5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Low Budget untuk Rumah Anda

Admin Cariproperti06 Dec 2021

Apakah anda sedang mencari inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis?

Ruang tamu, merupakan salah satu ruangan terpenting dalam rumah. Ruangan ini menjadi tempat menyambut tamu-tamu yang berkunjung ke rumah anda. Ruang tamu yang nyaman akan memberikan kenyamanan bagi para tamu. Karena hal tersebut, dekorasi ruang tamu menjadi penting sebagai pendukung dari gaya ruangan pada rumah atau hunian tempat anda tinggal.

Dekorasi ruang tamu minimalis merupakan jenis dekorasi yang banyak diminati. Dalam mendekorasinya, terdapat kesulitan tersendiri, mulai dari ukuran ruang tamu yang sempit, budget yang sedikit, penempatan barang-barang, dan masih banyak lagi. 

Supaya anda tidak bingung dalam mendekorasi ruang tamu minimalis, berikut 5 ide dekorasi ruang tamu minimalis yang low budget untuk anda.

Gunakan Warna Netral Untuk Semua Komponen di Ruang Tamu

Minimalis merupakan penggunaan unsur-unsur sederhana dan multifungsi untuk mendapatkan kesan terbaik. Dalam hal dekorasi ruangan, dekorasi minimalis berarti penggunaan komponen-komponen sederhana, termasuk ke dalam warna dari komponen-komponen tersebut. 

Ketika mendekorasi ruang tamu minimalis, gunakan warna cerah namun tidak mencolok seperti putih, abu-abu, monokrom, atau warna-warna pastel sehingga tidak ruang tamu anda tidak terlalu mencolok sehingga ruang tamu terasa nyaman untuk dilihat.

Perabot Multifungsi

Kembali ke arti dari minimalis, yaitu penggunaan unsur-unsur sederhana dan multifungsi untuk mendapatkan kesan terbaik, maka jika perabot yang digunakan di ruang tamu adalah perabot multifungsi, anda sudah menerapkan desain minimalis itu sendiri. 

Seperti sebagai contoh, kursi atau sofa yang bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, atau rak penyimpanan buku atau barang lainnya yang bisa dijadikan sebagai sekat atau pembatas ruangan. Perabot multifungsi tersebut memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah tidak memakan tempat terlalu banyak sehingga ruangan tidak terlihat sempit, selain itu, biasanya perabot multifungsi tidak terlalu mahal jadi anda bisa menghemat pengeluaran anda.

Tanaman Hias di Ruang Tamu

Dengan warna ruang tamu yang netral, maka tanaman hias di ruang tamu akan membuat kesan dan nuansa yang sejuk dan juga asri di ruang tamu anda. Pot tanaman yang juga berwarna netral dan mungkin berbahan natural, lalu tanaman hijau akan memberikan kesan yang nyaman dan juga memberikan kesan dari ruang tamu minimalis lebih terlihat lagi. Tanaman tersebut juga dapat menjadi filter udara alami di ruang tamu anda. 

Namun sebagai pilihan jika anda tidak ingin menggunakan tanaman hias asli, anda dapat menggunakan tanaman tiruan untuk tetap menambah suasana hijau di ruang tamu anda. Harga dari tanaman hias pun terbilang terjangkau, bahkan ada beberapa tanaman hias yang harganya di bawah 100 ribu rupiah, terjangkau bukan?

Penggunaan Karpet

Karpet merupakan salah satu dekorasi ruang tamu minimalis yang low budget. Keberadaan karpet akan membuat ruang tamu anda terasa lebih hangat dan nyaman. Penggunaan karpet di ruang tamu juga akan meminimalisir gesekan atau kerusakan ketika ada barang yang jatuh. Tak hanya itu, karpet juga bisa menjadi alas sehingga anda ataupun tamu-tamu anda bisa juga duduk di bawah. 

Selain dari segi fungsional, keberadaan karpet juga menambah cantik ruang tamu anda. Salah satu jenis karpet yang banyak diminati adalah karpet bulu, dimana selain bahannya yang lembut, harganya juga relatif terjangkau. 

Memanfaatkan Dinding

Dinding di ruang tamu bisa dimanfaatkan dari segi estetikanya, dari segi fungsionalnya, ataupun keduanya. Dengan memanfaatkan dinding di ruang tamu sebagai tempat penyimpanan buku misalnya, atau dengan menempel hiasan dinding seperti keramik, jam dinding atau foto-foto yang dibingkai sehingga semua ruang termanfaatkan dengan baik, termasuk dinding di ruang tamu.

 

***

Itulah 5 ide dekorasi ruang tamu minimalis low budget yang bisa anda aplikasikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika anda mencari rumah dengan konsep minimalis, anda bisa mencarinya di situs CariProperti.com. Terdapat banyak pilihan cluster minimalis, seperti Cluster Myza dan Inspirahaus yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda. 

Nantikan artikel-artikel selanjutnya tentang dekorasi, properti dan lainnya di CariProperti.com ya!

Baca juga : 12 Inspirasi Desain Kamar Tidur yang Unik dan Modern

 

Artikel Lainnya

24 Nov 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

24 Nov 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

24 Nov 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...