Pengertian Smart Home System Lengkap Dengan Daftar Peralatannya

Nadia23 Feb 2024

Istilah Smart Home System kerap disebut dalam perumahan atau cluster modern. Biasanya Smart Home System menjadi fasilitas tambahan yang bisa didapat bagi para pembeli rumah. Namun sebenarnya apa itu Smart Home System? Artikel ini akan mengulas mulai dari pengertian, keunggulan, hingga peralatan yang dapat mendukung sistem ini. Simak ya!

Pengertian Smart Home System

Smart Home System atau sistem rumah pintar merupakan sistem yang digunakan pada rumah atau tempat tinggal yang dapat dikendalikan menggunakan teknologi. Biasanya rumah dengan Smart Home System terpusat pada suatu teknologi yang telah diatur, sehingga peralatan di rumah dapat dikendalikan secara jarak jauh maupun jarak dekat.

Adapun peralatan yang bisa dikontrol biasanya adalah perlengkapan elektronik yang dapat dikendalikan dengan bantuan internet, sehingga Anda dapat mengontrol kondisi rumah kapan saja dan dimana saja. 

Teknologi Smart Home System menggunakan IoT atau Internet of Things pada semua perlengkapan elektroniknya. Misalnya ketika Anda memasang CCTV atau kamera pintar di area rumah, Anda dapat memantaunya melalui smartphone walaupun sedang berada di kantor. Peralatan elektronik yang dapat diintegrasikan juga sangat beragam, mulai dari sistem keamanan, pencahayaan ruangan, dan masih banyak lagi. 

Keunggulan Rumah dengan Smart Home System

Terdapat beberapa keunggulan dari sistem rumah pintar : 

1. Meningkatkan Keamanan Area Rumah

Smart Home System menyediakan teknologi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan keamanan rumah, seperti misalnya teknologi pintu dengan kunci digital yang mempersulit akses orang asing masuk ke dalam rumah. Beberapa jenis smart door lock juga memungkinkan penggunanya untuk mengunci pintu dari jarak jauh. 

Selain smart door lock, Anda juga dapat meningkatkan keamanan dengan fasilitas kamera pengawas serta alarm yang terhubung ke smartphone. Melalui kamera keamanan, Anda dapat mendeteksi gerakan mencurigakan di area sekitar rumah.

2. Lebih Mudah Mengontrol Kondisi Rumah

Keberadaan teknologi smart home system juga memudahkan Anda dalam mengontrol kondisi rumah. Anda dapat mengatur pencahayaan ruangan, suhu, atau kondisi ruangan melalui teknologi yang terintegrasi. Bahkan keberadaan smart home system juga dapat membantu penggunanya untuk mengontrol peralatan elektronik dari jarak jauh lho! Pergi keluar rumah jadi makin tenang deh!

3. Lebih Hemat Energi

Teknologi rumah pintar juga dapat membantu dalam menghemat penggunaan energi.  Misalnya dalam penggunaan listrik, Anda dapat mengatur lampu untuk mati secara otomatis jika tidak ada orang di ruangan. Contoh lainnya, jika Anda menggunakan AC, Anda dapat mengatur agar suhu AC tesistem sesuai dengan keberadaan orang di dalam ruangan. 

Peralatan Smart Home System

1. Home Automation

Salah satu fitur dalam Smart Home System adalah Home Automation yang dapat membuat perangkat di rumah beroperasi secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Misalnya Anda dapat mengatur AC atau lampu untuk mati pada jam tertentu agar lebih menghemat energi. 

2. Lampu Pintar

Lampu pintar juga merupakan salah satu teknologi smart home yang banyak diminati. Salah satu jenis lampu pintar adalah lampu smart LED yang dapat dikontrol melalui smartphone. Kelebihan utama dari lampu jenis ini adalah Anda dapat mengatur tingkat kecerahan, temperatur lampu, hingga jadwal lampu menyala dan padam. 

Jika Anda lupa mematikan lampu, Anda juga dapat mematikannya dari jarak jauh. Beberapa jenis lampu LED juga dapat diatur dari segi warna cahaya agar lebih nyaman digunakan. 

3. Kunci Pintu Digital 

Kunci pintu digital atau smart door lock merupakan salah satu peralatan smart home system yang banyak diminati. Biasanya kunci pintu digital menyediakan opsi kunci yang variatif, mulai dari PIN, sidik jari, kartu, atau menggunakan aplikasi. Kegunaan utama dari kunci pintu digital tentunya untuk memperketat keamanan hunian Anda. 

4. CCTV

CCTV merupakan salah satu teknologi dari smart home system yang tidak boleh dilewatkan. Dengan CCTV, Anda dapat mengontrol kondisi rumah dari jarak jauh melalui smartphone. Ketika menggunakan CCTV dalam smart home system, Anda dapat memanfaatkan fitur pengenalan wajah yang dapat mengidentifikasi manusia dengan resolusi tinggi. Beberapa jenis CCTV bahkan dapat memantau area ruangan dengan sudut pandang 360 derajat, sehingga Anda dapat melihat kondisi ruangan secara menyeluruh. 

5. Thermostat Pintar

Smart thermostats atau thermostats pintar merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk menjadwalkan pengaturan suhu di dalam ruangan. Teknologi ini menawarkan berbagai fitur, seperti peringatan untuk mengganti filter udara dan memberikan laporan tentang besaran energi yang telah digunakan serta informasi mengenai kelembaban di dalam rumah. 

Salah satu teknologi yang dapat diintegrasikan dengan thermostats pintar adalah sirine alarm yang dapat memberikan respon ketika terdapat lonjakan suhu di dalam ruangan, sehingga dapat mendeteksi kebakaran dan bencana lainnya sedini mungkin. 

Rekomendasi Rumah dengan Smart Home System

Grand Residence City

Grand Residence City merupakan cluster perumahan di Bekasi yang menyediakan fasilitas Smart Home System, seperti teknologi pengatur suhu ruangan, sistem keamanan, serta fitur lain yang dapat diakses melalui smartphone. Menariknya lagi, interiornya juga sangat modern dan cocok untuk dijadikan hunian bersama keluarga. Cluster ini sangat cocok untuk Anda yang mencari Jual Rumah Bekasi dengan konsep yang modern. 

Pasadena Residence Gading Serpong

Rekomendasi rumah selanjutnya adalah Pasadane Residence yang berlokasi di Gading Serpong. Cluster ini unit rumah yang dilengkapi dengan Smart Home System, mulai dari Smart Door Lock, Smart Air Ventilation, Solar Cell, dan masih banyak lagi. Apalagi cluster ini juga terkenal dengan konsep bangunannya yang sangat elegan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hunian pribadi maupun investasi. 

Miliki Rumah dengan Smart Home System

Miliki segera rumah dengan fasilitas Smart Home System hanya di Cari Properti. Tersedia pilihan Rumah Baru Tangerang dan Rumah Baru Tangerang Selatan yang dilengkapi Smart Home System dengan kualitas terbaik untuk Anda. 

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...