Properti Rumah di Duren Sawit

Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Loading ...

Duren Sawit

Duren Sawit merupakan sebuah kecamatan yang berada di kawasan Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Secara geografis, kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Cakung di sebelah utara, Kecamatan Jatinegara di sebelah barat, Kecamatan Bekasi Barat di sebelah timur, dan Kecamatan Makasar di sebelah selatan.

Informasi Umum Properti di Duren Sawit

Kecamatan Duren Sawit memiliki 7 kelurahan di dalamnya, yaitu kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Pondok Kelapa, Pondok Kopi, Malaka Jaya, Malaka Sari dan Klender.

Sebagai bagian dari Jakarta Timur, tentunya Duren Sawit mengalami perkembangan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Banyak cluster, perumahan serta apartemen yang dibangun di kawasan ini. Beberapa diantaranya adalah Cluster Cempaka, Cluster Permata Billymoon, Cluster Swadaya Residence dan lainnya. 

Cluster-cluster yang berada di kawasan Duren Sawit kebanyakan menawarkan hunian berkonsep modern minimalis yang populer baik di kalangan milenial maupun kalangan lainnya. Harga jual hunian di kawasan ini juga cukup terjangkau dan cocok untuk Anda yang memiliki budget dalam membeli hunian.

Keunggulan Properti di Duren Sawit

Duren Sawit, sebagai bagian dari Jakarta Timur, tentunya memiliki beberapa keunggulan yang tidak sama dengan kawasan lainnya. Dengan adanya keunggulan ini, developer akhirnya mulai mengembangkan proyeknya di Duren Sawit. Selain itu, orang-orang juga mulai tertarik untuk memiliki hunian di kawasan ini. 

Keunggulan pertama adalah lokasinya yang strategis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Duren Sawit merupakan kecamatan yang berada di Jakarta Timur. Dengan memiliki hunian di ibukota, Anda akan dapat dengan mudah bermobilitas sehari-hari.

Selain itu, harga hunian di Duren Sawit itu sendiri dapat dibilang cukup terjangkau. Memiliki hunian di ibukota merupakan investasi properti yang menjanjikan. Terutama dengan meningkatnya harga hunian setiap tahunnya di ibukota. 

Dari segi fasilitas dan infrastruktur, Duren Sawit tentunya memilikinya untuk memenuhi kebutuhan dan menunjang kehidupan penghuninya. Terdapat berbagai macam fasilitas, mulai dari fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, retail, tempat rekreasi dan lainnya.

Fasilitas (Internal dan Eksternal) di Duren Sawit

Fasilitas Internal 

Fasilitas internal adalah fasilitas yang ada di dalam sebuah perumahan, cluster dan apartemen. Biasanya setiap cluster, perumahan ataupun apartemen memiliki fasilitas unggulannya tersendiri yang unik dan berbeda dengan fasilitas internal di tempat lain. Namun, setiap properti juga biasanya memiliki fasilitas yang umumnya dimiliki setiap properti. Fasilitas tersebut berupa kolam renang, jogging track, taman bermain anak, taman dan sebagainya.

Cluster dan perumahan biasanya memiliki fasilitas yang lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan apartemen. Maka dari itu, hunian di cluster dan perumahan memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada unit di apartemen.

Beberapa fasilitas yang umumnya dimiliki oleh cluster dan perumahan adalah fasilitas olahraga, keamanan, rekreasi dan sebagainya. Fasilitas olahraga meliputi jogging track, kolam renang, lapangan basket, hingga clubhouse/sports club yang meliputi berbagai macam fasilitas olahraga. Sementara keamanan, biasanya tersedia keamanan selama 24 jam, one gate system, CCTV di area bersama, dan sebagainya. Taman bermain anak, ruang hijau, BBQ Area dan sebagainya masuk dalam kategori rekreasi.

Dibandingkan dengan cluster dan perumahan, apartemen biasanya tidak memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, hal ini bukan berarti kualitas fasilitas apartemen berada di bawah fasilitas cluster. Anda akan dapat menemukan fasilitas olahraga seperti jogging track dan kolam renang, ruang hijau, taman, keamanan 24 jam, access card, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, apartemen biasanya menyediakan berbagai layanan seperti layanan internet dan laundry.

Fasilitas Eksternal

Seperti kecamatan pada umumnya, Duren Sawit memiliki luas wilayah yang tidak besar. Maka dari itu, fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki kawasan ini tidak sebanyak yang ada di kota administrasi ataupun kota mandi. Namun, fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki Duren Sawit tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan dan kehidupan penghuninya. Fasilitas-fasilitas yang krusial seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan, retail, perkantoran dan sebagainya, tetap dimiliki oleh kawasan ini. 

Sebagai contohnya, Duren Sawit memiliki fasilitas kesehatan mulai dari rumah sakit hingga klinik kecil. Beberapa fasilitas tersebut yang dapat Anda jumpai adalah Duren Sawit Hospital, Harum Sisma Medika Hospital, Rumah Sakit Asta Nugraha, RSIA Sayyidah dan masih banyak lagi.

Tidak hanya fasilitas kesehatan, Duren Sawit juga memiliki fasilitas pendidikan yang meliputi jenjang taman kanak-kanak hingga universitas. Beberapa fasilitas pendidikan tersebut adalah Sekolah Segar Amanah, SD Majelis, Sekolah Merdeka Cita, Universitas Darma Persada, Universitas Krisnadwipayana dan sebagainya.

Infrastruktur di Duren Sawit

Walaupun Duren Sawit hanyalah salah satu kecamatan yang ada di Jakarta Timur, kawasan ini tetap memiliki infrastruktur yang memadai untuk memudahkan kehidupan warganya. Salah satu contohnya adalah jalan-jalan yang dimiliki kawasan ini agar warganya dapat bermobilitas dengan lancar.

Infrastruktur lainnya yang dimiliki Duren Sawit adalah sarana transportasinya. Anda dapat bermobilitas sehari-hari dengan menggunakan berbagai macam angkutan umum seperti bus, ojek online, angkutan kota, KRL dan lainnya.

Wisata/Hiburan Dekat Duren Sawit

Siapa bilang kecamatan kecil seperti Duren Sawit tidak memiliki tempat wisata? Jika Anda tertarik untuk memiliki hunian di Duren Sawit, tidak perlu khawatir untuk tidak memiliki destinasi tempat wisata terdekat. Duren Sawit memiliki berbagai tempat wisata yang dapat Anda dan keluarga kunjungi. Terlebih lagi, Duren Sawit memiliki banyak taman dimana Anda dapat berekreasi bersama keluarga.

Salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi adalah Banjir Kanal Timur (BKT). Walaupun sebenarnya berfungsi sebagai tempat untuk menanggulangi banjir, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata sesaat. Lingkungannya yang asri disertai dengan lapangan yang luas dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda serta warga Duren Sawit lainnya yang penat dengan kehidupan perkotaan. 

Tempat wisata lainnya adalah Wisata Bagan Seafood. Bagan Seafood merupakan sebuah restoran yang menyediakan berbagai menu makanan seafood. Tempat ini bisa dikatakan sebagai surganya seafood lovers, dimana mereka dapat berwisata kuliner dengan menikmati berbagai hidangan seafood yang fresh. Lokasinya juga sangatlah strategis dan dapat dijangkau dengan mudah, baik oleh pengguna kendaraan pribadi maupun pengguna kendaraan umum.