10 Desain Pintu Minimalis yang Elegan dan Unik Untuk Rumah

Sopian Ahmad22 Jun 2023

Pintu rumah merupakan hal yang sangat penting untuk setiap rumah karena bisa menggambarkan kepribadian dari penghuninya. Selain itu pintu rumah juga bisa menambah nilai estetika atau keindahan dari rumah.

Jika dahulu pintu rumah hanya berfungsi sebagai salah satu elemen dari keamanan rumah, namun seiring berkembangnya waktu pintu memiliki berbagai gaya dan model yang mempercantik rumah. Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali pilihan pintu baik dari segi desain, material hingga fitur yang ditawarkan juga semakin beragam.

Memilih pintu rumah menjadi hal yang cukup sulit untuk sebagian orang, terlebih ada banyak faktor penentu dan juga model pintu yang ditawarkan saat ini.

Desain pintu, material bahan, ukuran, hingga harga tentunya menjadi pertimbangan dalam memilih pintu rumah.

Model pintu minimalis adalah pilihan yang patut kalian pertimbangkan saat hendak membeli pintu rumah. Meskipun terlihat simpel, namun desain minimalis memiliki beberapa keunggulan dimana desain ini cocok untuk banyak konsep rumah karena modelnya yang tidak terlalu mencolok. Selain itu desain pintu minimalis juga memiliki nilai tambah soal kerapian dan juga bisa membuat rumah terlihat luas.

Meskipun disebut desain minimalis, model pintu minimalis ini juga memiliki berbagai bentuk, gaya, serta ukuran loh. Berikut merupakan beberapa referensi model pintu minimalis yang bisa kalian jadikan inspirasi sebagai pintu rumah kalian.

1. Pintu Kayu Minimalis

Pintu Kayu Minimalis

Desain pintu yang pertama adalah desain pintu kayu minimalis. Model desain pintu ini sangatlah cocok untuk sebagian besar rumah yang memiliki ukuran bangunan kecil. Material kayu yang dibentuk dengan memadukan gaya modern dan klasik membuat model pintu ini elegan dan juga mewah.

Selain itu, desain pintu kayu minimalis ini sangat cocok dipadukan dengan banyak warna karena umumnya desain pintu kayu minimalis ini hanya diberi vernis dan masih menonjolkan serat kayu yang ada di dalamnya. Perpaduan warna coklat dengan hitam atau coklat dengan putih umumnya digunakan pada desain pintu kayu minimalis ini pada desain rumah yang minimalis atau kontemporer kesukaan kaum milenial.

2. Pintu Kupu Tarung Minimalis

Rekomendasi desain pintu yang kedua adalah model pintu kupu tarung minimalis. Desain pintu ini hampir mirip dengan desain pintu sebelumnya, namun yang membedakan kedua desain ini adalah jumlah kusen atau pintu kayu.

Jika pada desain sebelumnya jumlah pintu kayu hanya satu, model pintu kupu tarung minimalis memiliki jumlah kusen dua. Umumnya model ini digunakan pada rumah yang memiliki luas area yang lebih besar supaya terlihat lebih mewah. Pilihan model dari pintu kupu tarung minimalis ini juga cukup beragam, terdapat model kupu tarung yang kedua sisi kusen sama besar dan ada juga ukuran dua kusen yang tidak senada atau salah satu lebih besar.

3. Pintu Minimalis Elegan Klasik

Model pintu minimalis elegan klasik merupakan rekomendasi pintu yang cocok untuk anda yang menginginkan rumah dengan gaya tradisional. Pintu model ini umumnya berbahan dasar kayu jati dan diukir sesuai dengan keinginan pemilik karea umumnya pintu ini akan dibuat sesuai pesanan.

Motif dan ukiran menjadi ciri khas dari model pintu seperti ini karena menyesuaikan keinginan pemilik. Umumnya warna pintu model minimalis elegan klasik ini adalah vernis gelap yang tetap memperlihatkan serat kayu yang ada di dalamnya.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Jendela Untuk Pencahayaan Rumah Maksimal!

4. Pintu Minimalis Etnik

Jika model pintu sebelumnya cocok dengan gaya rumah yang tradisional, gaya pintu minimalis etnik sangatlah cocok untuk anda yang memiliki rumah dengan konsep rumah adat atau rumah daerah. Model pintu etnik ini akan dibuat menyesuaikan konsep rumah daerah anda dengan menambahkan beberapa ornamen khas daerah tersebut.

