7 Aquarium Dinding Populer Lengkap Dengan Persiapannya!

Rizkyanto20 Feb 2023

Kamu mempunyai ikan dirumah tapi bosan dengan model aquarium yang gitu - gitu aja? Jika iya cobalah beralih dari aquarium yang biasa menjadi aquarium dinding, selain terlihat lebih rapi rupanya aquarium dinding juga akan membuat rumah kamu terlihat lebih estetik lagi lho.

Aquarium sendiri adalah tempat tempat atau wadah untuk menampung ikan, memelihara ikan di dalam aquarium kini menjadi salah satu hobi yang paling populer juga.

Jika kamu bingung untuk memilih jenis aquarium dinding yang pas untuk rumah kamu, simaklah artikel berikut ini yang akan membahas persiapan apa saja sebelum kamu memasang aquarium dinding beserta rekomendasi idenya. So check this out!

Persiapan sebelum memasang aquarium dinding

1. Siapkan aquarium dengan kaca yang tebal 

Yang pertama harus dipersiapkan adalah kamu harus pilih jenis aquarium dengan kaca tebal, pilihan ketebalan dengan ukuran 5 mm dengan kaca aquarium panjang 40 cm, lebar 25 cm dan tinggi 30 cm, lalu pilihlah lem perekat silikon kaca yang mempunyai kualitas bagus, hal ini bertujuan agar menghindari kebocoran.

2. Pilihlah lokasi yang ingin dipasang untuk aquarium dinding

Jika kamu menginginkan tampilan yang tidak terlalu memakan tempat dan rapi opsi terbaik adalah menaruhnya di pojok sudut ruangan, kebanyakan orang menaruh aquarium dinding ini di ruang tamu atau ruang keluarga bahkan tak jarang ada yang dijadikan penyekat antar ruangan. Sebenarnya ini selera juga sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan kamu.

3. Siapkan kabel dan lampu LED untuk aquarium dinding

Langkah berikutnya jika kamu ingin memasang aquarium dinding adalah kamu harus menambah lampu LED untuk pencahayaan dan dengan adanya lampu LED pasti akan membuat aquarium kamu akan semakin terlihat lebih estetik, selain itu jangan lupa untuk memberikan filter yang berguna untuk membersihkan kotoran serta memberikan oksigen pada ikan nantinya, nah jika kabelnya terlalu panjang kamu bisa menaruh kabel tersebut di belakang aquarium agar tidak merusak pemandangan aquarium dari depan.

4. Gunakanlah penutup sliding dan dasar aquarium yang safety

Persiapan yang terakhir sebelum memasang aquarium dinding adalah pastikan untuk menggunakan penutup sliding dan dasar aquarium yang safety, pilihan penutup aquarium dengan model sliding karena bisa digeser ke belakang dan ini akan sangat membantu kamu ketika ingin membersihkan aquarium.

Oke kalau kamu sudah paham dan sudah melakukan persiapan dengan matang, berikut ini adalah rekomendasi aquarium dinding yang bisa kamu terapkan!

7 Rekomendasi Ide Aquarium Dinding

1. Aquarium dinding tipis

Aquarium dinding

Rekomendasi aquarium dinding yang pertama ada aquarium dinding tipis. Aquarium ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki ruangan sangat luas, ukuran aquarium ini biasanya hanya 15 cm saja dan tidak lebih tebal dari tembok rumah.

Dengan bentuknya yang lebar tentu siapapun yang memandang akan terpesona oleh pemandangan bawah air yang cantik.

Namun perlu diperhatikan juga ya jenis aquarium dinding ini tidak cocok untuk ikan-ikan besar, aquarium jenis ini hanya cocok untuk ikan-ikan yang tergolong kecil.

2. Aquarium dinding mini 

Aquarium dinding

Nah kalau diatas ada cocok untuk ruangan yang luas kali ini, tenang desain aquarium dinding mini sangat cocok untuk ruangan yang sempit lho, karena bentuknya yang mini maka tidak akan terlalu memakan banyak tempat. 

Aquarium mini juga flexible lho kamu dapat dengan mudah untuk memindahkannya bahkan kalau kamu bosan kamu bisa pindahkan di kamar tidur, kamar mandi, dapur bahkan luar ruangan.

Jika dibandingkan dengan aquarium yang besar aquarium mini ini mempunyai banyak model dari yang bulat, kotak, maupun bentuk tabung sehingga bisa kamu sesuaikan lagi nih dengan keinginan kamu.

Namun jika memiliki jenis aquarium dinding mini perlu diingat ya aquarium ini hanya bisa diisi oleh beberapa ikan saja.

3. Aquarium dinding tempel

Aquarium dinding

Berikutnya ada aquarium tempel dinding, pemasangan aquarium ini bisa dikatakan sangat mudah karena hanya perlu pakun dan juga sekrup.

Jika aquarium dinding tempel yang kamu punya memiliki ukuran mini kamu hanya memerlukan pakai dan juga sekrup karena bobotnya yang ringan, berbeda cerita kalau aquarium dinding tempel kamu mempunyai ukuran yang besar maka kamu harus membutuhkan bracket agar bisa terpasang dengan sempurna.

4. Aquarium tembok kaca

Aquarium dinding

Aquarium tembok kaca sangatlah berbeda dari aquarium dinding tempel, karena aquarium jenis ini tidak memerlukan media tambahan untuk bisa dipasang ke tembok atau dinding.

Aquarium tembok kaca tidak digantung melainkan dipasang seperti dinding atau sebagai sekat ruangan.

Jika kamu menginginkan aquarium jenis ini kamu harus memesan terlebih dahulu untuk custom agar ukuran bisa sesuai dengan ketebalan tembok.

6. Aquarium dinding tabung LED

Aquarium dinding

Aquarium dinding tabung LED ini bisa dikatakan sebagai aquarium yang multifungsi lho karena bisa digantung pada tembok/dinding maupun diletakkan diatas meja.

Aquarium ini juga terdapat 2 tipe yang bisa dipilih yaitu tipe yang sudah ada LED dan juga tipe dengan lampu listrik dan baterai.

Memiliki ukuran yang sangat mini aquarium ini sangat cocok untuk ikan-ikan hias yang kecil lho.

6. Aquarium dinding akar kayu

Aquarium dinding

Berikutnya ada aquarium dinding akar kayu, jika kamu bosan dengan model aquarium yang biasa cobalah untuk menggunakan aquarium anti mainstream ini yang sangat unik.

Aquarium ini menggunakan kayu gamal sebagai penopangnya. Aquarium dinding ini sangat cocok untuk digantung pada tembok/dinding sehingga akan membuat ruangan semakin berkelas dan autentik.

7. Hexagon mini aquascpe

Aquarium dinding

Rekomendasi aquarium dinding yang terakhir ada hexagon mini aquascape. Aquarium ini mempunyai desain yang unik serta juga indah, tidak hanya itu aquarium ini berbentuk prisma segi enam yang membuatnya terlihat sangat estetik.

Aquarium ini juga memiliki bahan akrilik yang tahan banting sehingga tidak perlu khawatir untuk digantung pada tembok maupun dinding.

Nah itu dia persiapan dalam membuat aquarium dinding beserta 7 rekomendasi aquarium dinding yang bisa kamu terapkan di rumah ya. 

Oiya selain memberikan rekomendasi properti maupun interior di Cariproperti juga terdapat puluhan hunian terbaik yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan dan juga kebutuhan kamu lho!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...