8 Keunggulan dan Rekomendasi Rumah Plafon Tinggi yang Elegan

Riana20 Nov 2023

Ketika memilih rumah, semua aspek hingga ke detail yang paling kecil sekalipun harus menjadi perhatian. Tidak terkecuali persoalan tingginya plafon rumah.

Rumah plafon tinggi sebenarnya sudah datang sejak dahulu. Sekitar Era Victoria, kebanyakan rumah memiliki tinggi plafon hingga kurang lebih 4 meter. Ada beberapa hal yang mempengaruhi ini, mulai dari alasan kenyamanan, alasan keagamaan, hingga alasan-alasan lain seperti keindahan.

Meski begitu, bertahun-tahun berikutnya, plafon rumah semakin rendah. Biaya kebutuhan meningkat, sehingga pada akhir abad ke-20 pun banyak rumah yang memiliki tinggi plafon sekitar 3 meter pada lantai pertama, dan sekitar 2.4 meter di lantai kedua.

Zaman sekarang, arsitek menentukan tinggi plafon rumah berdasarkan dengan kebutuhan. Rumah dengan plafon yang rendah memiliki suhu yang relatif lebih tinggi, sehingga cocok untuk rumah-rumah yang berada di tempat dingin.

Lain halnya dengan Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan cuaca yang panas. Tidak heran jika banyak pengembang yang membangun propertinya dengan plafon yang tinggi.

Sebelum mencari inspirasi desain rumah plafon tinggi, berikut ini beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda.

 

Tinggi Ideal Plafon Rumah Indonesia

rumah plafon tinggi
(Sumber: Freepik)

Untuk tempat-tempat dengan suhu yang lebih tinggi seperti di Indonesia, tinggi plafon yang disarankan yaitu sekitar 3 meter. Rumah plafon tinggi memiliki sirkulasi udara yang lebih lancar, sehingga dapat berperan sebagai pendingin suhu alami.

Usahakan agar rumah tidak kurang dari 2.8 meter karena semakin rendah plafon, maka udara semakin sulit untuk bersirkulasi, sehingga memberikan efek kebalikannya yaitu suhu yang panas.

 

Anda mungkin juga suka: 15 Tips Ruang Tamu Minimalis Mewah yang Megah dan Classy

 

Kelebihan Rumah Plafon Tinggi


(Sumber: Freepik)

1. Sirkulasi udara lancar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah plafon tinggi memiliki kaitan yang erat dengan lancarnya sirkulasi udara. Semakin tinggi plafon artinya udara memiliki ruang yang lebih banyak untuk bergerak, sehingga dapat berperan untuk menurunkan suhu secara alami.

2. Cahaya alami lebih optimal

Sederhananya, untuk membuat cahaya matahari dapat masuk lebih optimal ke dalam rumah, artinya Anda membutuhkan jendela yang lebih besar. Agar Anda dapat memasang jendela yang lebih besar, maka Anda membutuhkan dinding yang lebih tinggi juga.

3. Lebih sehat

Sirkulasi udara yang kurang lancar dapat menghambat udara kotor berganti dengan udara dari luar. Selain itu, kurangnya sinar matahari yang masuk juga membuat ruangan lebih lembab.

Karenanya, agar lingkungan di dalam rumah terasa lebih sehat, Anda perlu menggunakan plafon tinggi.

Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah, serta ditambah juga dengan sirkulasi udara yang lebih lancar, rumah plafon tinggi dapat memberikan lingkungan yang lebih sehat.

4. Terasa lebih lega

Jika Anda memiliki rumah dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu luas, membuat plafon tinggi dapat menjadi solusi Anda. Plafon rumah yang tinggi dapat membantu ruangan yang sempit menjadi terasa lebih lega.

Kini sudah banyak rumah-rumah di perkotaan yang menggunakan plafon tinggi untuk rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Tempat tinggal Anda pun dapat terasa lebih nyaman.

5. Menambah estetika interior rumah

Nilai estetika tentu tidak ketinggalan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal memilih tinggi plafon. Kebanyakan orang menilai rumah dengan plafon tinggi memiliki nilai estetika yang lebih baik pula.

Anda bisa lebih bebas dalam memilih dekorasi pada rumah plafon tinggi, seperti lampu gantung, kipas angin gantung, hingga dekorasi dinding yang besar.

6. Lebih kedap suara

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ketinggian plafon dapat berpengaruh dengan kebisingan di dalam ruangan. Plafon yang tinggi dapat membantu mengurangi penghantar suara dari lantai atas ke lantai bawah.

