7 Inspirasi Desain Ruangan Tanpa Sekat Cocok Untuk Nobar Bola

Admin CariProperti02 Dec 2021

Memiliki rumah merupakan impian dari setiap orang. Untuk mewujudkannya tentunya harus dengan perencanaan yang matang. Perencanaan bukan hanya saja dari cara bayar, mengelola uang, namun juga desain yang akan diaplikasikan ke dalam rumah impian tersebut. Banyak sekali tren desain terbaru yang memberikan kesan mewah dan elegan bagi setiap rumah. Salah satunya adalah ruangan tanpa sekat.

Ruangan tanpa sekat saat ini sedang menjadi tren desain yang selalu diaplikasikan di setiap rumah yang dibangun oleh beberapa pengembang properti. Kehadiran ruangan tanpa sekat ini memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat bagi penghuni untuk tetap nyaman tinggal di rumah. Desain interior ini akan membuat rumah terlihat sangat luas.

Biasanya desain tanpa sekat ini dibangun pada rumah minimalis dengan lahan yang terbatas, sehingga bisa memaksimalkan setiap sudut ruangan. Dengan desain ini juga dapat memberikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah lebih maksimal ke setiap sudut ruangan dan sirkulasi udara juga dapat berjalan lancar.

Sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia yang selalu bersilaturahmi dengan mengunjungi atau mengundang banyak orang untuk berkumpul di rumah. Aktifitas seperti nobar bola, BBQ party, arisan, dan lainnya menjadi acara yang sering untuk diadakan. Dengan ruangan tanpa sekat, mengadakan acara akan tidak terasa sempit dan mengobrol jauh lebih asik.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui desain ruangan tanpa sekat yang bisa menjadi referensi untuk membuat rumah anda terasa lebih luas walaupun dengan lahan yang terbatas.

1. Menyatukan ruang keluarga dan dapur

Ruang dapur pada umumnya terpisah berada di bagian belakang dan terdapat pintu atau dinding yang menjadi sekat antara dapur dan ruang keluarga. Padahal dengan menghilangkan dinding sekat tersebut akan memberikan kesan luas pada rumah. Selain itu, penghuni bisa menempatkan meja makan di tengah ruangan yang sekaligus bisa juga menjadi sekat.

2. Furniture sebagai sekat

Furniture menjadi faktor penting dalam penataan ruangan tanpa sekat ini. Ketika ruangan sudah tidak ada sekat, namun ingin tetap terlihat ada batas antar ruangan tanpa mengurangi jarak pandang, penggunaan furniture menjadi pilihan yang tepat. Bisa menggunakan lemari atau vas bunga, dan sebagainya yang tidak terlalu besar dan menghabiskan tempat.

Tata letak furniture juga harus tetap diperhatikan agar tidak menumpuk di satu sisi dan menghalangi estetika. Gunakan furniture yang simple serta lebih rendah dari jarak pandang, agar penglihatan tetap meluas ke seluruh ruangan. Pilihlah furniture yang senada dengan warna cat interior dan desain rumah keseluruhan. 

3. Penggunaan warna cat

Selain furniture, ada faktor lain yang tidak kalah penting namun memberikan efek besar dalam desain ruangan tanpa sekat. Hindari penggunaan warna cat gelap, idealnya anda bisa menggunakan warna cat putih atau warna soft agar ruangan terlihat lebih luas. Warna cat terang jika dipadukan dengan furniture yang bernuansa kayu akan sangat cocok sehingga suasana rumah akan terasa lebih alami.

4. Hadirkan tanaman hias

Menghadirkan tanaman hias tentunya mempunyai peran tersendiri dalam estetika suatu ruangan. Tanaman hias bisa anda hadirkan di sudut ruangan atau bahkan bisa anda taruh di rak minnimalis sebagai hiasan pelengkap. Selain memberikan keindahan dalam rumah, tanaman hias juga bisa bermanfaat menjadi sekat pengganti furniture antar ruangan.

Anda bisa memilih menggunakan tanaman palsu jika tidak ingin repot merawat atau bisa memilih tanaman asli yang bisa hidup di dalam ruangan. Seperti, sirih gading, lidah mertua, anggrek, dan yang lainnya. Pemilihan pot juga bisa mendukung estetika ruangan.

Baca juga : 9 Alat dan Bahan Barbeque yang Harus Ada Saat Pesta di Rumah

5. Menambahkan mini bar

Desain interior minimalis tanpa sekat juga bisa dimaksimalkan dengan adanya mini bar sebagai pengganti ruang makan. Selain akan membuat ruangan jauh lebih luas di lahan yang terbatas, interior rumah akan lebih estetik seolah berada di kafe dan nobar bola akan semakin seru,  juga akan lebih praktis untuk berbincang bersama teman dan menghidangkan masakan.

6. Desain minimalis memanjang

Desain ruangan tanpa sekat bukan hanya dapat diaplikasikan mengikuti lebar ruangan, namun juga bisa memanjang mengikuti panjang rumah. Penggunaan desain ruangan yang memanjang ini dapat memberikan jarak pandang lebih jauh. Pada area ini, ruang makan, ruang keluarga, dan dapur dapat diposisikan sejajar. Dapur dapat diletakkan di pojok ruangan dan ruang makan di antara ruang keluarga dan dapur.

7. Ruang tamu kecil

Kehadiran seorang tamu sewajarnya disambut dahulu di ruang tamu, maka dari itu bagi beberapa orang adanya ruang tamu masih diperlukan. Ruang tamu yang kecil bisa menjadi solusi desain ruangan tanpa sekat ini. Dengan ruang tamu kecil akan lebih mudah mengatur furniture. Selain itu, bisa juga menyatukan ruang keluarga dengan ruang tamu sehingga lebih hangat berbincang.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika anda memilih untuk memisahkan kedua ruangan tersebut, jangan membuat dinding sebagai sekat, namun bisa diganti dengan lemari berlubang atau yang tidak melebihi pinggang sehingga kesan luas tetap ada.

---

 

Demikian rekomendasi desain ruangan tanpa sekat yang bisa memberikan kehangatan lebih dan keseruan berbincang bersama keluarga atau ketika mengadakan acara seperti nobar bola, arisan, atau BBQ party. Anda bisa menyesuaikan desain ruangan tanpa sekat ini dengan kebutuhan dan luas rumah anda.

Untuk anda yang sedang mencari rumah dengan desain ruangan tanpa sekat yang seperti yang disebutkan diatas, dapat anda temukan di CariProperti situs pencarian properti yang menawarkan harga menarik dengan pelayanan yang terbaik.

Artikel Lainnya

04 Apr 2024

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

07 Jul 2022

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian mela...

27 Jun 2022

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode simulasi...