Tips Jitu Negosiasi Harga Rumah dengan Developer

Nadia06 May 2024

Membeli rumah dari developer merupakan salah satu keputusan besar bagi sebagian besar orang. Dalam pembeliannya, terdapat proses negosiasi yang berkaitan harga rumah. Perlu diketahui bahwa cara menawar harga rumah tidak sama dengan cara menawar barang di pasar, sehingga perlu adanya tips jitu ketika negosiasi beli rumah developer. 

Jika Anda baru membeli rumah pertama, negosiasi dengan pihak developer mungkin terdengar asing, karena biasanya rumah yang bisa ditawar adalah rumah second atau bekas. Perlu Anda ketahui, pihak developer tidak jarang membuka ruang diskusi dengan calon pembeli untuk proses tawar menawar harga rumah. 

Artikel ini akan mengulas tuntas tips jitu negosiasi harga rumah dengan developer. Simak ya!

Tips Negosiasi Beli Rumah Developer

1. Cek Harga Pasaran Rumah

Tips pertama dalam negosiasi beli rumah developer mengetahui harga pasaran rumah. Sebelum melakukan negosiasi, pastikan Anda mengetahui kisaran harga rumah di kawasan tersebut. Jika pihak developer mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pasaran, maka dapat dijadikan argumentasi untuk negosiasi. 

2. Tentukan budget harga rumah

Jika sudah mengetahui harga pasaran, langkah selanjutnya adalah menentukan budget harga rumah yang Anda sanggupi. Misalnya jika Anda memiliki budget rumah dengan harga Rp 1 M ke bawah, Anda dapat mencari rumah dengan rentang harga yang tidak melebihi budget tersebut.

Perkirakan besaran cicilan jika Anda berencana untuk mengambil rumah dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Simak artikel berikut jika ingin mengetahui sistem pembayaran dengan KPR. 

3. Perhatikan kondisi fisik rumah secara menyeluruh

Ketika melakukan negosiasi beli rumah developer, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi rumah secara menyeluruh. Periksa kondisi bangunan rumah, mulai dari ukuran, luas, hingga material yang digunakan untuk memperkirakan harga rumah yang sesuai.

4. Cek track record developer

Jangan lupa untuk memeriksa track record developer sebelum melakukan negosiasi. Periksa latar belakang developer dengan mencari tahu perumahan yang sudah pernah dibangun sebelumnya. Perhatikan juga testimoni dari pembeli lain yang sudah lebih dulu membeli rumah pada developer tersebut. 

Selain memeriksa track record developer, jangan lupa juga untuk memeriksa legalitas atau perizinan developer. Legalitas bangunan rumah juga perlu ditelusuri, mulai dari ketersediaan SHM, serta surat-surat penting lainnya. 

5. Lakukan negosiasi

Jika semua tahapan sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses negosiasi. Jangan takut untuk menawar, karena pihak developer sering kali membuka ruang untuk diskusi soal harga. Tunjukan ketertarikan Anda terhadap properti tersebut secara tidak berlebihan dan tawarlah harga rumah tersebut. 

6. Tawar dengan logis

Langkah terpenting dalam melakukan negosiasi adalah tawarkan harga dengan logis. Anda bisa menawar harga dengan argumentasi berdasarkan riset harga pasaran pada kawasan rumah tersebut berada. Tawarlah rumah dengan harga yang lebih rendah agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Dalam proses negosiasi, usahakan untuk tidak terbawa emosi dalam membeli rumah. Tawar dengan logis berdasarkan harga rata-rata pasar. Jika Anda menyukai rumah tersebut, jangan gegabah untuk mengambil keputusan.

Hal ini dikarenakan bila Anda terlihat sangat menggebu-gebu ingin membeli rumah, biasanya penjual enggan untuk menurunkan harga. Maka dari itu, penting untuk menawar properti dengan logis serta tidak melibatkan sisi emosional ketika membeli rumah.

7. Pertimbangan lain selain harga

Dalam proses negosiasi dengan developer, usahakan agar Anda tidak hanya sebatas melakukan negosiasi harga. Dalam beberapa kasus, developer dapat memberikan fleksibilitas pembayaran setelah pembeli melakukan negosiasi.

Selain itu, Anda juga bisa mendiksusikan waktu serah terima kunci serta kesepakatan mengenai kompensasi jika ada keterlambatan pembangunan. 

8. Tinjau harga rumah secara berkala

Jika Anda tidak terburu-buru untuk membeli rumah, Anda dapat memantau harga rumah incaran secara berkala. Cek harga rumah dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam beberapa bulan sekali, perhatikan apakah terdapat kenaikan atau justru penurunan harga. Namun langkah ini sebenarnya memiliki resiko, yaitu kemungkinan rumah tersebut dibeli oleh orang lain.

Rekomendasi Developer Berkualitas

Setelah memaparkan langkah-langkah melakukan negosiasi dalam proses pembelian rumah, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi developer berkualitas yang dapat dijadikan pilihan untuk membeli rumah.

Sinarmas Land

Sinar Mas Land merupakan salah satu developer properti terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Sampai saat ini, Sinarmas Land memiliki sekitar 10.000 hektar landbank dan berbagai proyek pengembangan kota,  permukiman, area komersial, kawasan ritel, kawasan industri, serta properti perhotelan.

Salah satu project dari Sinarmas Land adalah kota mandiri BSD City yang menyediakan berbagai pilihan unit rumah berkualitas. Kunjungi Jual Rumah BSD City untuk informasi mengenai perumahan baru di kawasan BSD dan sekitarnya.

Alam Sutera

Rekomendasi developer selanjutnya adalah Alam Sutera atau PT Alam Sutera Realty Tbk. Developer ini sudah beroperasi selama lebih dari 19 tahun dan mengembangkan berbagai properti yang terintegrasi. Beberapa properti yang telah dibangun diantaranya adalah perumahan, area komersial, kawasan industri, serta pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan perhotelan. 

Alam Sutera telah meluncurkan lebih dari 37 cluster perumahan di atas lahan seluas 800 hektar. Setiap cluster perumahan didukung dengan berbagai fasilitas premium, baik fasilitas internal maupun fasilitas eksternal. Kunjungi Jual Rumah Alam Sutera untuk mengetahui informasi lebih lengkap. 

Summarecon Agung

PT. Summarecon Agung Tbk atau yang biasa dikenal sebagai Summarecon Agung merupakan developer perumahan yang sudah berpengalaman. Developer ini sudah berhasil mengembangkan berbagai properti di Serpong, Kelapa Gading, Bekasi, Bandung, Karawang, Bogor, hingga Makassar.

Developer ini menyediakan pilihan unit rumah maupun properti yang dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun investasi. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi Jual Rumah Gading Serpong

Temukan Rumah Impian Anda Hanya di Cari Properti

Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Propeti! Cari Properti menyediakan ratusan unit berkualitas yang dibangun oleh developer ternama. Menariknya lagi, informasi yang disajikan pada website Cari Properti juga sangat detail, mulai dari kisaran harga unit, lokasi, tipe unit, serta fasilitas yang tersedia di kawasan cluster. 

Jika Anda masih bingung menentukan pilihan rumah, terdapat Property Advisor yang siap membantu Anda untuk menemukan rumah impian. 

Artikel Lainnya

16 Sep 2022

10 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

12 Dec 2023

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

24 Aug 2023

9 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...