10 Ide Model Railing Tangga Sederhana, Pas Untuk Rumah Minimalis

Sopian Ahmad04 Apr 2024

CariProperti - Memilih railing tangga yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya, mulai dari aspek estika, fungsional, dan keamanan.

Ada begitu banyak model railing tangga yang dapat dipilih, mulai dari model klasik, modern, tradisional, hingga luxury. Namun, model railing tangga harus dipilih yang sesuai dengan desain rumah Anda.

Bagi Anda yang memiliki rumah dua lantai atau lebih dengan konsep minimalis, ada baiknya Anda memilih model railing tangga yang sederhana. Hal ini tidak terlalu terlihat menonjol dan menjadi selaras dengan konsep rumah Anda.

Apa Itu Railing Tangga?

Railing Tangga merupakan bagian penting dari tangga yang terdiri dari railing (tiang penyangga) dan juga handrail.

Railing adalah pembatas pada tangga yang berfungsi untuk menjaga keamanan Anda agar tidak terjatuh dan memberikan kenyamanan saat Anda menaiki anak tangga.

Railing tangga pada umumnya terbuat dari material yang kokoh seperti kayu dan besi agar tidak mudah roboh dan memiliki ketinggian sekitar 80–100 cm. Jarak antar railing juga harus diperhatikan. Sebaiknya memiliki jarak yang cukup rapat agar aman untuk anak Anda.

Sedangkan handrail berfungsi sebagai pegangan yang dapat memudahkan dan membuat Anda nyaman saat menaiki anak tangga.

Model Railing Tangga Sederhana

Anda ingin memasang railing tangga yang bagus dan juga estetik, tetapi bingung model mana yang cocok untuk rumah minimalis Anda? Jangan khawatir, CariProperti punya 10 ide model railing tangga sederhana yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk dipasang di rumah minimalis.

1. Model Railing Tangga Klasik

railing tangga klasik

Model yang sederhana pasti tidak jauh dari model klasik. Meski sudah sangat sering dari tahun ke tahun, model klasik selalu tidak pernah lekang oleh zaman.

Railing model klasik sangat cocok untuk rumah minimalis karena desainnya yang kalem dan sederhana sehingga tidak terlalu mencolok namun tetap estetik.

Biasanya, railing model ini menggunakan material berbahan dasar kayu yang dicat warna hitam atau putih yang terinspirasi dari american style. Namun, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan warna lain agar lebih bervariatif.

2. Model Railing dari Kaca

railing tangga kaca

Penggunaan kaca pada railing juga bisa dijadikan opsi.

Selain berfungsi sebagai partisi, kaca pada railing juga bisa memberikan kesan modern yang bersih serta membuat rumah Anda terasa lebih luas.

Anda dapat memadukan railing kaca dengan handrail yang terbuat dari aluminium dengan warna hitam, rose gold, atau silver untuk memberikan kesan modern.

 

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Tangga Minimalis Untuk Rumah Modern!

 

3. Model Railing Modern Minimalis

railing tangga modern

Rumah minimalis sering sekali mengadopsi konsep modern minimalis. Maka dari itu, model railing modern minimalis sangat pas untuk diterapkan.

Agar railing modern minimalis Anda semakin berkesan dan indah, Anda dapat menggunakan kaca tempered yang digabungkan dengan besi atau aluminium hollow berwarna hitam, rose gold, atau emas sebagai aksen.

4. Model Railing Industrial

model railing tangga industrial

Model railing tangga industrial juga cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis Anda. Terlebih lagi jika rumah Anda bertemakan industrial.

Model industrial pada railing memberikan kesan yang natural, modern, dan sederhana secara bersamaan.

Untuk membuat railing model ini, Anda dapat menggunakan material besi yang memang sangat lekat dengan tema industrial dan memadukannya dengan kayu atau cor semen ekspos pada anak tangganya.

5. Model Railing Monokrom

railing tangga monokrom

Model railing tangga sederhana berikutnya adalah railing tangga monokrom.

Monokrom sangat identik dengan perpaduan antara dua warna, yaitu hitam dan putih, yang sangat digemari oleh banyak sekali kalangan.

Warna ini dipilih banyak orang karena terkesan elegan dan sederhana namun tetap enak dipandang sehingga tidak terlalu menyakitkan mata.

Biasanya, warna ini seringkali diaplikasikan pada railing tangga untuk memberikan dan memperkuat kesan klasik pada sebuah rumah.

6. Model Railing Kayu Natural

railing kayu natural

Jika Anda ingin mempertegas kesan natural pada rumah, Anda dapat mengaplikasikan material kayu dengan serat-serat yang masih terlihat sangat jelas pada railing tangga sehingga dapat memberikan kesan natural yang sangat kuat.

