurahan. Kelurahan tersebut berupa Cakung Barat, Cakung Timur, Rawa Terate, Jatinegara, Penggilingan, Pulogebang dan Ujung Menteng.

Sebagai salah satu kecamatan di Jakarta Timur, Cakung tentunya merupakan kawasan yang semakin bertumbuh dan berkembang. Mulai dari fasilitas, infrastruktur hingga cluster dan perumahan dimiliki oleh kecamatan ini.

Salah satu cluster yang berada di Cakung adalah Jakarta Garden City. Jakarta Garden City merupakan kota mandiri terencana seluas 370 hektar di Cakung, Jakarta Timur. Tempat ini terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu Garden City, River City, dan Lake Garden. Selain berbagai macam hunian yang ditawarkan, Anda juga akan menjumpai fasilitas lengkap, mulai dari kawasan ritel dan hiburan, sekolah internasional, rumah sakit, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lain.

 

Keunggulan Properti di Cakung

Cakung, sebagai salah satu kecamatan di Jakarta Timur, tentunya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kawasan lainnya. Keunggulan inilah yang membuat para developer mengembangkan proyek di tempat ini. 

Keunggulan pertama adalah lokasinya yang strategis. Cakung memiliki berbagai jalan utama yang menghubungkan kecamatan ini dengan berbagai kawasan metropolitan lainnya. Salah satunya adalah Jalan Raya Bekasi yang menghubungkan Pulo Gadung, Cempaka Putih, Kelapa Gading, Sumur Batu, dan Bekasi. Selain itu, terdapat juga Jalan I Gusti Ngurah Rai yang menghubungkan Duren Sawit, Jatinegara, Pulo Gadung, Cakung, Matraman, dan Bekasi. Tidak hanya itu, namun juga ada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta yang saat ini baru menghubungkan Cakung - Pondok Pinang (dan selanjutnya Serpong), dari rencana sampai ke pelabuhan Tanjung Priok.

Keunggulan lainnya adalah dari segi fasilitas dan infrastruktur. Cakung memiliki beragam fasilitas dan infrastruktur yang dapat memenuhi kebutuhan penghuni dari kecamatan ini. Fasilitas yang dimiliki pun sangat beragam, mulai dari kesehatan, pendidikan, hunian, bisnis/retail, hiburan dan masih banyak lagi.

Fasilitas (Internal dan Eksternal) di Cakung

Fasilitas Internal 

Fasilitas internal merupakan fasilitas yang dimiliki oleh suatu cluster, perumahan ataupun apartemen. Berbeda dengan fasilitas eksternal, hanya penghuni dari cluster atau apartemen tersebut yang dapat mengakses fasilitas internal. 

Cakung tentunya memiliki perumahan, cluster serta apartemen. Dengan demikian, ia juga memiliki fasilitas internal. Fasilitas internal yang dimiliki setiap hunian biasanya berbeda namun juga serupa.

Pada cluster atau perumahan, fasilitas internal yang dimiliki biasanya lebih lengkap dari pada apartemen. Fasilitas tersebut meliputi fasilitas olahraga, keamanan, hiburan dan sebagainya. Anda akan menemukan banyak cluster dan perumahan memiliki fasilitas olahraga seperti jogging track, bicycle track, lapangan basket, futsal, tenis, gym dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Anda juga akan menjumpai fasilitas hiburan seperti taman bermain anak, ruang hijau, dan sebagainya. Tentunya tidak ketinggalan juga dengan keamanan 24 jam serta one gate system yang dimilikinya.

Sementara itu, fasilitas internal pada apartemen tidak selengkap fasilitas yang dimiliki oleh cluster. Namun, fasilitas pada apartemen biasanya mudah dijangkau dan diakses karena lokasinya yang masih berada dalam 1 bangunan. Biasanya setiap apartemen memiliki fasilitas keamanan dan fasilitas olahraga. Selain itu, tersedia juga berbagai pelayanan, seperti layanan internet, laundry dan sebagainya.  

 

Fasilitas Eksternal

Cakung merupakan kecamatan yang luas wilayahnya tidak terlalu besar. Walaupun luasnya ini tidak seberapa, Cakung tetap menyediakan berbagai fasilitas eksternal untuk melayani kebutuhan warganya. Fasilitas tersebut juga cukup lengkap, meliputi fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Untuk fasilitas kesehatan, Cakung memiliki fasilitas kesehatan mulai dari klinik hingga rumah sakit. Beberapa fasilitas yang dapat Anda jumpai adalah RSIA Resti Mulya, Rumah Sakit Harapan Jayakarta, Attaufik Medical Center (AMC), Graha Medika Klinik dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, fasilitas yang tersedia di Cakung juga tidak kalah baiknya dibandingkan dengan di kawasan lainnya. Fasilitas pendidikan yang dimilikinya berkisar dari taman kanak-kanak hingga SMA. Beberapa sekolah tersebut adalah SMPN 146 Jakarta, Sekolah Global Mandiri Jakarta, SMAN 89 Jakarta, Universitas Gunadarma dan lainnya.

 

Infrastruktur di Cakung

Cakung tidak hanya memiliki fasilitas, namun juga infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan kehidupan warganya. Dengan adanya infrastruktur ini, warga Cakung akan dapat bermobilitas dan menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan mudah. 

Beberapa infrastruktur yang dimiliki Cakung adalah jalan-jalan utama yang menghubungkan cakung dengan kawasan metropolitan lainnya, seperti Jalan Raya Bekasi, Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Selain jalan, terdapat juga sarana transportasi umum yang melayani warga Cakung. Sarana transportasi tersebut berupa angkutan kota, bus, ojek dan lainnya untuk mobilitas warga Cakung. 

Wisata/Hiburan dekat Cakung

Karena Cakung merupakan pusat pemerintahan dari Kota Jakarta Timur, Cakung tidak banyak memiliki tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Meskipun demikian, Anda tetap dapat berekreasi di Cakung dengan mengunjungi mall, restoran dan sebagainya. Salah satu mall yang dapat Anda kunjungi adalah AEON Mall Jakarta Garden City. 

Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Danau Elok yang berlokasi di Jl. Penggilingan Elok No. 16, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Danau Elok merupakan tempat ekowisata dimana Anda dapat bersantai menikmati udara segar dengan lingkungannya yang asri. Di sini, Anda dapat memancing beragam jenis ikan tanpa perlu membayar biaya yang mahal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang gemar memancing, atau hanya sekedar ingin menikmati udara segar di tengah kota Jakarta.