Tren dan Tips Investasi Properti Milenial Paling Cuan

Sopian Ahmad10 Oct 2023

CariProperti - Investasi properti memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan masyarakat kelahiran 50–70 an. Hal ini selaras dengan adanya anggapan properti adalah instrumen investasi jangka panjang yang menjanjikan yang menjadi tren pada tahun 50–80an sehingga tidak heran jika banyak orang pada masa itu berlomba untuk segera memiliki properti.

Namun, tren tersebut perlahan mulai berubah seiring dengan perkembangan zaman, khususnya setelah masa pandemi Covid-19. Tidak hanya generasi Baby Boomers dan X saja yang memilih properti sebagai salah satu instrumen investasi utama, tetapi juga para generasi Milenial.

Saat ini, banyak kaum milenial di Indonesia yang sudah melek dan mulai tertarik dengan investasi properti karena dianggap sangat menguntungkan, minim resiko, dan juga bagus untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, faktor lain meningkatnya tren investasi properti di kalangan milenial juga adalah meningkatnya pendapatan dan kesadaran akan pentingnya memiliki properti sejak dini.

Tren Investasi Properti Milenial

Dilansir dari situs berita bisnis terkini, CNBCMedia, tren investasi properti di kalangan milenial semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengembang properti yang menargetkan kaum milenial sebagai target pasar dengan menghadirkan berbagai perumahan, cluster, atau apartemen yang cocok dengan gaya hidup dan kantong pribadi para milenial.

Dengan semakin meningkatnya tren investasi properti di kalangan milenial, tentu semakin banyak pula pilihan produk investasi properti yang bisa dijadikan pilihan berdasarkan profil risiko dan minat masing-masing individu.

1. Tren Investasi Apartemen


Sumber: gunawangsa.co.id

Apartemen mulai menjadi tren investasi properti milenial yang paling digemari. Hal ini dikarenakan harga apartemen yang bisa jadi jauh lebih murah dari rumah namun memiliki lokasi dan fasilitas yang lebih lengkap.

Terlebih lagi, keterbatasan lahan untuk membangun rumah yang semakin terasa, khususnya di kota besar, menjadikan apartemen menjadi tren di kalangan anak muda.

Apartemen memiliki kelebihan berupa lingkungan yang lebih modern dan hidup dan dinamis sehingga sangat cocok bagi gaya hidup kaum muda yang sangat dinamis, modern, dan membutuhkan mobilitas tinggi.

Terlebih lagi, apartemen menawarkan berbagai fasilitas yang dapat mendukung semua kebutuhan harian penghuninya, mulai dari fasilitas kesehatan, sosial, hingga rekreasi sehingga sangat cocok bagi milenial yang menyukai kepraktisan.

Sebagai instrumen investasi, apartemen jelas sangat menguntungkan karena bisa disewakan kembali sehingga bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda. Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika apartemen sangat diminati dewasa ini.

2. Tren Investasi Rumah Subsidi

Selain apartemen, rumah subsidi juga menjadi tren bagi para milenial. Rumah subsidi seringkali menjadi solusi bagi para milenial yang ingin memiliki rumah pertama kali karena menawarkan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan rumah komersial.

Biasanya, rumah subsidi memiliki harga mulai dari 100–300 jutaan dengan cicilan mulai dari 1 jutaan sehingga sangat mungkin dimiliki bagi anak muda yang masih memiliki penghasilan sebesar UMR saja.

Sebagai investasi, rumah subsidi bisa dijadikan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Dengan harga beli yang sangat murah, Anda bisa menjualnya kembali di kemudian hari dengan harga tinggi mengingat harga properti yang terus meningkat tiap tahunnya.

Ditambah dengan adanya pembangunan yang semakin masif yang dapat memberikan kemudahan kepada banyak orang, tentunya harga sebuah rumah akan semakin meningkat sehingga dapat memberikan cuan yang sangat besar.

3. Ruko dan Ruang Perkantoran

Tren Investasi properti milenial lainnya yang bisa dijadikan opsi adalah investasi ruko dan ruang perkantoran. Investasi ruko dan ruang perkantoran adalah salah satu investasi properti yang sangat menguntungkan karena Anda dapat menyewakan semua unit yang Anda punya hingga mendapat keuntungan yang melebihi modal Anda.

Terlebih lagi, ruko dan ruang perkantoran sangat dibutuhkan, khususnya di Jakarta, mengingat banyak sekali perusahaan atau bisnis lainnya yang membutuhkan tempat operasional.

4. Rumah Kos


Sumber: batampos.co.id

Rumah kos bisa juga dijadikan opsi bagi Anda yang ingin berinvestasi properti. Rumah kos ini sangat dicari oleh banyak orang, khususnya bagi para mahasiswa dan pekerja yang belum mampu membeli rumah ataupun apartemen sehingga membuatnya memiliki pasar yang cukup luas.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam bentuk rumah kos, belilah atau bangun rumah dengan kamar yang banyak dan berlokasi dekat dengan kampus atau perkantoran.

Dengan begitu, rumah kos Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan calon penghuni.