Selain memberikan kesan natural, penggunaan kayu pada railing juga dapat memberikan nuansa rustik yang membuat rumah Anda serasa di hutan pegunungan Amerika Serikat.

7. Model Railing Kayu Ala Jepang

railing tangga ala jepang

Desain ala negeri Sakura juga bisa diterapkan pada railing tangga rumah minimalis Anda, loh.

Jelas saja, desain ala Jepang memiliki konsep kesederhanaan yang sama dengan desain minimalis, yang halnya kedua desain tersebut mencoba untuk memanfaatkan ruangan yang ada seefektif mungkin namun tetap sedap dipandang.

Model railing tangga ala Jepang didominasi oleh penggunaan material kayu. Namun, berbeda dengan desain rustik, serat pada kayu yang digunakan di desain Jepang biasanya sangat halus.

Terlebih lagi, umumnya orang-orang menggunakan kayu yang digunakan berwarna terang agar terlihat lebih bersih dan memberi kesan luas pada rumah.

8. Model Railing Tinggi

Model railing tangga selanjutnya adalah model railing tinggi.

Meski biasanya railing memiliki tinggi sekitar 80–100 cm saja, tetapi Anda bisa menjadikannya lebih tinggi hingga menyentuh langit-langit, sekitar 2–3 m.

Model seperti ini cukup jarang ditemukan namun sangat layak untuk dicoba. Selain karena unik dan estetik, model railing tinggi juga dapat membuat rumah Anda terlihat semakin tinggi. Dengan begitu, suasana rumah akan semakin terasa nyaman dan tidak pengap.

 

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kontainer Unik dan Menawan

 

9. Model Railing Melingkar

Model railing melingkar sudah cukup populer sejak beberapa tahun yang lalu. Modelnya yang sederhana dan tidak membutuhkan ruang yang banyak menjadi salah satu alasan model ini menjadi favorit.

Karena keefisienan dalam memanfaatkan ruang inilah yang menjadi alasan mengapa model railing melingkar cocok sekali untuk diterapkan pada rumah minimalis Anda.

Terlebih lagi, model ini juga dapat membuat rumah Anda terlihat lebih estetik dan juga memberikan kesan futuristik tergantung bagaimana desain railing yang dibuat.

Selain itu, kesan stylish sang pemilik rumah juga dapat terpancar jika menggunakan railing tangga model ini.

10. Model Railing Berpola Kreatif

Model railing tangga sederhana yang terakhir adalah model railing berpola kreatif.

Mungkin Anda berpikir bahwa railing hanya dapat dibentuk tegak lurus saja dan membentuk pola yang sangat monoton.

Namun, kenyataannya Anda juga bisa menuangkan kreatifitas pada railing tangga rumah Anda.

Ada begitu banyak pola yang dapat Anda gunakan pada railing tangga, seperti geometri, kotak, atau motif tali kusut.

Pola-pola ini tentu akan memberikan tampilan yang baru dan segar serta menambah kesan dinamis pada rumah Anda.

Anda juga dapat menggunakan railing yang telah diukir motif tradisional seperti wayang untuk menambahkan kesan tradisional pada tangga Anda.

___________

Railing tangga memiliki begitu banyak model yang dapat Anda pilih, tidak hanya terbatas pada kesepuluh model di atas.

Namun, jika Anda tertarik untuk memiliki railing dengan tampilan yang cantik dan juga fungsional, Anda bisa menggunakan beberapa contoh model railing tangga sederhana di atas sebagai bahan inspirasi atau juga membeli langsung di platform jual beli bangunan online seperti UKUR.

UKUR merupakan situs jual beli bahan bangunan online di Indonesia yang dilengkapi dengan fitur pengukuran dan pemasangan. Sebagai pengguna UKUR, Anda tidak perlu repot mencari tukang untuk memasang bahan bangunan atau material yang kamu beli. Produk yang tersedia di UKUR sangat lengkap dan beragam mulai dari produk untuk pembangunan tahap awal hingga ke tahap finishing.

Anda juga dapat langsung membeli rumah dengan railing tangga yang cantik dan elegan tanpa perlu ribet memasangnya sendiri di CariProperti, loh. CariProperti menjual 500+ rumah terbaik di berbagai lokasi strategis di Indonesia yang pastinya pas banget untuk Anda masyarakat modern.

Cari jual rumah di Surabaya, Jakarta, Bekasi, dan kota besar lainnya? Cuma di CariProperti, dong.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...