6 Cara Pasang WiFi di Rumah Lengkap Dengan Prosedur dan Harganya

Admin CariProperti14 Apr 2022

Saat ini, penggunaan internet menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi hampir setiap orang. Apalagi kondisi Pandemi Covid 19 juga berpengaruh terhadap kebiasaan baru berupa WFH (Work From Home). Dengan adanya sistem sekolah dan kerja secara online, maka sangat wajar jika banyak orang yang mencari tahu cara pasang wifi di rumah.

Tidak hanya untuk sekolah dan bekerja, internet juga semakin dibutuhkan dalam banyak hal, seperti mengirim pesan, berkoneksi di media sosial, jualan secara online, streaming film, dan masih banyak lagi. 

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari internet, ada baiknya Anda berlangganan WiFi di rumah. Agar lebih hemat, berikut cara pasang wifi di rumah serta rekomendasi paket WiFi untuk Anda.

Cara pasang wifi di rumah

1. Periksa cakupan layanan area provider

Sebelum berlangganan, cara memasang WiFi di rumah adalah periksa cakupan area dari layanan provider yang akan digunakan. Hal ini tentunya sangat penting, karena Anda harus memilih provider yang mencakup area lokasi rumah Anda. Misalnya, ada provider yang hanya mencakup kota-kota besar seperti Jakarta. Ada juga provider yang hanya mencakup daerah Jabodetabek. Maka dari itu, pilihlah provider yang koneksinya bagus di tempat tinggal Anda.

2. Cari informasi 

Selain memeriksa area provider, ada baiknya Anda juga mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait layanan WiFi yang akan digunakan. Cari tahu jenis paket yang ditawarkan, biaya langganan setiap bulannya, hingga kecepatan koneksinya. Misal, Anda mencari paket WiFi dengan biaya sekitar Rp 200.000an per bulan. Dengan budget tersebut, Anda bisa mendapatkan layanan internet dengan kecepatan 15 hingga 20 Mbps.

Dalam mencari informasi, ada baiknya juga Anda mencari testimoni pengguna sebelumnya. Tanyakan terkait cara pasang WiFi di rumah, seberapa bagus sinyalnya, hingga biaya langganan perbulan. Testimoni ini bisa Anda dapatkan dari internet maupun teman-teman Anda yang sudah lebih dulu menggunakannya.

3. Kontak pihak pelayanan provider internet

Jika Anda sudah menentukan jenis dan merk  WiFi yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah dengan mengontak pihak pelayanan provider. Anda bisa mendatangi kantor pelayanan terdekat atau menghubunginya secara online. Pastikan juga Anda sudah menyiapkan berbagai data yang sekiranya dibutuhkan, seperti KTP atau kartu tanda pengenal lainnya.

4. Isi formulir dan Pilih Paket

Setelah mengontak pihak provider, cara pasang WiFi di rumah selanjutnya adalah mengisi formulir yang disediakan. Lengkapilan formulir dengan data-data yang dibutuhkan. Setelah mengisi formulir, pilih paket yang sebelumnya sudah Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin mencari tahu lagi soal paket WiFi, Anda juga bisa menanyakan langsung ke petugas. 

5. Bayar Tagihan Wifi

Jika Anda sudah mengisi formulir dan menentukan paket langganan, langkah selanjutnya adalah bayar transaksi pertama Anda. Untuk mengetahui kisaran biaya tagihan WiFi, di bagian akhir artikel akan ditampilkan beberapa rekomendasi WiFi rumah beserta harganya. 

Setelah transaksi, Anda akan diminta membayar tagihannya. 

6. Buat janji dengan teknisi

Setelah melakukan transaksi, biasanya petugas akan menginfokan terkait jadwal pemasangan WiFi. Dalam hal ini, provider internet akan mengirimkan teknisi yang bertugas memasang perangkat WiFi di rumah Anda. Ketika membuat janji dengan teknisi, sebaiknya pilih waktu pemasangan ketika Anda berada di rumah. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memantau secara langsung proses pemasangannya.

Baca juga : 8 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

Rekomendasi Wifi rumah beserta harganya

Setelah mengetahui cara pasang WiFi di rumah, berikut adalah beberapa rekomendasi WiFi beserta harganya.

IndiHome

IndiHome merupakan layanan internet yang cukup populer di Indonesia. Produk ini merupakan internet resmi dari PT Telkom Indonesia yang merupakan salah satu BUMN di Indonesia. Untuk kisaran harga paket IndiHome sangatlah bervariasi tergantung dengan paket yang dipilih, yaitu mulai dari Rp 245.000 sampai Rp 995.000 perbulan.

Paket internet yang tersedia di IndiHome diantaranya adalah Paket 1P, Paket 2P (Internet +Phone), Paket IndiHome 2P (Internet+TV), Paket Guru, dan Paket Gamer. Tersedia juga Paket IndiHome 3P (Internet+TV+Phone) dengan harga mulai dari Rp Rp375.000 perbulan.

Indosat GIG

Rekomendasi selanjutnya adalah provider Indosat GIG di bawah naungan PT Indosat Tbk. Harga paket berlangganannya sangat terkangkau, yaitu mulai dari Rp 280.000 per bulan dengan kecepatan internet 20 Mbps. Biaya tersebut belum termasuk biaya pemasangan paket GIG dan biaya sewa modem. Namun, Indosat membebaskan biaya pemasangan untuk para penggunanya.

First Media

Pada awalnya, First Media merupakan perusahaan yang bergerak di bidang TV kabel dan penyedia internet paling awal. Paket internet yang ditawarkan pun beragam, yaitu mulai dari Rp 384.000  per bulan dengan biaya pemasangan sekitar Rp 200.000. Jenis paket yang ditawarkan pun sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Itulah ulasan mengenai cara pasang WiFi di rumah lengkap dengan rekomendasi WiFi dan harganya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk membeli rumah yang strategis dan tidak jauh dari kantor provider WiFi, Anda bisa cari hunian impian Anda di Cari Properti. Pada website tersebut, tersedia berbagai pilihan rumah berkualitas dengan harga terjangkau.

Tertarik dengan jual Rumah Jakarta Utara yang strategis? Temukan rumah impian Anda sekarang!

 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

15 Feb 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

26 Nov 2021

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...