Lebih Baik Mana? Beli Rumah atau Bikin Rumah?

Admin Cariproperti20 Sep 2021

Memiliki tempat tinggal merupakan impian bagi setiap orang. Untuk mewujudkannya perlu melalui proses yang panjang dan persiapan yang matang. Tidak dipungkiri dengan meningkatnya penduduk di Indonesia menjadikan permintaan akan tempat tinggal semakin meningkat. Apalagi saat ini banyak sekali kaum milenial yang berburu rumah impiannya sejak dini.

Ketika anda memiliki keinginan untuk membeli rumah, terdapat pemikiran yang bercabang antara apakah membeli rumah jadi atau membuat rumah dari nol. Keputusan untuk memilih membeli rumah jadi atau membangun rumah harus memperhatikan dari segala aspek dan kemampuan yang ada.

Melakukan perbandingan menjadi hal yang wajib dilakukan dalam membuat keputusan atas keraguan anda dari kedua pilihan tersebut. Perbandingan yang dilakukan tidak hanya dari segi lokasi dan harga saja, namun terdapat beberapa aspek lainnya yang tak boleh luput untuk dibandingkan seperti budget, selera design, dan praktis.

Untuk membantu anda membuat rencana apakah akan langsung beli rumah atau bangun rumah, simak dulu beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dan referensi bagi anda dalam membuat rencana kedepannya.

Kelebihan membeli rumah

1. Lebih praktis

Membeli rumah yang sudah jadi tentu lebih praktis dibandingkan dengan membangun rumah dari nol. Anda hanya cukup terima beres dan ketika sudah membayar baik dengan cara langsung melunasi atau sudah membayar uang muka, anda sudah bisa langsung menempati rumah tersebut.

Sangat cocok sekali untuk memilih membeli rumah bagi anda yang harus segera menghuni di suatu rumah atau yang sudah berkeluarga, maka opsi membeli rumah menjadi pilihan yang tepat.

Membeli rumah yang sudah siap huni lebih efektif dalam hal waktu. Karena harga rumah seiring berjalannya waktu maka akan semakin mahal, sehingga ketika anda sudah memiliki finansial yang cukup dan tidak ingin repot segera lah membeli rumah siap huni.

2. Hemat biaya pengeluaran

Ketika anda membeli rumah jadi maka anda bisa menghemat biaya pengeluaran anda. Tentu sebelum anda memutuskan membeli rumah jadi pasti sudah ada perencanaan sebelumnya. Namun dengan membeli rumah, biaya yang dikeluarkan lebih pasti dan tidak perlu pusing dalam menerka-nerka biaya untuk membangun rumah.

Jika dibandingkan dengan biaya membangun rumah, anda perlu memiliki budget lebih untuk membayar biaya tidak terduga lainnya. Ketika anda membeli rumah siap huni, biaya yang anda keluarkan sudah ditentukan dan dapat diketahui sedari awal sehigga tidak ada biaya tak terduga lainnya.

Selain itu dengan membeli rumah siap huni, bisa menghindari tertundanya anda dalam mewujudkan rumah impian anda. Anda tidak perlu pusing lagi untuk ketika ditengah proses pembangunan budget anda menipis sehingga tidak bisa menyelesaikan pembangunannya.

3. Memberikan kesempatan menabung

Dengan membeli rumah siap huni malah memberikan kesempatan anda untuk menabung kembali kedepannya. Memang bisa?

Bisa. Perlu anda ketahui dalam membeli rumah siap huni saat ini sudah banyak sekali pengembang properti yang menawarkan rumah dengan berbagai macam cara pembayaran. Mulai dari metode pembayaran langsung tunai dan cicilan.

Bagi anda yang memiliki finansial yang pas-pasan dan ingin membeli rumah, anda bisa memilih metode pembayaran cicilan. Dengan metode pembayaran cicilan, anda bisa menyusun rencana untuk membayar cicilan yang sudah ditentukan dari awal. Sehingga anda bisa memiliki waktu menabung kembali dan mengatur pengeluaran lainnya untuk membayar cicilan di bulan-bulan berikutnya.

