7 KTA Tanpa Kartu Kredit, Bunga, Cara, dan Persyaratannya

Riana06 Sep 2023

Banyak hal yang terjadi dalam hidup. Hal-hal tidak terduga bisa menimpa kapan saja. Terkadang, keadaan yang demikian pun akhirnya memaksa Anda untuk memiliki dana secepat mungkin, sedangkan tabungan yang Anda miliki belum mencukupi untuk kebutuhan yang mendadak ini.

Disitulah KTA hadir untuk membantu menjawab permasalahan Anda. KTA atau Kredit Tanpa Agunan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pinjaman uang dari bank dalam waktu yang singkat.

Sesuai dengan namanya, KTA tidak menuntut jaminan apapun dari Anda. Namun, biasanya salah satu syarat dalam mengajukan KTA adalah kepemilikan kartu kredit.

Tidak semua orang memiliki kartu kredit dan mungkin Anda adalah salah satunya. Maka dari itu, beberapa penyedia keuangan pun memberikan layanan KTA tanpa kartu kredit. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut!

 

Apa itu KTA Tanpa Kartu Kredit?

KTA Tanpa Kartu Kredit
(Sumber: freepik.com)

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah metode pinjaman di mana Anda bisa meminjam sejumlah uang dengan memberikan barang lain sebagai jaminannya. KTA Tanpa Kartu Kredit pun berarti Anda bisa meminjam uang tanpa memberikan jaminan dan tanpa kepemilikan kartu kredit.

KTA Tanpa Kartu Kredit dapat sangat membantu Anda ketika sedang terdesak dengan suatu masalah. Anda tidak perlu memikirkan persyaratan kartu kredit dan dana yang dapat diperoleh pun lebih cepat.

 

Keunggulan KTA Tanpa Kartu Kredit


(Sumber: freepik.com)

Kemudahan mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit memang menggiurkan. Jenis kredit ini memang menyimpan berbagai keunggulan. Tiap penyedia memberikan penawaran yang menarik. Tidak heran jika banyak orang yang berminat.

1. Pencairan Dana Relatif Lebih Cepat

Pencairan dana KTA Tanpa Kartu Kredit relatif lebih cepat. Karena itulah kredit jenis ini dipilih mereka yang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Jika Anda sudah memenuhi berbagai persyaratan dengan tepat, dana yang Anda ajukan dapat cair dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

2. Persyaratan yang Dibutuhkan Lebih Simple

Sesuai dengan namanya, Anda tidak perlu memiliki kartu kredit untuk mengajukan KTA ini. Tidak perlu juga memberikan harta berharga lain sebagai jaminan.

Namun, tetap ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena persyaratan dokumen yang perlu Anda siapkan pun tidak terlalu banyak.

Untuk mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit, beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut.

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Masih berusia antara 21 hingga 55 tahun saat tenor berakhir
  • Memiliki penghasilan tetap minimal Rp.2.000.000 hingga Rp.3.000.000 per bulan
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Slip gaji bulanan
  • NPWP (Apabila dana pinjaman yang diajukan melebihi Rp.50.000.000)

3. Proses Pengajuan Lebih Mudah

Selain tidak memerlukan banyak dokumen, proses pengajuannya juga lebih mudah. Beberapa penyedia keuangan bahkan menyediakan layanan online. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa layanan penyedia keuangan yang Anda pilih resmi dan sudah diawasi oleh OJK.

4. Jumlah Pinjaman, Tenor, dan Bunga Lebih Kompetitif

Dengan KTA Tanpa Kartu Kredit, Anda bisa mengajukan pinjaman hingga Rp.200.000.000. Beberapa penyedia bahkan bisa memberikan limit yang lebih besar lagi. Bunga yang ditetapkannya pun kompetitif, yakni sekitar 1% hingga 2% perbulan.

Jangka waktu pelunasan yang diberikan KTA Tanpa Kartu Kredit juga cukup menarik, baik jangka pendek maupun panjang. Anda bisa memilih tenor 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan.

 

Baca juga: Cara Lolos BI Checking, Dijamin Ampuh Bebas dari Blacklist!

 

7 Penyedia KTA Tanpa Kartu Kredit

Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit memang relatif mudah. Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa rekomendasi penyedia pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Bank BRI

Rekomendasi pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Bank BRI. Bank BRI memiliki produk Briguna Karya sebagai layanan KTA Tanpa Kartu Kredit. Limit yang diberikan BRI memang tidak terbatas, namun tetap mempertimbangkan kemampuan Anda. Tenor yang diberikan pun mencapai 15 tahun atau sampai memasuki masa persiapan pensiun.