Namun jika rumah kalian tidak berkonsep daerah, pintu model ini juga cocok digunakan karena pintu ini dibuat berdasarkan keinginan anda. Umumnya pintu dengan model minimalis etnik cocok disandingkan dengan berbagai warna karena tidak memiliki motif yang terlalu berlebih.

5. Pintu Gaya Kontemporer

Sumber: Archify.com

Bagi kalian yang menginginkan pintu yang simpel dan elegan, model pintu kontemporer ini cocok menjadi pilihan anda. Umumnya pintu yang bergaya kontemporer ini diletakan pada bagian luar rumah yang memiliki ruangan besar karena pintu ini biasanya juga berukuran cukup besar.

Selain itu karena berbahan dasar kayu, pintu ini akan terlihat sangat elegan dan bisa menunjukan tingkatan sosial anda. Untuk motif sendiri, karena gaya kontemporer adalah gaya masa kini maka anda dapat menyesuaikan motif pintu ini sesuai trend yang sedang berlangsung.

6. Pintu Kayu Minimalis dengan Kaca

Pintu minimalis dengan kaca sudah umum digunakan oleh masyarakat indonesia. Selain untuk mempercantik, penambahan kaca pada pintu juga bisa menjadi jendela atau pencahayaan alami untuk bagian dalam rumah.

Model pitu ini umumnya digunakan pada rumah yang memiliki luas area yang terbilang besar karena ukuran pintu ini sendiri biasanya juga cukup besar.kaca yang digunakan sebagai aksen bisa diletakan dan dibentuk sesuai selera pemilik baik untuk motif dan juga ukurannya.

7. Pintu Minimalis Kaca

Bagi sebagian orang mungkin masih asing menjadikan kaca sebagai pintu. Namun tahukah kalian jika pintu jenis ini ternyata sangat cocok digunakan pada bagian penghubung antara ruang utama dengan taman loh.

Pintu minimalis kaca sangat cocok untuk anda yang menginginkan rumah berkonsep terbuka dengan pencahayaan alami. Namun perlu kalian ingat untuk memilih kualitas kaca yang terbaik karena kaca memiliki sifat memuai ketika panas dan juga menyusut ketika dingin.

8. Pintu Bergagang Besar

Jenis pintu ini mungkin sudah sering kalian lihat dimana pemilik rumah memberikan gagang yang besar pada pintu rumahnya. Hal ini bukan tanpa alasan atau suatu hal yang berlebih karena pintu bergagang besar bisa menambah cantik tampilan rumah.

Model pintu bergagang besar bisa kalian aplikasikan baik untuk satu kusen maupun dua kusen karena keduanya cocok dengan model ini. Namun meskipun cantik, hal yang harus kalian perhatikan adalah proporsional atau keselarasan ukuran karena sangat mempengaruhi estetika dari rumah.

Baca Juga:  9 Furniture Rumah Minimalis ini Bisa Bikin Ruangan Lebih Lega

9. Pintu Minimalis Aluminium

Bagi sebagian orang memberikan pintu berbahan aluminium pada rumah tinggal adalah hal yang kurang patas. Namun tahukah kalian jika pintu berbahan aluminium memiliki beberapa keunggulan loh dibandingkan pintu kayu.

Pintu aluminum sendiri umumnya digunakan pada bangunan komersial karena harganya yang murah. Meskipun murah namun saat ini pintu berbahan aluminium juga bisa menjadi pertimbangan anda karena memiliki motif yang beragam karena bisa dibentuk sesuka hati.

10. Pintu Minimalis Slider

Pintu Geser Minimalis
Sumber: Harapan Rakyat

Pintu rumah model slider bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang memiliki rumah dengan luas yang tidak terlalu besar. Selai sistem yang berbeda, pintu model ini juga memiliki model yang cenderung lebih simple dan biasa digunakan sebagai pemisah antar ruangan di dalam rumah.

Selain itu ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum menggunakan pintu dengan model slider ini seperti pemilihan bahan jika menggunakan kayu sebaiknya pilih kayu dengan kualitas terbaik. Selain itu kalian juga harus rajin melakukan perawatan pada sistem slidenya.

Diatas adalah 10 rekomendasi desain pintu minimalis yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih pintu rumah. Jika kamu sedang mencari rumah minimalis namun elegan serta berada di lokasi yang strategis, kamu bisa cek di Cariproperti, website kami akan memberikan penawaran rumah terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...