10 Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook, Gak Cuma Luas!

Riana21 Aug 2023

Ketika Anda akan memilih rumah, Anda mungkin pernah mendengar istilah “hook”. Tipe unit rumah ini biasanya akan dibanderol dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari tipe unit lain meskipun berada di dalam cluster yang sama.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa keuntungan memiliki rumah tanah hook yang belum tentu dapat Anda temukan pada tipe unit biasa.

Apa itu rumah tanah hook? Dan mengapa harganya lebih tinggi dari tipe rumah yang lain?

Rumah tanah hook adalah rumah yang terletak di pojok pada suatu deretan rumah-rumah. Tidak seperti tipe rumah biasa yang mengapit satu sama lain, rumah tanah hook hanya memiliki satu sisi yang bersinggungan dengan rumah lain, sedangkan sisi lainnya menghadap ke area terbuka.

Area terbuka ini bisa berupa jalan atau batasan ujung wilayah cluster, tergantung sudut mana yang Anda ambil. Namun, yang hampir selalu bisa dipastikan adalah rumah hook memiliki tanah yang lebih luas. Jadi, tak heran jika rumah tipe ini dipasarkan dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Kelebihan rumah tanah hook bukan hanya semata-mata karena lahan yang luas saja. Ada banyak keunggulan yang bisa Anda rasakan. Jika Anda masih ragu untuk memilih rumah hook, berikut ini beberapa keuntungan memiliki rumah tanah hook yang bisa menjadi pertimbangan Anda!

 

10 Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook

1. Tanah Lebih Luas

Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook
(Sumber: thales-ld.com)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rumah tanah hook memiliki lahan yang lebih luas dibanding rumah tipe lainnya meskipun berada dalam satu cluster yang sama. Meski bangunan rumah hook mungkin memiliki floor plan sama dengan yang lain, namun rumah ini tetap diuntungkan dengan luas tanah yang lebih besar.

Karenanya, rumah tanah hook tidak kenal dengan istilah sumpek. Inilah yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Apabila Anda menyukai rumah yang memiliki suasana terbuka, maka rumah tanah hook cocok untuk Anda.

 

2. Ventilasi Lebih Baik


(Sumber: freepik.com)

Rumah tanah hook hanya memiliki satu sisi yang menghadap ke bangunan rumah lain, sedangkan sisi lainnya menghadap ke area terbuka. Karena ada satu sisi yang terbuka bebas, Anda bisa membuat jendela tambahan.

Dengan begitu, ventilasi rumah pun lebih baik. Rumah tidak terasa sumpek dan pengap. Lingkungan di dalam rumah juga terasa lebih sehat.

 

3. Sinar Matahari Lebih Optimal

Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook
(Sumber: freepik.com)

Adanya jendela tambahan di sisi rumah tidak hanya membuat sirkulasi udara lebih baik. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah pun lebih optimal.

Rumah tipe biasa mungkin akan lebih kesulitan dalam mendapatkan sinar matahari langsung karena ventilasi yang lebih terbatas. Namun, dengan rumah tanah hook, Anda bisa mendapatkan sinar matahari tanpa khawatir terhalang rumah lain.

 

4. View dari Rumah Tidak Terganggu


(Sumber: housing.com)

Selain sinar matahari yang lebih optimal, rumah tanah hook juga memiliki view yang lebih bebas tanpa terhalang bangunan lain.

Pada rumah tipe biasa, Anda hanya mendapatkan pemandangan menghadap depan dan belakang. Bahkan dengan balkon di lantai atas sekalipun, pemandangan Anda akan tetap terhalang rumah lain.

Tidak seperti rumah tanah hook yang memiliki pemandangan lebih luas. Berada di pojok tanpa ada rumah yang menghalangi membuat view dari rumah Anda lebih bebas.

 

5. Lahan Parkir Lebih Luas

Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook
(Sumber: realestate.usnews.com)

Anda yang memiliki lebih dari satu kendaraan akan diuntungkan dengan rumah tanah hook. Bagaimana tidak? Dengan lahan yang lebih luas, Anda bisa menjadikannya sebagai lahan parkir tambahan.