5. Tren Investasi Tanah

Investasi tanah sudah tidak asing lagi di telinga para investor properti, baik generasi Baby Boomers, X, ataupun Milenial.

Selain rumah, tanah juga cocok dijadikan investasi properti milenial karena modal yang tidak terlalu besar jika dibanding dengan rumah, tetapi bisa menghasilkan untung yang besar.

Dengan berinvestasi tanah, Anda tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk membangun rumah sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan lebih baik lagi.

Baca Juga:  7 Tips Investasi Rumah Bagi Pemula Lengkap Dengan Manfaatnya

Tips Investasi Properti bagi Milenial

Meski memiliki risiko yang tidak terlalu besar, namun bukan berarti investasi properti tidak memiliki risiko sama sekali. Anda tetap harus waspada terhadap semua risiko yang mungkin saja terjadi, khususnya bagi milenial yang tergolong baru memasuki dunia investasi properti.

Dikutip dari berbagai situs berita ekonomi populer, untuk mengurangi terjadinya kegagalan dan memaksimalkan keuntungan yang bisa Anda peroleh, ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan.

1. Menentukan Tujuan Investasi

Dalam berinvestasi, tidak terkecuali properti, Anda harus menentukan tujuan investasi, apakah untuk dihuni sendiri, disewakan, atau untuk tabungan jangka panjang.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehilangan arah dan menimbulkan kerugian di kemudian hari.

2. Sesuaikan dengan Profil Risiko

Perlu diketahui jika investasi properti membutuhkan banyak biaya, mulai dari biaya perawatan, pembangunan, hingga pajak. Semua biaya ini bisa menjadi beban dan risiko yang harus Anda tanggulangi ke depannya.

Jika Anda merasa berat dengan semua biaya tersebut, Anda bisa mencoba investasi lainnya. Namun, jika Anda tidak merasa keberatan, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Tentukan Lokasi

Properti yang menarik, selain yang memiliki kualitas dan fasilitas terbaik, adalah properti dengan lokasi paling strategis. Oleh karena itu, memilih lokasi yang strategis sangatlah penting jika Anda ingin memiliki keuntungan yang besar.

4. Pilih Harga yang Sesuai

Dalam menentukan harga, Anda harus menyesuaikan kualitas, fasilitas, dan lokasi properti Anda. Jika Anda memiliki properti dengan fasilitas mewah dan kualitas terbaik, serta lokasi strategis, tentunya Anda bisa menetapkan harga tinggi, mulai dari 1 miliar ke atas.

Jika Anda menargetkan pasar Anda pada pekerja dengan penghasilan menengah, sekitar 10–15 juta sebulan, Anda bisa menetapkan harga properti Anda berkisar 400–500 juta.

5. Pertimbangkan Kemudahan Cara Pembayaran

Pada umumnya, dalam membeli sebuah properti ada tiga metode pembayaran yang sering digunakan, kas keras, kredit bertahap, dan KPR. Adanya metode pembayaran yang bervariasi tentu sangat menguntungkan bagi para calon pembeli karena setiap calon pembeli memiliki kemampuan finansial berbeda.

Dengan banyaknya metode pembayaran, calon pembeli bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan begitu, Anda bisa menjaring pasar yang lebih luas, baik dari kalangan atas hingga menengah.

6. Pilih Pengembang yang Bereputasi Baik

Dalam berinvestasi properti sebaiknya Anda memilih pengembang yang sudah berpengalaman, bersertifikat, dan bereputasi .baik. Selain memiliki kualitas yang sudah terjamin, hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari praktik penipuan.

Pasalnya, praktik penipuan properti banyak sekali ditemukan, mulai dari proyek mangkrak, sertifikat rumah yang tidak kunjung terbit, tanah sengketa, hingga hilangnya uang para pembeli.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih pengembang yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan memiliki badan hukum tetap. Dengan begitu, investasi properti Anda bisa lebih aman dan Anda bisa duduk tenang sambil menunggu cuan datang.

_____

Itulah beberapa tren investasi properti milenial beserta dengan tips aman berinvestasi properti yang bisa Anda jadikan salah satu cara untuk mendulang cuan yang lebih besar.

Tertarik untuk memulai investasi properti sejak dini? Yuk, mulai sekarang bersama CariProperti!

Sesuai dengan namanya, CariProperti hadir sebagai tempat teraman dan ternyaman bagi Anda untuk mencari properti impian, baik untuk tempat tinggal atau investasi.

CariProperti memiliki berbagai properti menarik bagi Anda untuk dijadikan investasi mulai dari rumah subsidi, rumah menengah dan mewah, hingga ruko yang pastinya bisa bikin cuan Anda tambah banyak.

Di CariProperti Anda tidak perlu takut terkena penipuan karena semua developer yang ada di sini sudah terpercaya dan memiliki badan hukum tetap. Dengan begitu, investasi Anda bisa lebih aman dan nyaman.

Hilangkan galau dan gundah Anda dan temukan properti impian Anda bersama CariProperti!

Artikel Lainnya

04 Apr 2024

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

07 Jul 2022

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian mela...

27 Jun 2022

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode simulasi...