Pengertian Capital Gain dan Cara Menghitungnya

Nadia01 Dec 2023

Apakah Anda mengetahui apa itu capital gain? Simak ulasan berikut.

Istilah capital gain sering kali disebut dalam berbagai jenis aset investasi, mulai dari saham, obligasi, hingga properti. Secara singkat, capital gain merupakan kondisi ketika harga jual suatu aset lebih tinggi dari harga beli, dimana terdapat perbedaan antara harga beli dan harga jual.

Capital gain juga dapat dimaknai sebagai keuntungan modal yang didapatkan oleh investor yang didapat dari selisih harga antara harga beli dan harga jual. 

Dalam konteks investasi, capital gain dipahami sebagai pertumbuhan nilai investasi Anda dari waktu ke waktu.  Namun masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara perbedaan capital gain dengan deviden.

Jika capital gain dimaknai pada keuntungan yang didapat dari selisih antara harga beli dan harga jual suatu aset, deviden merupakan pembayaran yang dilakukan secara berkala oleh perusahaan kepada pemegang saham atau aset. Sehingga deviden dapat dipahami sebagai cara perusahaan untuk membagikan keuntungan kepada pemegang aset atau saham.

Jenis-jenis Capital Gain

Capital gain dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu capital gain jangka pendek dan capital gain jangka panjang.

1. Capital Gain Jangka Pendek 

Capital gain jangka pendek merupakan keuntungan investasi yang berasal dari penjualan aset dalam waktu kurang dari setahun. Misalnya pada aset saham, para investor memilih capital gain jangka pendek agar terhindar dari kerugian yang besar. Maka dari itu, para investor saham berusaha menganalisis kondisi pasar serta prediksi dengan berbagai pertimbangan.

Dalam dunia properti, capital gain jangka pendek berbeda dengan saham. Suatu aset properti yang dijual dalam waktu kurang dari 36 bulan, maka termasuk dalam capital gain jangka pendek. 

Misalnya Anda membeli rumah di Bogor dengan harga Rp 400.000.000 pada Mei 2022. Lalu Anda terpaksa untuk menjualnya pada Oktober 2023 karena terdapat kebutuhan mendesak, dan berhasil dijual dengan harga Rp 500.000.000. Jika dihitung dari tanggal pembelian, durasi kepemilikan rumah belum mencapai 36 bulan. Artinya Anda mendapatkan capital gain jarak pendek sebesar Rp 100.000.000.

3. Capital Gain Jangka Panjang

Capital gain jangka panjang adalah keuntungan modal investasi yang berasal kepemilikan aset dalam waktu panjang. Dalam konteks saham misalnya, capital gain jangka panjang masuk ketika kepemilikan saham lebih dari satu tahun. Sementara dalam aset properti, capital gain jangka panjang terhitung ketika properti sudah dimiliki lebih dari sekitar 40 bulan kepemilikan. 

Cara Menghitung Capital Gain

Setelah mengetahui pengertian capital gain serta jenis-jenisnya, berikut adalah cara menghitung capital gain. 

Rumus Total Capital Gain = (Harga Jual Aset – Harga Awal Aset)

Rumus Persentase Capital Gain = (Harga Jual Aset – Harga Awal Aset) / Harga Awal x 100

Contoh : 

Misalnya Anda membeli rumah di Kota Tangerang dengan harga 700.000.000

Setelah 5 tahun, Anda berhasil menjual rumah tersebut dengan harga Rp 1 M. Selisih angka pembelian dan penjualan adalah sekitar Rp 300.000.000 (capital gain). 

Maka besaran capital gain setiap tahunnya adalah sebagai berikut : 

Capital Gain: (Harga Jual – Harga Beli)/Harga Beli x jumlah 100%

Capital Gain per Tahun = Rp300.000.000/Rp700.000.000 x 100% = 42.85%

Berdasarkan perhitungan di atas, diketahui capital gain dari hasil penjualan rumah di Tangerang sekitar 42.85% per tahun.

Jika Anda ingin mendapatkan capital gain dengan jumlah besar, terdapat beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah aset.

Misalnya ketika Anda membeli aset properti, pilihlah rumah, ruko atau apartemen dengan lokasi yang strategis dan memiliki potensi kenaikan harga dalam beberapa waktu ke depan. Hal tersebut dapat terlihat dari ketersediaan fasilitas yang ada di sekitar properti.

Jangan lupa juga untuk memilih properti yang dikelilingi oleh berbagai fasilitas serta akses transportasi. Adanya fasilitas umum di sekitar properti dapat menjadi nilai jual yang menarik, sehingga Anda dapat menjual kembali properti dengan capital gain yang harganya lebih tinggi. 

Kunjungi Cari Properti yang menyediakan berbagai jenis properti menarik. Tersedia berbagai jenis properti strategis yang dikelilingi oleh berbagai fasilitas. Tak hanya itu, properti yang tersedia di Cari Properti juga dibangun oleh developer ternama, sehingga Anda tidak perlu ragu dengan kualitas bangunannya. Temukan rumah impian Anda hanya di Cari Properti!

Artikel Lainnya

16 Sep 2022

10 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

12 Dec 2023

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

24 Aug 2023

9 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...