Jadi, tidak ada alasan untuk Anda memarkir mobil di pinggir jalan dan mengganggu pengguna jalan yang lain.

 

6. Bisa Membuat Taman


(Sumber: unsplash.com)

Meskipun Anda tidak membutuhkan lahan parkir lebih, memiliki tanah yang lebih luas tetap dapat memberikan keuntungan untuk Anda. Bagi Anda yang gemar berkebun, lahan tambahan ini bisa jadi surga tersendiri.

Anda bisa menyalurkan hobi dengan menyulap lahan menjadi taman yang cantik. Rumah pun jadi terlihat lebih indah dan segar.

 

Anda mungkin juga suka: 7 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Bikin Suasana Asri!

 

7. Desain Rumah Lebih Fleksibel

Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook
(Sumber: unsplash.com)

Kebebasan dalam mendesain rumah menjadi salah satu keuntungan memiliki rumah tanah hook. Anda tidak perlu terlalu terpaku dengan luas tanah yang terbatas. Menambah ruangan pun jadi tidak masalah.

Dengan rumah tanah hook, Anda juga bisa membuat dua pintu masuk rumah, yaitu di depan dan di samping. Jika akses utama Anda gunakan sebagai jalur keluar masuk mobil, pintu samping bisa Anda gunakan sebagai akses pejalan kaki atau sepeda.

Namun, tetap perlu diperhatikan lagi jika rumah Anda berada di dalam cluster. Pastikan bahwa modifikasi bangunan yang Anda lakukan tidak akan mengganggu penghuni rumah lain atau melanggar peraturan yang ada.

 

8. Privasi Lebih Aman


(Sumber: pinterest.com)

Memiliki tempat tinggal yang berada di pojok deretan rumah tentu memberikan privasi lebih untuk Anda. Karena letaknya di ujung jalan, kecil kemungkinan untuk orang lain melewati jalan di depan rumah Anda. Selain keluarga Anda, penghuni rumah seberang, petugas kebersihan, atau orang yang numpang memutar balik kendaraan, mungkin tidak ada lagi yang akan melewati jalan depan rumah Anda.

Nah, jika Anda lebih menyukai tempat tinggal yang tertutup, maka rumah tanah hook adalah pilihan paling sempurna!

 

9. Suasana Lebih Tenang

Keuntungan Memiliki Rumah Tanah Hook
(Sumber: unsplash.com)

Selain memberikan privasi yang lebih terjaga, memiliki rumah tanah hook juga memberikan suasana tempat tinggal yang lebih tenang.

Lokasi yang berada di ujung membuat Anda jauh dari kebisingan jalan utama. Seberisik-berisiknya, Anda hanya akan mendengar suara dari dalam cluster saja. Jadi, tidak perlu khawatir dengan polusi udara.

Akan tetapi, ini hanya dapat dirasakan pada rumah tanah hook yang berada di ujung jalan karena hal ini tidak berpengaruh untuk rumah hook yang berada di sisi paling depan cluster.

 

10. Harga Jual Lebih Tinggi


(Sumber: freepik.com)

Dengan segala keuntungan memiliki rumah tanah hook, tentu saja sangat wajar jika harga jualnya lebih tinggi. Harga tanah memang terus naik. Namun, dengan rumah tanah hook, Anda bisa mematok harga lebih tinggi jika suatu saat akan pindah rumah.

Bukan hal yang mengherankan jika rumah tanah hook banyak menjadi incaran dan sering kali terjual lebih dulu dibanding unit rumah lainnya. Kenyamanan yang ditawarkannya memang belum tentu bisa Anda temukan dengan rumah lainnya.

Anda tertarik memiliki rumah tanah hook? Temukan sekarang dengan CariProperti! Rumah tanah hook maupun rumah tipe lainnya bisa Anda temukan di sini. Kunjungi laman resmi CariProperti untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...