7 Tips Investasi Rumah Bagi Pemula Lengkap Dengan Manfaatnya

Rizkyanto26 Jan 2023

Kamu ingin melakukan investasi untuk jangka panjang, tetapi tidak tahu harus melakukan investasi apa dan bagaimana? tenang investasi rumah bisa jadi investasi pertamamu lho, karena investasi rumah bisa jadi aset jangka panjang untuk kamu dan bisa memberikan kamu banyak keuntungan nantinya.

Sekarang ini sudah mulai banyak masyarakat yang aware tentang investasi, maka sudah tak heran lagi kalau kini tren investasi mulai berkembang sangat pesat di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk kamu yang ingin melakukan investasi terutama investasi rumah, simaklah artikel berikut ini yang akan memberikan tips investasi rumah terutama bagi pemula.

Namun sebelum masuk ke tips investasinya, nah kamu harus tahu nih manfaat dari investasi rumah apa saja. Yuk chek this out!

Manfaat Investasi Rumah

1. Bisa jadi pendapatan pasif

Keuntungan investasi rumah yang pertama adalah rumah bisa menjadi pendapatan pasif kamu lho, maksud dari pendapatan pasif disini adalah jika kamu membeli sebuah rumah dan tidak berniat untuk ditempati, kamu bisa menyewakan rumah tersebut untuk sebagai kontrakan maupun kos - kosan.

2. Harga rumah terus naik setiap tahunnya

Seperti yang kita tahu kalau harga rumah jarang sekali menurun bahkan harganya naik tiap tahunnya, hal ini disebabkan karena banyaknya permintaan masyarakat dalam membeli rumah ditambah dengan keterbatasan lahan sehingga masyarakat lebih memilih membeli ketimbang harus membangunnya. Maka dari itu jika kamu membeli sebuah rumah lalu kamu jual atau disewakan kembali itu akan sangat menguntungkan kamu lho.

3. Rumah merupakan properti yang bersifat multiguna

Multiguna disini dapat diartikan jika kamu mempunyai sebuah rumah apalagi jika rumah tersebut berada di lokasi yang sangat strategis, selain berfungsi untuk tempat tinggal rumah kamu bisa dijadikan tempat usaha dan bisnis lho seperti kantor ataupun ruko, sebagai contoh kini mulai banyak tumbuh perusahaan startup yang menjadikan rumah sebagai kantor mereka dibanding dengan gedung perkantoran.

4. Bisa untuk investasi jangka panjang

Keuntungan yang terakhir seperti yang kita tahu kalau rumah menjadi salah satu investasi jangka panjang, kalau kamu membelinya sekarang lalu dalam 10-15 tahun mendatang kamu ingin menjualnya maka harganya akan berkali lipat lho karena harga rumah cenderung naik tiap tahunnya tentu ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar bukan.

Oke jika kamu sudah mengerti manfaat dari investasi rumah dan sudah berniat mau melakukan investasi, berikut tips supaya investasi yang kamu lakukan tepat dan akan memberikan nilai keuntungan yang sangat besar

Tips Investasi Rumah

1. Pastikan kondisi finansial kamu dalam keadaan stabil

Sebelum kamu membeli rumah pastikan kondisi finansial kamu sudah stabil ya terutama jika kamu membeli rumah dengan metode pembayaran cicilan/KPR sehingga kedepannya kamu tidak telat atau terburu - buru dalam membayarkan tagihannya, selain itu dengan membeli sebuah rumah baik cash ataupun cicilan kamu juga butuh biaya tambahan untuk melakukan pemeliharaan dasar seperti biaya listrik, air dan sebagainya.

2. Pilihlah tipe properti yang tepat

Tips yang kedua adalah pilihlah tipe properti yang sesuai dengan budget kamu, sehingga dalam memilih properti rumah kamu bisa menemukan rumah yang tepat, nyaman, serta sesuai dengan keinginan kamu, pilihlah rumah dengan bangunan yang masih kokoh dan bersih sehingga kamu tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi. 

3. Kenali dulu soal capital gain

Sebelum kamu membeli sebuah rumah untuk investasi ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu soal capital gain ini. Capital gain atau keuntungan modal adalah sebuah keuntungan yang diperoleh dari investasi dimana nilainya melebihi harga pembelian. Dalam bidang properti biasanya capital gain ini terjadi ketika investor membeli sebuah properti kemudian menahan properti tersebut dan tidak menjualnya lalu menjual kembali dalam beberapa tahun mendatang misal maka akan mendatangkan keuntungan yang besar.

4. Perbanyak riset

Melakukan riset sangatlah penting terutama untuk melakukan investasi, jadi sebelum kamu membeli rumah untuk investasi ada baiknya kamu riset secara mendalam terkait informasi, detail rumah dan sebagainya. Melakukan riset sangat mudah kamu bisa mencari ulasan di google ataupun survei langsung, dengan melakukan riset kamu jadi punya banyak pilihan rumah yang ingin kamu jadikan investasi.

5. Periksa lokasi

Jika kamu ingin menjadikan rumah sebagai nilai investasi kamu harus periksa terlebih dahulu apakah lokasi rumah tersebut sangat strategis dan sangat cocok untuk tujuan investasi misal tujuan kamu membeli rumah untuk dijadikan kos - kosan maka tentukanlah lokasi yang dekat kampus yang banyak mahasiswa dari luar kota atau jika rumah kamu ingin dijadikan kantor pilihlah lokasi yang memang strategis dan memiliki akses yang mudah untuk menunjang mobilitas.

6. Bisa untuk sumber penghasilan tambahan

Membeli suatu rumah untuk dijadikan investasi tentu akan menambah penghasilan kamu, apalagi jika kamu membeli sebuah rumah di lokasi yang sangat strategis lalu kamu sewakan per bulan atau per tahun saja kamu sudah bisa mendapat banyak keuntungan lho.

7. Rumah bisa sebagai aset 

Menurut Robert Kiyosaki seorang pakar keuangan, tidak semua benda adalah aset, menurut beliau aset adalah segala sesuatu yang bisa memberikan kamu keuntungan dan pemasukan, jadi ketika kamu membeli sebuah rumah lalu dijadikan investasi rumah tersebut bisa dikatakan aset namun jika kamu membeli sebuah rumah untuk ditinggali dan tidak memberikan kamu keuntungan maka rumah tersebut tidak bisa dikatakan sebagai aset melainkan liabilitas atau kewajiban yang harus dikeluarkan.

Nah itu dia tadi 7 tips investasi rumah bagi pemula lengkap dengan manfaatnya, jika kamu sedang mencari rumah untuk dijadikan investasi cek saja Cari Properti karena disana terdapat puluhan properti terbaik yang bisa kamu jadikan investasi lho.

Kunjungi cluster perumahan berkualitas di kawasan berikut :

Jual Rumah Bandung

Jual Rumah Summarecon Bandung

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...