9 Inspirasi Desain Tangga Minimalis Untuk Rumah Modern!

Sri Widari01 Aug 2022

9 Inspirasi Desain Tangga Minimalis Untuk Rumah Modern!

Tangga merupakan instrumen yang tidak akan lepas dari rumah. Keberadaan tangga sangat penting untuk menghubungkan lantai dengan lantai berikutnya, sehingga fasad dari tangga tentunya menjadi penting untuk mendukung interior rumah. Adapun berbagai model dan desain tangga minimalis yang dapat diterapkan di rumah Anda, sehingga rumah akan menjadi lebih cantik dan terlihat modern. Berikut ini, 9 rekomendasi desain tangga minimalis yang cocok untuk rumah modern!

 

1. Floating Staircase

Desain yang pertama adalah Floating Staircase. Sesuai dengan namanya, floating berarti tangga memiliki desain ‘mengambang’. Sisi miring dari tangga tidak berbentuk tembok pondasi, melainkan tangga dibuat mengambang sehingga bagian bawah tangga  kosong. Desain tangga minimalis ini cocok untuk rumah yang memiliki keterbatasan ruang. 

 

2. Storage Stair

Desain tangga minimalis

Untuk di Indonesia, ukuran rumah biasanya tidak terlalu luas. Sehingga ada banyak keterbatasan dalam penggunaan ruang. Apalagi jika penghuni rumah adalah keluarga besar, maka masalah penempatan barang akan menjadi hal yang paling penting.

Storage stair berarti tangga dipergunakan bukan hanya sebagai perantara lantai bawah dan lantai atas, melainkan juga sebagai ruang untuk menyimpan barang. Bentuk penyimpanannya beragam, disesuaikan dengan layout rumah. 

 

3. Retro Stair

Desain tangga minimalis

Sesuai dengan namanya, retro berarti gaya tangga terinspirasi dari desain rumah tahun 1960 - 1980 an. Tangga retro memiliki ciri khas yang cukup unik yakni berada di sudut rumah, biasanya berada di dekat pintu utama, pondasi sisi miring tangga dibuat seperti tembok, permukaan tangga dilapisi kayu, lalu dilapisi lagi oleh karpet. Warna yang dipilih untuk tangga retro biasanya warna yang bold. Warna yang bold bisa berupa hitam, biru, merah, hijau, atau ungu namun dengan pilihan shade warna paling tua. Tidak jarang tangga retro memiliki motif baik di karpet, maupun di sisi tangga.

 

4. Vertical Stair

Desain tangga minimalis

Vertical stair memiliki sisi miring yang jauh lebih curam dan luas tangga dibuat seminimal mungkin. Biasanya, vertical stair dibuat untuk rumah yang sempit atau untuk menghubungkan lantai bawah dengan rooftop. Vertical stair bisa sangat menghemat ruang karena sisi miring yang cukup curam dan dibuat spiral. Ada juga yang dibuat tidak spiral dan benar-benar vertical, namun daya jangkau per lantainya tidak akan terlalu tinggi. 

 

5. Glass Stair

 

Desain tangga minimalisSatu lagi desain yang minimalis namun tetap menawan adalah desain tangga kaca. Ada banyak desain yang menawarkan bahan kaca sebagai bahan utama maupun bahan dominan untuk tangga. Tentunya kaca yang digunakan adalah kaca tebal yang dipastikan tahan untuk menopang berat badan manusia. 

Untuk inspirasi desain tangga minimalis, Anda bisa memilih tangga kaca yang seluruhnya terbuat dari kaca. Biasanya tangga kaca dibuat floating agar beban berat ditahan oleh rangka di dalam tangga. Jika Anda merasa keseluruhan tangga kaca terlalu berbahaya, Anda bisa memilih railing kaca untuk melengkapi tangga rumah Anda. Railing kaca akan memberikan efek mewah dan juga luas di area tangga rumah Anda. 

Baca juga : Cara Membuat IMB Online Terbaru. Dijamin Anti Ribet!

 

6. Contemporary Stair

Desain tangga minimalis

Tangga contemporary style akan sangat cocok bagi rumah yang telah memiliki set konsep modern dan kontemporer. Elemen utama contemporary style adalah kesimetrisan. Tangga akan memiliki model dan desain yang sangat simetris dan seimbang. Selain itu terdapat tambahan ornamen yang mendukung bentuk simetris tangga. 

Uniknya, jika tangga biasa ditempatkan di pojok ruangan atau sisi ruangan yang terdapat dinding, maka contemporary style mencoba keluar dari stereotip tersebut dengan menciptakan tangga di tengah ruangan. Walau tidak semua tangga contemporary berada di tengah ruangan, namun kebanyakan tangga contemporary berada di tengah ruangan untuk menciptakan titik pusat perhatian di dalam rumah. 

 

7. Wooden Stair

Desain tangga minimalis

Sesuai dengan namanya, wooden stair merupakan tangga dengan bahan dasar dan bahan utama kayu. Mulai dari permukaan, pondasi, rangka sampai dengan railing tangga. Kayu yang digunakan bisa beragam, disesuaikan dengan pattern halus yang diinginkan serta ketahanan kayu yang dibutuhkan. 

 

8. Industrial Stair

Desain tangga minimalis

Konsep industrial memiliki bahan utama dan bahan dasar yang menjadi poin utama dari konsep ‘industri’ adalah besi. Keberadaan tangga dibuat mulai dari daun tangga, rangka tangga, hingga railing tangga dibuat dari besi maupun aluminum. Tangga dibuat sesimpel mungkin dan tidak memiliki bentuk tangga yang tidak rumit. Selain itu, warna dari tangga dipilih warna yang netral dan gelap, seperti warna hitam atau abu-abu. 

 

9. Japan Style Stair

Desain tangga minimalis

Bahan utama agar tangga memiliki bentuk dan penampakan japan style adalah kayu dengan warna yang lembut. Kebanyakan interior rumah dengan model interior jepang memiliki banyak ornamen kayu dengan warna kayu yang lebih terang. Selain itu, serat dari kayu dibiarkan terlihat agar menjadi motif alami di setiap ornamen berbahan dasar kayu.

Lalu ada banyak model tangga interior jepang yang dibuat selandai mungkin. Jadi, antar anak tangga dibuat tidak terlalu tinggi dan landai menyesuaikan bentuk rumah. Hanya saja, membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk membuat tangga dengan kemiringan landai. Jika luas ruangan tidak memungkinkan untuk membuat tangga yang landai, maka alternatifnya membuat tangga dengan sisi miring normal namun tiap anak tangga dibuat tidak terlalu tinggi. 

 

Anda juga bisa mencari rumah dengan desain tangga minimalis yang cantik melalui CariProperti.com. Hanya melalui gadget, Anda bisa mendapatkan informasi akurat dari hunian idaman Anda. Segera kunjungi CariProperti.com untuk pengalaman mencari rumah idaman Anda.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...