Beberapa persyaratan yang perlu Anda persiapkan untuk mengajukan di Bank BRI antara lain KTP, NPWP, KK, SK Pengangkatan Pertama dan Terakhir, buku tabungan BRI, pas foto pasangan apabila sudah menikah, dan formulir permohonan pinjaman.

2. CIMB Niaga

Xtra KasBon dari CIMB Niaga merupakan layanan KTA Tanpa Kartu Kredit. Namun, untuk mengajukan pinjaman ini, Anda tetap perlu memiliki tabungan Payroll CIMB Niaga karena pelunasannya akan didebit secara langsung dari rekening ini.

Untuk mengajukannya, Anda perlu menyiapkan KTP. Pengajuan ini hanya dapat dilakukan melalui OCTO@Work yang ada di aplikasi OCTO Mobile. Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp.500.000.000 hingga Rp.10.000.000 dengan bunga harian 0,15%. Pengajuan Anda akan diproses dalam waktu 3x24 jam.

3. OK Bank

Jika Anda mencari penyedia dengan suku bunga yang kompetitif, Anda bisa mencoba OK Bank. Bank ini menyediakan suku bunga mulai dari 0.89% hingga 3.49% per bulan. Dengan suku bunga ini, Anda bisa mengajukan pinjaman hingga Rp.200.000.000 dengan lama pencairan sekitar seminggu.

Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit di OK Bank dapat dilakukan melalui laman resmi bank. Anda juga perlu menyediakan beberapa dokumen seperti KTP, slip gaji, rekening koran untuk wiraswasta, dan NPWP jika Anda mengajukan pinjaman lebih dari 50 juta.

4. Bank Permata

Bank Permata juga menyediakan layanan KTA Tanpa Kartu Kredit. Limit pinjaman yang diberikan mencapai hingga Rp.300.000.000. Suku bunga yang ditawarkan pun cukup menarik, yaitu mulai dari 0.88% hingga 2.39% per bulan.

Bank Permata menyediakan beberapa produk KTA yang beragam. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

5. Jenius BTPN

Anda mungkin sudah mulai tidak asing dengan penyedia yang satu ini. Jenius merupakan bank digital dari Bank BTPN.

Jenius memiliki produk Flexi Cash dengan limit pinjaman hingga Rp.200.000.000. Suku bunga yang ditawarkan 0.99% hingga 3.5% per bulan. Anda bisa mengajukan Flexi Cash dengan mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu dari aplikasi resmi Jenius. Meski Anda belum ingin mengajukan pun, Anda tetap dapat mengaktifkannya agar jika sewaktu-waktu butuh dana darurat, Anda tinggal mengajukan saja.

Namun, sayangnya hanya beberapa nasabah terpilih yang dapat mengajukan Flexi Cash. Pihak Jenius biasanya akan menghubungi nasabah secara langsung. Anda bisa juga menghubungi call center untuk informasi lebih lanjut.

6. Tokopedia

Tidak hanya bank, Tokopedia juga menyediakan layanan KTA Tanpa Kartu Kredit. Namun, Anda akan dikenakan beberapa biaya saat pengajuan KTA diterima, seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya pelunasan lebih awal, biaya keterlambatan, serta biaya asuransi.

Anda dapat mengajukan KTA melalui aplikasi resmi Tokopedia. Besaran limit pinjaman tergantung pada aktif atau tidaknya akun Anda serta histori pembayaran pinjaman di Tokopedia sebelumnya. Semakin baik, semakin besar juga limit yang bisa Anda ajukan.

7. KEB Hana Bank

Anda bisa mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit di Hana Bank dengan limit hingga Rp.200.000.000. Suku bunga yang diterapkan yaitu sekitar 0.95% hingga 1.49% per bulan.

Hana Bank tidak mengenakan biaya administrasi, namun ada biaya provisi sebesar 3.5% yang perlu Anda bayar. Tenor pelunasan yang bisa Anda pilih antara lain 12, 24, 36, 48, dan 60 bulan.

Mengajukan KTA memang mudah dan simple. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kebutuhan agar besaran pinjaman yang diajukan tidak melebihi kemampuan Anda.

Hanya ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit untuk urusan yang terdesak, tujuan produktif, dan bukan untuk tujuan rekreasi dan hal lainnya yang tidak genting.

 

Cari rumah di Jakarta, Depok, Tangerang, maupun kota lainnya? Temukan dengan CariProperti. Ribuan pilihan rumah di berbagai kota di Indonesia yang berkualitas dan terpercaya. Dengan CariProperti, punya rumah idaman jadi lebih mudah! Kunjungi website resmi CariProperti sekarang!

Artikel Lainnya

16 Sep 2022

10 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

12 Dec 2023

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

24 Aug 2023

9 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...