15 Jenis Tanaman Depan Rumah, Cantik dan Mudah Dirawat

Riana18 Jan 2024

Menanam tanaman depan rumah merupakan cara untuk menghias hunian. Kegiatan ini sempat menarik banyak peminat semenjak pandemi covid-19 melanda dan nampaknya hingga kini pun masih banyak yang menggemarinya.

Aktivitas menanam tanaman memang menjadi kegiatan menyenangkan. Kalau Anda cari cara healing tanpa harus jauh-jauh pergi dari rumah, menanam tanaman jawabannya!

Beberapa tanaman bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam merawatnya. Sebagian juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. Selain simple, rumah Anda pun jadi terasa lebih segar dan asri.

Bingung ingin tanam apa di depan rumah Anda? Berikut beberapa rekomendasi tanaman depan rumah yang bisa bikin halaman Anda lebih cantik!

 

15 Rekomendasi Jenis Tanaman Depan Rumah

1. Lavender

tanaman depan rumah
(Sumber: unsplash)

Ternyata tidak hanya efektif sebagai pengusir nyamuk, bunga lavender juga cantik untuk ditanam di depan rumah Anda, loh! Bunga yang khas dengan warna ungunya ini tidak hanya memiliki aroma khas yang menenangkan, tetapi juga indah dipandang. Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau di dalam pot.

 

2. Wisteria


(Sumber: unsplash)

Wisteria memiliki warna yang hampir mirip dengan lavender, yaitu ungu atau violet. Bunga asal Jepang ini termasuk tanaman yang dapat tumbuh secara cepat, sehingga cocok untuk ditanam di depan rumah.

Meski warnanya sama-sama ungu seperti lavender, namun aroma yang dimiliki wisteria berbeda dan cenderung mengarah seperti aroma anggur. Lebih hebatnya lagi, tanaman wisteria dapat tumbuh di alam liar selama 50 hingga 100 tahun, loh!

 

3. Hydrangea

tanaman depan rumah
(Sumber: unsplash)

Bunga hydrangea juga tidak kalah indah untuk menjadi tanaman depan rumah Anda. Bentuknya unik karena dalam satu tangkai Anda bisa mendapatkan beberapa pucuk bunga, sehingga lebih terkesan penuh dan padat meski hanya ada beberapa tangkai saja.

Warnanya yang beragam dan vibrant juga menambah kesan fresh yang selalu siap menyambut Anda setiap datang ke rumah.

 

4. Bonsai


(Sumber: unsplash)

Siapa yang tak kenal bonsai? Tanaman ini memiliki batang yang tebal serta daun yang lebat, namun memiliki ukuran yang kecil, sehingga terlihat seperti miniatur pohon.

Tanaman yang satu ini sudah cukup terkenal sebagai tanaman mahal. Harganya bisa menembus ratusan juta hingga miliaran. Perawatannya pun tidak sembarangan. Jadi, jika Anda ingin menanam bonsai, pastikan Anda siap dengan komitmennya.

 

5. Kaktus

tanaman depan rumah
(Sumber: unsplash)

Ukurannya memang kecil dan cocok untuk dijadikan tanaman depan rumah, sama seperti bonsai. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir harus merogoh kocek terlalu dalam karena kaktus memiliki harga yang jauh lebih rendah dibanding bonsai.

Selain itu, perawatannya pun jauh lebih mudah dan simple. Meski memang tetap membutuhkan air, kaktus tidak perlu disiram terlalu sering. Terlebih jika sedang musim hujan karena jika kaktus mendapatkan terlalu banyak air, batangnya akan membusuk.

Jadi, kalau Anda butuh tanaman yang low maintenance, kaktus bisa menjadi pilihan Anda!

 

6. Peace Lily


(Sumber: freepik)

Kombinasi warna putih bunga peace lily dan warna hijau daunnya cocok untuk Anda yang menginginkan nuansa lebih kalem di depan rumah. Peace lily termasuk ke dalam tanaman yang tidak cocok jika mendapatkan cahaya yang terlalu intens. Jadi, Anda perlu meletakkannya di tempat yang lebih teduh.

Lebih unggulnya lagi, peace lily juga disebut mampu meningkatkan kualitas udara dan bahkan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, cocok juga untuk diletakkan di dalam rumah.

