Ingin Beli Rumah Baru dengan Gaji Rp 5 Juta? Simak Tips Berikut Ini!

Admin Cariproperti01 Oct 2021

Tinggal di kota besar, seperti Jakarta, memang tidak mudah. Banyak tantangan yang akan dihadapi, mulai dari biaya kebutuhan sehari-hari yang tinggi hingga harga tanah dan rumah yang  lebih mahal daripada kota-kota lainnya.

Ditambah lagi dengan harga yang juga semakin naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, membeli rumah di kota besar tidaklah mudah. Terutama jika Anda merupakan fresh graduate dengan gaji berkisar Rp 5 Jutaan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Membeli rumah baru dengan gaji Rp 5 Jutaan memang tidak mudah, tetapi tidak mustahil.

Perlu adanya perencanaan yang matang agar Anda dapat berhasil membeli rumah. Selain itu, banyak juga hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat membeli rumah dengan gaji Rp 5 Jutaan.

Simak beberapa tips berikut ini untuk membantu Anda berhasil membeli rumah baru dengan gaji Rp 5 Jutaan!

1. Membeli Rumah dengan Program KPR

Membeli rumah dengan gaji Rp 5 Jutaan perbulan dengan cara tunai adalah hal yang sulit. Meskipun Anda menabung penghasilan Anda setiap bulannya, akan dibutuhkan waktu lama sebelum Anda berhasil membeli rumah tersebut. Jika Anda ingin membeli rumah dengan gaji Rp 5 Jutaan, akan lebih baik jika Anda membeli rumah tersebut melalui program KPR.

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah suatu program pinjaman yang diberikan oleh pihak perbankan kepada nasabah/pembeli rumah.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menyiapkan dana sebesar harga rumah, namun hanya perlu menyiapkan uang muka rumah saja. Kemudian, sisa harga rumah dapat diangsur setiap bulannya selama jangka waktu KPR yang telah ditentukan.

Setiap bank memiliki skema bunga yang berbeda, tergantung pada pihak bank. Bahkan, ada bank yang tidak memberlakukan bunga, seperti Bank Syariah.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengajukan KPR, Anda harus mencermati terlebih dahulu program KPR yang ditawarkan perbankan. Kemudian, pilih program KPR yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan Anda.

Baca juga: 7 Tips Wawancara KPR Agar Lolos dan Diterima

2. Menabung DP Rumah


Sumber: cermati.com

Sebelum Anda dapat mengajukan KPR, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Salah satu syarat tersebut adalah sudah memiliki uang muka rumah yang akan dibeli.

Uang muka ini biasanya berkisar 10% hingga maksimal 30% dari harga jual rumah. Oleh karena itu, Anda harus menabung terlebih dahulu uang muka rumah yang ingin Anda beli.

Anda harus siap menabung selama beberapa tahun, tergantung dari harga jual rumah yang ingin Anda beli. Hitunglah berapa waktu yang Anda butuhkan untuk berhasil mengumpulkan uang muka tersebut.

Setelah itu, Anda harus berkomitmen untuk menabung 30% atau lebih penghasilan Anda setiap bulannya selama jangka waktu tersebut. Dengan demikian, uang muka rumah tersebut sudah terkumpul sesuai dengan jangka waktu yang Anda tentukan.

Misalnya, Anda berpenghasilan Rp 5 juta perbulan dan ingin membeli rumah yang harganya sebesar Rp150 Juta. Uang muka yang harus Anda kumpulkan adalah sebesar 20% dari harga rumah, yaitu Rp30 Juta.

Jika Anda akan menyisihkan 30% dari penghasilan Anda untuk menabung uang muka rumah, maka Anda sudah berhasil mengumpulkan uang muka rumah tersebut dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun.

3. Siap Berkomitmen Jangka Panjang

Membeli rumah melalui program KPR akan memakan waktu yang panjang, terutama jika Anda memiliki gaji Rp 5 Juta perbulannya. Anda harus menyisihkan sekitar 30% atau lebih penghasilan Anda untuk membayar angsuran rumah. Itu pun harus dilakukan dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, Anda harus siap berkomitmen untuk mengangsur rumah tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Ingin memiliki rumah saja tidak cukup, Anda juga harus berdisiplin dan berkomitmen untuk membayar angsuran setiap bulannya.

Terutama jika Anda tidak terbiasa untuk menabung dan memiliki gaya hidup yang boros. Jika menabung untuk mengumpulkan DP rumah saja sulit, membayar angsuran rumah selama bertahun-tahun akan lebih sulit lagi.

4. Berhemat

Ketika Anda tidak memiliki beban, gaji Rp 5 Juta perbulan mungkin merupakan penghasilan yang cukup untuk Anda memiliki uang saku atau pengeluaran untuk aspek hiburan.

Namun, dengan adanya angsuran rumah setiap bulan, gaji Rp 5 Juta mungkin hanya cukup untuk membayar angsuran, tagihan penting serta kebutuhan sehari-hari saja.

Oleh karena itu, berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting harus dilakukan. Anda harus menghilangkan gaya hidup boros Anda dan mulai merencanakan keuangan Anda.

Baca juga: 5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Ketika membeli rumah melalui KPR, Anda harus membayar angsuran tersebut setiap bulan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentunya akan mengakibatkan perubahan pada pengeluaran Anda.

Tadinya, Anda memiliki uang lebih untuk membeli barang yang Anda inginkan, makan di luar dan sebagainya. Sekarang, Anda harus mengurangi pengeluaran tersebut karena harus membayar angsuran rumah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencari penghasilan tambahan untuk meringankan beban angsuran Anda.

Anda dapat menjadi freelancer ataupun membuka usaha kecil-kecilan. Selain itu, investasi juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mengerti tentang investasi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa investasi memiliki resiko. Akan lebih baik jika Anda memilih untuk berinvestasi dengan resiko yang rendah.

=======================================================================

Demikian sedikit tips agar Anda dapat membeli rumah dengan gaji Rp 5 Jutaan. Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa membeli rumah dengan gaji yang minim memang tidak mudah. Dibutuhkan komitmen jangka panjang dan disiplin agar Anda berhasil membeli rumah. Selain itu, dibutuhkan juga perencanaan yang matang sehingga pembelian rumah Anda tidak terkendala masalah finansial.

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...