6 Tips Mengisi Perabotan Rumah Baru Supaya Terlihat Rapih

Admin Cariproperti24 Sep 2021

Pernahkah terpikirkan oleh Anda mengenai bagaimana cara mengisi perabotan di rumah baru Anda? Kadang kita sampai kebingungan untuk membeli perabotan, seperti harus membeli model apa, ukuran seperti apa, dan lain lain.

Di artikel ini, kami ingin menginformasikan kepada Anda yang mungkin tengah kebingungan dalam mengisi perabotan di rumah khususnya rumah baru. Jadi, sebelum Anda membeli perabotan untuk rumah baru, simak dulu yuk tips dan apa saja yang harus diperhatikan!

1. Tentukan budget dan usahakan untuk berjalan sesuai dengan budget utama

Untuk membuat budget dalam mengisi perabotan rumah, tentu kita berpotensi merasa kebingungan untuk sekaligus memikirkan seluruh ruangan yang ada.

Maka dari itu, kami sarankan untuk menentukan budget untuk setiap ruangan terlebih dahulu. Contohnya, tentukan budget untuk kamar Anda, kemudian kamar anak Anda, kemudian budget untuk ruang tamu, dan sebagainya.

Dengan menentukan budget setiap ruangan secara terpisah, Anda dapat lebih memiliki kualitas perabotan yang konsisten pada setiap ruangan.

2. Kualitas akan menentukan umur perabotan Anda

tips perabot rumah baru
Sumber: ikea.co.id

“Ada uang ada barang”, pasti Anda pernah mendengar kata-kata ini kan? Artinya adalah bila Anda sanggup untuk mengeluarkan uang lebih banyak, maka Anda akan mendapatkan barang yang lebih baik.

Biasanya, harga juga menentukan kualitas yang diberikan, dan kualitas ini akan berpengaruh pada umur perabotan Anda. Semakin murah harganya, semakin besar potensi perabotan tersebut memiliki kualitas yang lebih rendah.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam membeli barang dengan harga tinggi yang diskon besar-besaran. Bisa jadi barang itu merupakan barang reject atau terdapat kerusakan minor yang tentunya dapat mengurangi kualitas perabotan. Untuk menghindarinya, Anda harus memastikan pada toko perabotan tersebut alasan harga penjualan menjadi diskon.

Kemudian, kita juga perlu untuk memperhatikan bahan dari perabotan tersebut. Apakah plastik, kayu, atau besi? Bahan apa yang paling cocok di ruangan tersebut dan paling tahan lama?

Namun, setelah Anda mempertimbangkan kualitas dan bahan, jangan sampai Anda membatasi untuk hanya membeli perabotan dengan harga yang mahal atau bahkan jauh dari anggaran biaya Anda.

Di proses inilah Anda diuji untuk menjadi konsumen yang pintar. Tentunya banyak sekali perabotan diluar sana yang memiliki harga yang affordable dengan kualitas yang menjanjikan.

Mungkin Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu seperti melihat honest review di platform sosial media dari seseorang yang terpercaya. Take note untuk mencari honest review agar terhindar dari hanya program endorse semata. 

Baca juga: 5 Rumah Terlaris di The Mozia BSD City

3. Membeli perabotan yang family friendly serta kegunaannya fleksibel dari tahun ke tahun

Biasanya, bila anggota keluarga di rumah hanya 4 orang, kita cenderung untuk membeli berbagai peralatan sebanyak jumlah anggota keluarga saja, contohnya seperti kursi meja makan. Bila dirumah tersebut berisikan 4 orang, seringkali kursi untuk meja makan juga berjumlah 4 kursi.

Nah, mungkin di saat ini kita harus memikirkan kemungkinan yang akan datang dikemudian hari, seperti bertambahnya anggota keluarga. Dalam hal ruang makan, tentu kita juga harus menyesuaikan dengan meja makannya.

Apakah meja tersebut mampu menampung seluruh anggota keluarga untuk makan bersama?

Berbicara mengenai bertambahnya anggota keluarga, kita juga harus memperhatikan apakah perabotan tersebut dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga? Hal ini juga dikenal sebagai perabotan yang family friendly.