 

Anda mungkin juga suka: 15 Tanaman Indoor Pembersih Udara yang Bikin Ruangan Segar

 

7. Mawar

tanaman depan rumah
(Sumber: freepik)

Mawar merupakan salah satu tanaman depan rumah yang paling banyak dikenal. Bentuk kelopak dan warnanya yang indah membuat bunga mawar sering kali juga menjadi lambang yang romantis.

Merawat bunga mawar juga tidak sesulit kelihatannya. Asalkan Anda bisa menjaga tanahnya tetap lembap, tanaman mawar Anda akan tumbuh dengan baik. Tetap hati-hati dengan durinya agar Anda tidak terluka.

 

8. Lidah Mertua


(Sumber: freepik)

Sama seperti mawar, lidah mertua juga sudah terkenal sebagai tanaman hias. Lidah mertua dengan bentuk daunnya yang unik ini cocok untuk menambah warna hijau di depan rumah Anda.

Lidah mertua cukup mudah dirawat dan tahan berbagai cuaca seperti panas dan hujan, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman depan rumah.

 

9. Daun Monstera

tanaman depan rumah
(Sumber: unsplash)

Daun monstera kian populer sejak beberapa tahun terakhir. Tanaman yang satu ini sering digunakan untuk mereka yang menginginkan tampilan minimalis.

Akan tetapi, perlu diperhatikan agar Anda tidak meletakkan tanaman daun monstera di tempat yang terkena terik matahari langsung dan simpan di tempat yang lebih teduh.

 

10. Aglaonema


(Sumber: unsplash)

Bagi Anda penggemar tanaman hias, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Warna daun tanaman aglaonema yang unik membuatnya cantik untuk dijadikan sebagai tanaman depan rumah.

Konon katanya, tanaman aglaonema bisa mendatangkan rezeki. Karena itu, tanaman ini sering juga disebut sebagai sri rezeki.

 

11. Gelombang Cinta

tanaman depan rumah
(Sumber: agrozine.id)

Seperti aglaonema, tanaman gelombang cinta juga sudah cukup populer sebagai tanaman hias. Namanya diambil karena bentuk daunnya memang lebar dan bergelombang.

Kalau Anda tidak mau susah atau repot merawat tanaman hias, tanaman gelombang cinta bisa menjadi pilihan Anda karena selain cocok sebagai tanaman depan rumah, gelombang cinta juga cocok untuk diletakkan di dalam rumah.

 

12. Bougenville


(Sumber: unsplash)

Bunga bougenville juga tidak kalah populer di kalangan tanaman hias Indonesia. Warna yang indah dan bentuk kelopak yang menyerupai kertas menjadi keunikan tersendiri bagi bunga bougenville.

Selain perawatannya mudah, bougenville juga dapat tumbuh dengan cepat.

 

13. Anggrek

tanaman depan rumah
(Sumber: unsplash)

Anda pasti sudah mengenal bunga anggrek. Bunga ini sudah sering dijadikan sebagai tanaman depan rumah. Menanamnya di pot gantung banyak menjadi cara mereka yang mau menghias halaman rumahnya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik di tanah yang lembap. Jadi, pastikan Anda meletakkannya di tempat teduh atau di bawah kanopi rumah Anda.

 

14. English Ivy


(Sumber: unsplash)

Anda ingin membuat vertical garden? English ivy patut untuk menjadi pertimbangan Anda. Tanaman yang satu ini tumbuh dengan cara merambat yang dapat menutupi dinding Anda dan menjuntai hingga ke tanah.

Pertumbuhannya pun cepat dan dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah. Jangan lupa untuk memangkasnya secara teratur agar pertumbuhan english ivy tetap rapi.

 

Baca juga: 11 Desain Taman Depan Rumah Sederhana yang Cantik

 

15. Palem


(Sumber: positivebloom.com)

Palem juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman depan rumah. Karena memiliki ukuran yang beragam, palem bisa disesuaikan dengan ukuran halaman rumah Anda juga. Pastikan saja Anda menanamnya pada pot yang pas.

Merawatnya pun mudah. Tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman palem. Cukup pastikan kondisi tanah lembap dan air tidak menggenang. Anda bisa menggunakan media seperti kerikil, pasir, atau sekam kayu untuk mempertahankan kelembapannya.

 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tanaman depan rumah yang cantik dan bisa bikin halaman Anda terasa lebih segar dan asri.

Cari rumah baru? Temukan sekarang dengan CariProperti! Terpercaya dalam memberikan rumah terbaik untuk Anda dan keluarga. Kunjungi website CariProperti untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...