Selain dapat menabung untuk membeli rumah dengan cicilan, dengan membeli rumah jadi dengan langsung tunai maka anda juga bisa menabung kembali untuk biaya renovasi atau membeli perabotan baru. Namun, ketika anda dalam kondisi finansial yang mencukupi maka saya menyarankan anda untuk tetap memilih metode pembayaran langsung tunai. 

Kekurangan membeli rumah

Ketika anda dihadapkan dua pilihan, maka harus membandingkan dari kedua sisi apakah menguntungkan atau merugikan. Dengan membeli rumah siap huni maka anda harus mencari desain rumah yang sesuai dengan selera anda.

Kemudian untuk luas lahan relatif terbatas, dari pihak developer sudah mematok luas lahan fix sehingga anda tidak bisa mengembangkan lahan di kemudian hari. Selain itu, Anda harus memastikan kembali kualitas konstruksi bangunan maupun material yang digunakan dalam pembangunan, karena bukan Anda sendiri yang merancangnya.

Baca juga : 6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Jika Anda lebih tertarik untuk membangun rumah, berikut beberapa pertimbangan yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Kelebihan membangun rumah

1. Buat sesuai selera

Membangun rumah memang lebih memberikan keleluasaan bagi anda untuk mendesign rumah seperti apa yang anda inginkan. Anda bisa menyewa jasa arsitek atau interior design untuk membantu anda dalam membangun rumah impian.

Hal ini sulit untuk diwujudkan ketika anda membeli rumah jadi, karena mayoritas design sudah ditentukan oleh developer dan anda hanya bisa memilih unit yang sesuai selera dengan terbatas. Ketika anda memutuskan untuk membangun rumah dari nol, anda bisa mengatur tata ruang, ukuran, design, konsep, hingga perabotan yang ada di dalam rumah.

2. Dapat memanfaatkan lahan

Sebelum anda membangun rumah, lahan kosong yang nantinya akan digunakan sebagai rumah tersebut bisa anda manfaatkan dahulu untuk mengembangkan bisnis atau usaha. Jika membeli rumah jadi sudah tidak ada lahan yang bisa dimanfaatkan sesuai keinginan kita.

Bisa juga dengan tetap melakukan pembangunan rumah namun diberikan lahan disamping rumah untuk membuka tempat usaha. Sehingga memanfaatkan dengan maksimal dalam satu lahan bisa mencakup keduanya. Sangat fleksibel sekali ketika memiliki lahan kosong untuk dibangun rumah.

Kekurangan membangun rumah

Sama seperti anda membeli rumah siap huni, pasti memiliki kekurangan juga. Kekurangan yang terdapat ketika anda membangun rumah yang paling terasa adalah tidak praktis. Sebab anda perlu meluangkan waktu untuk mengurus segala hal mulai dari mencari tukang dan arsitek, lalu mencari bahan bangunan. Selain itu anda perlu mengurus sendiri perihal dokumen legalitas rumah anda.

Kemudian biaya juga bisa lebih mahal dibandingkan dengan membeli rumah jadi yang harganya sudah tetap. Anda perlu menyiapkan biaya lebih untuk membayar tukang dan arsitek, lalu bahan bangunan, belum lagi jika biaya membengkak seiring dengan memenuhi selera anda. Harus pintar-pintar mengelola keuangan jika ingin membangun rumah dari nol.

---

 

Setiap pilihan pasti terdapat kelebihan dan kekurangan apalagi dalam memilih keputusan untuk membeli rumah siap huni atau membangun rumah dari nol. Bagaimanapun anda harus menyusun perencanaan secara matang dan menyiapkan biaya yang cukup, sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.

Jika anda merupakan pribadi yang tidak mau repot, maka membeli rumah menjadi solusi yang tepat. Dengan anda membeli rumah bisa lebih efektif dalam hal waktu dan biaya. Beberapa poin diatas bisa menjadi referensi anda dalam membuat rencana.

Salah satu website jual beli rumah yang terpercaya adalah CariProperti.com. Anda bisa menemukan berbagai cluster perumahan serta properti dengan developer berkualitas. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan Property Advisor agar bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...