Selain itu, jika dipadukan juga dengan dinding yang tebal, suara antar tiap ruangan di dalam rumah dapat lebih terbatasi. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda, terutama untuk kamar tidur dan ruangan-ruangan yang membutuhkan privasi lebih.

7. Meningkatkan kebahagiaan

Siapa yang mengira bahwa ketinggian plafon rumah ternyata dapat memengaruhi mood. Plafon yang tinggi dapat memberikan perasaan bahagia dan kebebasan. Kreativitas dan pikiran yang lebih rileks dapat meningkat dengan ruangan yang memiliki plafon lebih tinggi.

8. Nilai jual lebih tinggi

Rumah dengan plafon tinggi memiliki nilai jual yang tinggi pula. Kesan yang lebih besar, lega, dan mewah membuat rumah plafon tinggi memiliki lebih banyak peminat. Dipadukan dengan desain rumah yang aesthetic, nilai jualnya akan semakin tinggi lagi.

 

Rekomendasi Cluster Rumah Plafon Tinggi

Jika Anda tertarik dengan rumah plafon tinggi, berikut ini beberapa rekomendasi cluster rumah dengan plafon tinggi yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Kanade The Zora

rumah plafon tinggi

BSD City memang terkenal dengan deretan rumah berkualitas yang dimilikinya. Salah satu diantaranya adalah Kanade yang berada di kawasan The Zora. Cluster ini menawarkan hunian mewah dengan konsep elegan yang dipadukan dengan unsur hunian ala Jepang.

Tidak hanya memiliki high ceiling, Kanade The Zora juga dilengkapi dengan smart home system, solar water heater, lift, movement sensor, low-e glass, dan emergency lamp.

 

2. Layton Navapark

Layton Navapark menawarkan hunian yang super mewah di BSD City. Tidak hanya plafon yang tinggi, hunian ini juga memiliki bagian yang menggabungkan antara lantai 1 dengan lantai 2, sehingga memberikan kesan yang lebih lega dan megah.

Fasilitas yang melengkapinya sangat eksklusif. Selain dengan kolam renang pribadi yang ada di rumah Anda, Layton Navapark juga menyediakan fasilitas kolam renang semi olympic dan kids pool yang dapat digunakan bersama.

Terdapat juga fasilitas berkualitas lainnya, seperti Botanical Park seluas 10 hektar, country club, jogging track, multi purpose lawn, dan outdoor gym.

 

Baca juga: 8 Rekomendasi Rumah Minimalis BSD untuk Para Millenial

 

3. Hummingbird House

rumah plafon tinggi

Masih berada di kawasan sekitar BSD City, rekomendasi rumah plafon tinggi selanjutnya adalah Hummingbird House. Cluster ini memiliki desain minimalis dengan konsep ala Skandinavia yang sederhana dan elegan.

Cluster Hummingbird House cocok untuk menjadi jawaban hunian keluarga masa kini. Cluster ini dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang produktivitas, seperti kolam renang, gym, playground, mini library, hingga ruang terbuka hijau.

 

4. Hunni at Bintaro

Cluster eksklusif dan private dapat Anda temukan dengan Hunni at Bintaro. Cluster ini hanya terdiri dari 12 unit rumah dan dilengkapi dengan one gate system yang membuatnya memiliki akses kawasan yang semakin terbatas dan aman.

Konsep modern minimalis yang digunakannya membuat Hunni cocok untuk keluarga masa kini. Setiap unitnya juga telah dilengkapi dengan study corner yang menghadap langsung ke halaman depan rumah.

 

5. Arthalia Lakeview

rumah plafon tinggi

Arthalia Lakeview merupakan rumah plafon tinggi yang mengusung konsep smart eco living di sebelah selatan Kota Bandung. High ceiling yang dimilikinya menjadi salah satu pendukung untuk mengoptimalkan sirkulasi udara yang lancar, sehingga memberikan lingkungan yang lebih sehat di dalam rumah.

Fasad rumahnya mengadaptasi desain Skandinavia yang minimalis dan elegan. Dipadukan dengan rancangan tata ruangnya yang matang, Arthalia Lakeview terasa semakin nyaman.

Itu dia beberapa keunggulan dan rekomendasi rumah plafon tinggi yang bisa menjadi referensi Anda. Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Anda bisa menemukan semuanya dengan CariProperti!

Dengan CariProperti, jual beli rumah plafon tinggi di Tangerang, Jakarta, maupun kota lainnya jadi lebih mudah. Kunjungi website resmi CariProperti sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...