6 Cara Menata Dapur Sempit Agar Terlihat Luas dan Rapi

Admin CariProperti25 Apr 2022

Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting dalam sebuah rumah. Selain sebagai tempat memasak, dapur juga dijadikan tempat untuk menyimpan berbagai peralatan rumah tangga. Biasanya, dapur memiliki ruang yang sempit dibandingkan ruangan lainnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara menata dapur sempit agar penggunaan dapur lebih maksimal.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam menata dapur adalah tata letaknya. Selain itu, desain ruangan serta peletakan barang juga menjadi salah satu aspek terpenting dalam tampilan dapur. Jika Anda ingin menata ulang dapur, berikut beberapa cara menata dapur sempit dan minimalis agar terlihat rapi.

Cara Menata Dapur Sempit Minimalis

1. Memaksimalkan pemanfaatan dinding 

Cara menata dapur sempit

Cara menata dapur sempit pertama adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan dinding dapur. Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk menggantung peralatan masak. Tak hanya itu, dinding dapur juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lho! Cukup gantungkan rak pada dinding, lalu letakkan berbagai peralatan dapur dengan rapi.

2. Gunakan peralatan multifungsi

Cara menata dapur sempit

Peralatan multifungsi akan sangat membantu Anda dalam menata dapur yang tidak luas. Seperti misalnya meja dapur yang sudah dilengkapi laci, atau kitchen set yang sudah mencakup kolong dan lemari. Dengan adanya peralatan multifungsi, Anda bisa menyimpan peralatan dapur tanpa memakan banyak tempat.

Selain lemari dan laci, Anda juga bisa membeli alat masak yang memiliki banyak fungsi. Pilihlah blender yang dapat menghancurkan buah dan daging, atau alat masak yang dapat memasak, mengukus, dan merebus sekaligus.

3. Sortir barang dan peralatan dapur

dapur minimalis

Seperti yang kita ketahui, bahwa peralatan memasak sangatlah banyak. Namun, tanpa kita sadari, terkadang peralatan dapur terlalu menumpuk dan tidak digunakan seluruhnya. Untuk itu, jika Anda ingin menata dapur yang sempit, sebaiknya sortir peralatan dapur yang sudah tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar tampilan dapur semakin terlihat luas. 

4. Desain dapur dengan interior minimalis

Cara menata dapur sempit

Cara menata dapur sempit selanjutnya adalah dengan mendesain dapur dengan interior minimalis. Desain ini akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan setiap sudut dapur. Interior minimalis juga tidak membutuhkan banyak dekorasi maupun hiasan, sehingga dapur Anda akan semakin terlihat luas.

5. Pilih peralatan dapur dengan warna netral

cara menata dapur sempit

Pemilihan peralatan merupakan salah satu aspek yang menentukan tampilan dapur. Jika Anda ingin ruang dapur terlihat lebih luas, sebaiknya pilih peralatan dapur dengan warna yang netral dan senada. Karena warna yang mencolok dan beragam dapat membuat peralatan dapur terlihat tidak rapi. Warna netral juga akan memberikan kesan estetik pada dapur Anda.

6. Perhatikan sirkulasi udara

cara menata dapur sempit

Cara menata dapur sempit yang paling penting adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara di ruangan dapur. Pastikan dapur Anda memiliki lobang udara atau jendela yang mempermudah sirkulasi udara. Hal ini bertujuan agar dapur tidak pengap dan tetap nyaman ketika digunakan untuk memasak.

Baca juga : 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Low Budget untuk Rumah Anda

Inspirasi Rumah dengan Dapur Minimalis

Setelah mengetahui cara menata dapur sempit yang minimalis, Anda tentunya membutuhkan referensi dapur untuk menjadi referensi. Beberapa perumahan yang tersedia di Cari Properti menyediakan dapur dengan tampilan yang fresh dan minimalis, diantaranya adalah sebagai berikut :

Cozmo House

Salah satu cluster dengan konsep minimalis adalah Cluster Cozmo House. Mengikuti konsep rumahnya, seluruh interior Cozmo House, termasuk dapur dibuat minimalis dan efisien. Bagian dapurnya juga tidak jauh dari jendela yang cukup besar, sehingga sirkulasi udaranya sangat baik.

Pasadena Gading Serpong

Cluster Pasadena Residence Gading Serpong menyediakan unit perumahan dengan desain dapur yang minimalis. Berbagai furniturenya, seperti laci dan lemari, dibuat seefisien mungkin. Selain itu, warna-warna netral dalam furniturenya juga memberikan kesan luas pada ruangan dapur. Cluster ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai interior minimalis dan modern.

Carson Summarecon

Carson Gading Serpong merupakan cluster dengan unit rumah yang memaksimalkan ruangan dapur. Desain dapurnya dibuat dengan tampilan minimalis yang sangat elegan. Berbagai peralatannya dibuat multifungsi, seperti lemari sekaligus tempat kulkas, dan tempat cuci piring dengan laci di bawahnya. Rumah Carson Summarecon sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki dapur minimalis dan multifungsi. 

 —

Itulah beberapa cara menata dapur sempit serta beberapa referensi perumahan yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan dapur multifungsi, silahkan cek website Cari Properti untuk informasi lebih lengkap.

Artikel Lainnya

24 Nov 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

24 Nov 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

27 Jun 2022

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode simulasi...