10 Cara Mengusir Semut di Rumah Tanpa Harus Membunuh

Riana02 Aug 2023

Semut di rumah sering kali jadi masalah. Menaruh makanan jadi tidak aman karena baru sebentar saja sudah dikerubungi semut.

Sebenarnya, kehadiran semut di rumah memang tidak dapat dihindari. Bagaimanapun, semut masih memiliki perannya sendiri dalam ekosistem. Semut berperan untuk mengurai materi organik menjadi anorganik di dalam tanah.

Semut memang bukan hewan yang membahayakan. Akan tetapi, jika jumlahnya sudah terlalu banyak justru jadi mengganggu dan menjadi hama di dalam rumah.

 

Penyebab Semut Masuk ke Dalam Rumah

Meskipun semut dikenal menyukai makanan manis, akan tetapi sebenarnya semut bisa memakan hampir semua jenis makanan seperti manusia. Inilah salah satu alasan semut masuk ke dalam rumah, yaitu karena untuk mencari makanan.

Selain makanan, tentunya semut juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Karena itu, semut sering kali ditemukan dekat area cuci piring dan kamar mandi. Ruangan yang lembab juga dapat menarik semut untuk datang.

Tidak hanya mencari makanan dan minuman untuk bertahan hidup, semut juga masuk kedalam rumah untuk mencari perlindungan. Terlebih jika kondisi di luar rumah sangat kering.

Semut akan mencari tempat tinggal yang dekat dengan sumber air dan makanan untuk koloninya. Jadi, tak heran jika mereka memilih rumah Anda sebagai tempat tinggalnya juga.

 

Cara Mengusir Semut dari Rumah Secara Alami

Keberadaan semut di rumah dapat sangat mengganggu. Tapi, Anda tetap bisa mengusir semut tanpa harus membunuhnya, loh! Berikut adalah beberapa cara mengusir semut dari rumah dengan bahan alami.

1. Buah Citrus

cara mengusir semut di rumah
(Sumber: unsplash.com)

Setelah makan jeruk, atau masak menggunakan lemon dan jeruk nipis, jangan langsung buang kulitnya. Buat menjadi beberapa potongan kecil dan sebarkan di tempat-tempat yang sering didatangi semut. Anda bisa juga menaburkannya di lubang tempatnya keluar.

Kulit buah-buahan ini dapat mencegah semut untuk datang. Semut tidak menyukai aroma kuat yang dikeluarkan buah citrus. Dengan indra penciumannya yang sensitif, keberadaan kulit buah citrus ini membuat semut tidak berkeliaran lagi.

 

2. Bubuk Kopi


(Sumber: unsplash.com)

Jika Anda memiliki bubuk kopi di rumah, Anda bisa menggunakannya juga untuk mengusir semut. Aroma kopi yang kuat juga tidak disukai semut. Sama seperti dengan kulit buah citrus, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di beberapa titik.

 

3. Kayu Manis

cara mengusir semut di rumah
(Sumber: unsplash.com)

Aroma menyengat dari kayu manis juga dapat mengganggu penciuman semut. Letakkan beberapa batang kayu manis pada lubang tempat semut keluar. Agar lebih ampuh, Anda bisa menumbuk kayu manis untuk menghasilkan aroma yang lebih kuat. Dijamin semut tidak balik lagi!

 

4. Lada dan Bubuk Cabai


(Sumber: freepik.com)

Aroma pedas dari lada dan bubuk cabai tidak disukai semut. Karena itu, bahan rempah ini juga dapat digunakan untuk mengusir semut secara alami. Cukup taburkan saja secukupnya di titik-titik yang sering dihampiri semut dan semut tidak akan berkeliaran lagi.

 

5. Cuka

cara mengusir semut di rumah
(Sumber: freepik.com)

Saat mengepel lantai, campurkan sedikit cuka pada cairan pembersih. Cuka juga menjadi salah satu bahan yang tidak disukai semut. Selain ampuh mengusir semut, cuka juga bisa membantu menghilangkan kerak yang susah dibersihkan seperti pada cermin, kamar mandi, dan handle pintu.

 

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi Paling Mudah!

 

6. Peppermint Oil


(Sumber: unsplash.com)

Peppermint oil atau minyak peppermint biasanya digunakan sebagai aroma terapi, untuk membantu melancarkan pernapasan, dan untuk mengurangi stress. Tapi, ternyata minyak peppermint juga ampuh untuk mengusir semut.

Tuangkan peppermint oil secukupnya pada gumpalan kapas dan letakkan di beberapa titik, seperti di dekat tempat sampah atau pojok-pojok ruangan di mana semut biasa keluar.