Bila Anda tidak berencana untuk menambah anggota keluarga, Anda tetap harus memperhatikan kemungkinan datangnya tamu seperti teman maupun saudara ke rumah Anda.

Anda tentu tidak mau para tamu untuk tidak memiliki tempat duduk di meja makan. Hal ini dapat diatasi dengan membeli perabotan portable seperti kursi lipat atau meja lipat. Perabotan yang portable ini tidak hanya dapat digunakan di satu ruangan, namun berbagai ruangan di berbagai kebutuhan.

Sebuah kursi tidak hanya dapat digunakan di meja makan, namun dapat digunakan di kamar maupun di ruang keluarga. Perlu dicatat bahwa perabotan yang berkualitas adalah investasi yang baik untuk tahun-tahun berikutnya.

4. Jangan membeli terlalu banyak perabotan

Sampai mana Anda mengetahui bahwa sudah terlalu banyak perabotan yang direncanakan untuk dibeli? Pertama adalah menyadari tujuan sebenarnya Anda dalam pindah rumah.

Biasanya, membeli rumah baru dan pindah ke rumah tersebut dilakukan karena kita membutuhkan tempat yang lebih besar.

Setelah Anda menyadari ini, apakah Anda akan tergiur untuk membeli banyak barang dan memenuhi seluruh ruangan sampai akhirnya Anda tidak lagi merasa rumah baru ini lebih spacious dibanding rumah sebelumnya? Tentu tidak bukan? 


Seringkali juga kita tergiur untuk membeli suatu perabotan karena modelnya yang unik, harganya yang murah, dan lain sebagainya.

Kami menyarankan untuk memikirkannya terlebih dahulu. Cobalah untuk mengevaluasi kebutuhan Anda dan mendasarkan keputusan pada fungsionalitas daripada manfaat dekoratif. Dengan melakukan ini akan menghemat ruang dan uang Anda.


5. Pikirkan tentang tone dan gaya

tips memilih perabot rumah baru
Sumber: tlcinteriors.com.au

Gaya yang ingin Anda tentukan untuk ruangan pun penting untuk kesenangan Anda dalam tinggal di rumah baru. Mengganti gaya rumah saat pindah ke rumah baru adalah waktu yang tepat karena Anda dapat memiliki fresh start.

Anda dapat memulai dari nol membeli perabotan sesuai yang Anda inginkan, ibaratnya seperti memiliki kanvas kosong yang dapat Anda lukis apapun yang Anda inginkan. Namun, tetap perhatikan poin poin sebelumnya. Untuk memiliki gaya ruangan sesuai keinginan tidak mengharuskan kita untuk membeli perabotan yang tidak penting.

Baca juga: 8 Cara Membuat Rumah Estetik yang Modern dan Minimalis

6. Gunakan kembali atau donasikan barang yang Anda miliki sebelumnya

Memiliki rumah baru dengan gaya baru bukan berarti Anda harus membeli seluruh perabotan baru. Anda dapat menggunakan perabotan yang sudah Anda miliki sebelumnya, atau dapat disebut sebagai kegiatan reuse. Hal ini secara pasti dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

Bila Anda memang tidak berniat untuk menggunakan barang tersebut kembali, namun barang tersebut masih dalam kondisi yang sangat layak untuk digunakan, Anda dapat mendonasikannya kepada toko furnitur khusus donasi, atau bahkan pada suatu komunitas. Sebagian besar waktu mereka akan dengan senang hati menerima perabotan itu dari Anda. Dengan melakukan ini Anda juga dapat membantu menjaga lingkungan dari sampah-sampah.

 

Semoga artikel ini memberi Anda beberapa saran dan ide yang bermanfaat. Ingatlah bahwa meskipun melakukan pindahan dapat membuat banyak pikiran, mengisi perabotan untuk tempat tinggal baru Anda harus menyenangkan. Suasana hati tersebut juga akan menentukan bagaimana Anda akan tinggal di rumah baru Anda. Semoga berhasil dan jika Anda sudah menempatinya, selamat datang, dan enjoy making your new house a home!

 

Artikel Lainnya

19 Aug 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

20 Aug 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

20 Aug 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...