 

7. Tea tree oil

cara mengusir semut di rumah
(Sumber: freepik.com)

Selain peppermint oil, tea tree oil juga dapat menjadi cara mengusir semut dari rumah yang ampuh tanpa membunuh. Metodenya pun hampir sama. Basahi kapas dengan tea tree oil dan letakkan di beberapa titik. Anda juga bisa dengan mencampurkan kurang lebih 10 tetes tea tree oil ke dalam botol pembersih dan semprotkan di beberapa area.

 

8. Tepung


(Sumber: freepik.com)

Siapa sangka ternyata tepung tidak hanya bermanfaat untuk membuat kue? Tepung juga bisa membantu Anda untuk mengusir semut. Cukup taburkan saja secukupnya di rak kitchen set Anda. Semut tidak mau berjalan melewati tepung dan makanan pun aman.

 

9. Garam

cara mengusir semut di rumah
(Sumber: freepik.com)

Cara kerja garam kurang lebih sama dengan tepung dalam mengusir semut. Dengan menaburkan garam, Anda membatasi ruang gerak semut sehingga dapat menghalangi semut dari mengerubungi makanan.

Agar lebih ampuh, Anda bisa juga menaburkan garam pada lubang-lubang tempat semut bersarang. Jangan lupa untuk pastikan terlebih dahulu tempat yang akan Anda taburi garam dalam keadaan kering.

 

10. Kapur Ajaib


(Sumber: pinterest.com)

Ingin cara mengusir semut dari rumah yang lebih simple? Gunakan kapur ajaib! Tidak perlu mencampurkan bahan apapun, cukup buat garis dengan kapur ajaib di sekitar kitchen set atau di meja makan. Semut tidak akan mau untuk menyebrangi kapur ajaib.

 

Cara Mencegah Semut Datang Lagi

Mengusir semut saja tidak cukup. Perlu juga tindakan untuk mencegah semut datang lagi ke rumah Anda. Nah, agar semut tidak datang lagi dan mengerubungi makanan, berikut ini beberapa cara mencegahnya yang bisa Anda coba.

1. Tutup Makanan dengan Rapat

Semut bisa melewati celah sekecil apapun, sehingga makanan Anda rawan untuk dihinggapi. Karena itu, Anda bisa meletakkan makanan di dalam wadah-wadah dengan tutup yang rapat. Pastikan bahwa tutupnya tidak dapat dilewati semut.

2. Buang Buah dan Sayuran yang Membusuk

Makanan dapat menarik semut untuk datang, tidak terkecuali buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika buah dan sayur yang Anda simpan sudah mulai membusuk, segera buang agar semut tidak berdatangan. Tidak hanya semut, Anda juga dapat mencegah serangga lain seperti lalat untuk datang. Jadi, jangan sampai ada buah dan sayuran busuk di rumah Anda!

3. Rajin Buang Sampah

Tempat sampah yang menampung segala sisa makanan menjadi tempat favorit semut. Agar semut tidak semakin berkeliaran kemana-mana, buang sampah secara berkala. Alangkah lebih baik jika bekas makanan basi atau busuk langsung dibuang ke pembuangan di luar rumah. Selain mencegah semut berdatangan, ini juga dilakukan untuk mencegah aroma tidak sedap di rumah Anda.

4. Tutup Lubang Tempat Semut Keluar

Jika Anda ingin benar-benar menghilangkan semut dari rumah, tutup lubang tempat semut keluar. Tanpa akses, semut tidak bisa masuk ke rumah Anda. Tidak hanya semut, ini juga dapat membantu Anda mencegah masuknya serangga lain yang menjadi hama di rumah Anda.

5. Pastikan Rumah Selalu Bersih

Hal yang paling utama agar Anda bebas dari semut maupun serangga lainnya adalah dengan memastikan rumah selalu bersih. Terkadang Anda mungkin tidak menyadari ada remah-remah makanan tersisa.

Ketika memasak pun sering kali ada beberapa bahan makanan tercecer di meja dapur seperti garam, gula, dan yang lainnya. Jadi, setelah masak langsung bersihkan meja dapur Anda untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Beberapa cara mengusir semut di rumah yang telah dijelaskan di atas dapat membantu Anda untuk menjaga kenyamanan rumah tanpa harus membunuh koloni semut. Bahan yang digunakan pun alami, jadi tidak perlu khawatir ada bahan kimia keras yang justru berpotensi membahayakan Anda.

Temukan tips tempat tinggal nyaman lainnya dan berbagai pilihan rumah paling ideal dengan CariProperti. CariProperti siap bantu menemukan rumah idaman keluarga Anda. Kunjungi websitenya sekarang!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...